Monday, August 19, 2013

HAWAII RESORT ANYER /PT LOKA WISATA ASRI (CLUB BALI) & KARMA ROYAL GROUP APA BENAR PENIPU??? PART2

Seperti yg pernah aku tulis di post sebelumnya tentang apakah benar KARMA ROYAL GROUP & HAWAII RESORT ANYER (PT. LOKA WISATA ASRI /CLUB BALI) adalah perusahaan penipu???
Sedikit ceritaku berikut mungkin akan menjadi gambaran pencerahan bagi para pembaca blog ku setidaknya bagi pembaca yg sedang kebingungan karena mendapat tawaran voucher gratis dari 2 perusahaan tersebut.

Jadi ceritanya hampir satu bulan lalu aku dan suami mendapat telp dari marketing ke 2 perusahaan diatas. Karna suatu hal kami tidak dapat memenuhi janji untuk dapat mengikuti persentasi yang mereka adakan sebagai syarat pengambilan voucher.

Nah sabtu kemarin tepatnya 17 agustus 2013, akhirnya kami berkesempatan menghadiri acara persentasi atas undangan PT. LOKA WISATA ASRI/CLUB BALI setelah sehari sebelumnya dibuatkan janji oleh marketing PT. LOKA WISATA ASRI. Berhubung acaranya diadakan dekat dengan kediaman kami yaitu di Hotel Mercure TB.Simatupang sementara domisili ku di jagakarsa dan hari itu jadwal weekend kami lumayan senggang,jadi kami putuskan untuk datang ke persentasi tsb. Sungguh, niat ku hanya ingin membuktikan kebenaran dari testimoni banyak orang tentang perusahaan ini yg kebanyakan menjudge perusahaan ini sbg perusahaan penipu. Dan tentunya kami mengharapkan voucher menginap gratis 3D2N di resort terkemuka di Puncak, Anyer ataupun Bali, lumayanklan buat liburan,heeeeheee....


Jadwal kami hari itu di sesi pertama sesuai kesepakatan jam 1 siang. Sblm tepat pukul 1 siang staff marketingnya telp untuk mengkonfirmasi kehadiran kami. Berhubung susah mengkondisikan 2 krucils akhirnya kami terlambat sampai di tempat tujuan sekitar 30menit. Sampai di sana,kami lsg menuju lantai dan ruangan yang dimaksud. Aku sempat perhatikan dengan teliti,para undangan masing - masing keluarga mengisi data diri di meja depan ruangan termasuk kami kemudian masuk ke dalam satu ruangan tunggu yang sungguh nyaman (ya iyalah mana ada ruangan hotel sekelas mercure gak nyaman :p).
Setiap keluarga satu dengan keluarga lain tidak saling kenal, dan tidak ada satu keluarga pun yang mengenal staff perusahaan tsb (menurut pengamatanku). Hal ini mematahkan  cerita orang bahwa staff perusahaan tsb sering bikin sandiwara seolah -olah banyak yang tertarik join member (masih menurut penilaianku saat itu).

Aku hitung hanya ada sekitar 6 keluarga yang datang,tampak ramai karna 1 keluarga rata-rata membawa anak ataupun orang tua jadi 1 keluarga ada sekitar 4 orang yang hadir. Setelah melengkapi data-data dan menunjukkan sekilas kartu kredit yang kami miliki (just info mereka menjaring tamu yang memiliki kartu kredit platinum,minimal gold). Kartu kredit tidak di simpan mereka,hanya kita perlihatkan sekilas dan tidak di catat nomor kartu hanya di catat tahun berakhirnya saja. Dan dalam lembar isian pun hanya mengisi data pribadi yang basic saja: nama, alamat, penghasilan, jenis kartu kredit,email,telp ya cuma gitu aja. plus dicatat no ktp suami istri. Waktu aku tanya untuk apa, staffnya menjelaskan tamu yang sudah kita undang dan sudah datang tidak akan di undang kembali untuk ke 2x nya. Untuk menghindari 2x kedatangan maka data tamu yang pernah datang dicatat dan disimpan di sistem mereka. Sampai disitu aku berfikir masih masuk akal,karena untuk mengundang orang perusahaan mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk menyewa tempat berikut makanannya. Sementara yang datang, mungkin belum tentu semuanya ikut menjadi member,bisa jadi malah tidak ada sama sekali yang mau menjadi member.

Nah saat itu aku dan suami masih siaga 100% dengan berbagai kemungkinan yang akan terjadi, yah jaga- jaga aja ada hal buruk terjadi,misalnya ada yang namanya hypnoselling yg katanya tamu merasa terhipnotis sehingga menandatangani kontrak dsb,maka kami akan saling mengingatkan. Acara sesi penawaran oleh marketing berlangsung santai,acara nonton slide shownya juga santai,meskipun begitu kami tetap siaga :D
Disana tuh kami diperlakukan dengan sangaaaaaattttt baik,bukan cuma kami, tapi semua tamu yang datang diperlakukan dengan sangat baik. Dari tiap meja aku dengar suara tawa diantara wajah-wajah serius para tamu memelototi nominal harga member yang tertera.

Jadi ya, selesai ngisi data,kami dipanggil masuk keruangan persentasi yang disana disusun kursi-kursi per keluarga,jadi seperti susunan kursi VIP di acara kawinan gitu. Satu keluarga di dampingi oleh satu staff marketing yang memberi penjelasan pada kami tentang apa itu CLUB BALI dan keuntungtannya menjadi member. Jadi kami duduk benar- benar hanya sekeluarga, sementara keluarga lain ada di samping,depan dan belakang kami dengan didampingi staff marketing lain. Dan memang persentasi itu hanya sebentar, kalau mereka bilang 90 menit ya memang benar penjelasan marketingnya hanya 90menit, malah sesi menonton slide shownya hanya kurang dari 10 menit.

Tapi tau gak aku disana dari jam 13.30 sampai jam 17.00. Kenapa??? yang lama itu bukan penjelasan dari pihak mereka,tapi pengambilan keputusan dari kami yang bikin lama.
Lalu benar gak disana merasa ditekan dan tidak diberi waktu berfikir hrs langsung tanda tangan??
Siapa yang gak kaget yah kalo dijembrengin harga liburan yang ratusan juta,puluhan juta dan itu liburan yang dibayar dimuka,jadi mau gak mau harus liburan diresort/hotel afiliasi mereka selama 20thn ataupun 10thn. Memang benar gak ada kesempatan hari esok untuk pikir-pikir dulu,karena bagi mereka tamu yang sudah pulang berarti tidak tertarik. Ada hal yang bikin tamu gak tertarik menurutku, bisa jadi konsep liburannya kurang menarik,bisa jadi harganya kurang menguntungkan,bisa jadi gak ada dana untuk mengikuti club seperti itu,atau ada dana tapi tidak mau terikat selama 20thn dengan club tsb ataupun alasan lain yang hanya keluarga bersangkutan yang tau. Dan pada saat kami diperlihatkan harga yang super fantastis kami pun menolak untuk join member,lalu keluarlah pertanyaan yg intinya mengapa ditolak padahal menguntungkan, lalu jawaban kami adalah harganya jauh di luar budget liburan kami per tahun. Lalu terjadi obrolan kira-kira seperti apa gambaran liburan kami pertahunnya,beserta budgetnya. Setelah itu mereka mengeluarkan penawaran yang sesuai budget liburan kami. Kalo aku bisa ambil kesimpulan,disana itu aku dan suami lebih tepatnya ditawarkan keanggotaan CLUB BALI serta dibantu perencanaan liburan kami oleh konsultan mereka. Jadi jika gak nemu penawaran yang cocok maka tidak akan ada penjualan.  Yang jelas dari pihak perusahaan tsb benar tidak ada hari esok untuk sekedar berfikir, krn mereka tidak akan mengundang org yg sama untuk 2x datang,tapi mereka memberi kami keleluasaan untuk menghitung (sampe dipinjemin kalkulator segala) dan berfikir disana, itu sebabnya aku disana sampai hampir 4jam. Dan saat aku minta waktu ngobrol ber2 suami tanpa didampingi staff mereka, dengan senang hati mereka memberi kami waktu.

Sungguh ya perlakuan mereka terhadap kami sangaaaatttt baik, dijamu dengan baik, diajak ngobrol dengan baik, anak-anak kami pun diasuh mereka dengan baik,sampe 2krucil kami menghabiskan sisa ayam yang lumayan banyak disanapun mereka meladeni,hehehe (ya mereka berharap kami join member pastinya).

Dari awal staff marketingnya itu bilang,ini hanya penawaran ya bpk ibu, bila masuk dengan budget liburan bpk dan ibu silahkan diambil,bila tidak sesuai jangan dipaksakan,krn ini sifatnya hanya penawaran dan voucher hotel gratis tetap kami berikan sebagai ucapan terima kasih telah datang di acara persentasi kami.

Sungguh tidak ada paksaan,tidak ada tekanan,tidak ada perkataan yang tidak sopan yang kami terima dan juga thd tamu lainnya (tau,karna aku benar memperhatikan). Yang ada hanya penawaran yang gencar dilakukan pihak mereka. Tapi itu pun aku dan suami menilai cara penawarannya masih wajar. Dan masalah sopan santun konsultan yang menawarkan pun tertuang dalam peryataan pemilik yang di paraf suamiku, salah satu poinnya menyatakan bahwa kami diperlakukan dengan sangat hormat. Masalah budget pun ada tertulis yang kurang lebih isinya bahwa keanggotaan itu terjadi tanpa menyebabkan beban  keuangan yg tidak kami inginkan.
silahkan diperbesar untuk melihat detailnya


Dan finally......aku dan suami tanda tangan kontrak untuk membeli hak pakai resort milik CLUB BALI beserta kemudahan mendapatkan hotel dan harga terendah dari hotel-hotel afiliasi mereka.
Apakah ada paksaan??tekanan?? BIG NO ya....tidak sama sekali. Kami memutuskan join member karena memang hasil hitung menghitung kami diuntungkan jika join member. Kami join member karna memang tiap tahun kami ada jadwal berlibur 1x LN dan 2x Domestik dan itu membutuhkan biaya yang lumayan untuk akomodasi penginapan,malah yang LN bisa tidak terjadi dikarenakan kurang budget liburannya,hehe....dan kami memiliki 2 balita yg harus diperhatikan dalam pemilihan hotel atau pun resort tempat kami menginap saat berlibur. Lalu saat memutuskan join memang tersedia dana untuk membayar keanggotaan.
Jadi ya hasil pemikiran panjang saat itu,hasil hitung hitungan,akhirnya ya kami join member,bukan karna anak- anak terlalu banyak makan ayam disana yah,jadi kami gak enak untuk nolak,hehe....

eh tapi yaaa....harus teliti ngitung juga sblm ngambil keputusan,soalnya ada harga dimana hari tertentu harga poin yg kita bayarkan lebih besar dari hari biasanya,misalnya peak season, high season dan saturday. Bandingkan dahulu harga pada saat poin dibayarkan lebih mahal di banding weekdays dgn harga yg di dapat pada travel-travel agen. Gadget sekarang kan sudah terkoneksi internet jadi perhatikan baik-baik harga member dan non member, bila kurang menguntungkan lebih baik memilih untuk tidak menjadi member.
Jangan lupa googling dulu resort-resort milik Klub tsb ataupun hotel afiliasi mereka, kami juga hitung-hitungan didepan staff mereka,googling resort juga di depan mereka,apakah cocok atau tidak resort tsb dengan harapan kami. Tingkat kenyamanan seseorang kan beda-beda,nyaman buat kami sekeluarga belum tentu nyaman buat keluarga lainnya. Bila lokasi dan fasilitas resortnya tidak memenuhi standar ya sebaiknya ditolak penawarannya. Karena ini perencanaan liburan jangka panjang,oleh sebab itu banyak hal yang kami perhatikan tidak hanya sekedar masalah nominal, tapi testimoni orang di trip advisor pun jadi bahan pertimbangan kami,mengantisipasi penyesalan dikemudian hari.

Menurut ku, jangan malu atau takut untuk mengungkapkan segala kekhawatiran yang mungkin akan timbul bila menjadi member karena nominal yang kita bayarkan benar-benar fantastis jangan sampai menyesal sesudahnya,termasuk kemungkinan perusahaan tersebut bangkrut, apa jaminan untuk kita sebagai pembeli hak pakai resort,semua kami tanyakan. Jangan juga khawatir untuk menolak atau merasa tertekan karena banyak kesempatan untuk menolak,dan mereka mempersilahkan,voucher tetap diberikan. Tapi kami memilih untuk join member karna pertimbangan -pertimbangan diatas tadi.

oia kelupaan, sebelum uang join member dibayarkan, kami membaca isi perjanjian kemudian menandatanganinya, bila ada dalam isi perjanjian yang tidak kami sepakati,pastinya kami tidak jadi join member dan pulang dengan membawa voucher gratis dan tanpa membayar apapun. Jadi sangat heran bila ada yang merasa tertipu karena telah membayar padahal sebelumnya dibacakan dahulu oleh pihak legalnya isi perjanjian poin per poinnya bila setuju tanda tangan per poin, setelah itu baru bayar. Jadi urusan bayar-bayaran itu dilakukan paling akhir setelah tidak ada lagi pertanyaan,setelah kedua belah pihak sepakat,setelah semua hal jelas oleh ke dua belah pihak, terakhir baru di lakukan pembayaran,dilakukan di meja tempat kami duduk. Setelah semua beres, malah kami masih sempat ngopi-ngopi dulu sambil ngobrol santai dengan staff perusahaan tsb,termasuk curhatan si konsultan tsb yang menceritakan bahwa banyak orang mengira mereka menghipnotis calon member. Mereka bilang,mungkin member member merasa tertipu karena sudah bayar mahal tapi pulang hanya membawa kertas yang berisi surat perjanjian, atau mungkin setelah dipikir-pikir dirumah ternyata si member masih punya kebutuhan lain yang lebih urgent dibanding membayar keanggotaan CLUB tsb.

Dan kesimpulan ku untuk semua pertanyaan dibenak tentang PT.LOKA WISATA ASRI/CLUB BALI dan perusahaan sejenis semua sudah terjawab. Kami belajar untuk tidak ikut-ikutan menjudge sebuah perusahaan hanya karna ada org yang merasa tertipu. Semua hal sebenarnya ada di pikiran kita, butuh atau tidaknya untuk join member hanya kita yang tau. Masalah menolak juga hanya kita yang mampu meyakinkan diri sendiri bahwa kita memang benar belum membutuhkan keanggotaan seperti itu. Sekeras apapun marketing dan seluruh staff perusahaan tsb merayu, kalo memang kita tidak tertarik ya tolak dengan usaha yang lebih keras dari rayuan mereka :)
Tapi bagi saya dan suami, sampai pulang dan sampai saat posting cerita ini,sama sekali tidak ada unsur menyesal dan merasa tertipu,justru malah senang krn bisa lebih mudah pergi berlibur mendadak sekalipun,tanpa dana untuk akomodasi penginapan sekalipun,krn kedepannya saat akan berlibur tinggal tlp reservasi akan menginap di kota mana.

Hal yang menjadi catatan kami dari awal menghitung,bahwa join member ini lebih menguntungkan untuk dipake berlibur yang sifatnya rame-rame, bila hanya keluarga kecil 2 dewasa dan 2 balita lebih menguntungkan jadi member hotel atau pesan hotel seperti biasa. Lalu kenapa kami join member padahal hanya terdiri dari 2 dewasa dan 2 balita?? Member kami hanya akan dipakai untuk keperluan perencanaan liburan keluarga besar misalnya membawa serta nenek kakeknya the krucils atau liburan bersama om tante dan sepupu the krucils,krn liburan rame-rame lebih enak diresort dibandingkan di hotel (enak di kantong :P),sharing kamarnya bisa sampe 12 org per unit (tergantung tipe kamar). Kalo ada 12 dewasa kan hrs sewa paling gak 6 kamar hotel,kalo dihitung dengan fasilitas hotel yg sekelas resort club tsb jatohnya malah lebih mahal. Jadi tar om dan tantenya the krucils yang bayar ke kami,hahahahaha.....

Gimana nasib voucher gratis kami?? oohh tetap mereka kasih,tetap bisa dipakai 3D2N domestik atau 8D7N LN, masa berlaku 1x seumur hidup,tanpa masa expired kakaaaaak (selama msh menjadi member). Lumayankan gratis gak pake potong poin member kami *_^

Dan pasti pada penasaran nasib tamu yang lain,apakah mereka join member juga or enggak??
jawabannya TIDAK, gak ada paksaan yah.....semua melenggang pulang dengan senang karna bawa voucher. Jadi selesai bayar aku tanya marketingnya,ada berapa org yang join saat itu, dia jawab hanya 2. Ibu dan satu tamu lainnya. tapi sdh biasa bu, biasanya 5 banding 1, jadi kalo ngundang 5 keluarga 1 keluarga biasanya join. Hari itu lagi bagus kali yah dapet 2 member baru,hehe.

Dan gimana staff  PT LOKA WISATA ASRI /CLUB BALI yang katanya sangar-sangar??
terserah pembaca sekalian mau percaya atau enggak, yang pasti, pada saat menjelaskan ataupun menawarkan member kepada kami, mereka selalu ingat waktunya sholat. Jadi saat kami sedang berfikir untuk memutuskan join atau tidak, staff yang menemani kami pamit sholat dulu krn sudah hampir habis waktu dzuhurnya. Saat selesai acara dan diganti sesi ke2, aku dan keluarga belum juga pulang,masih menunggu di lobby hotel, dan itu sudah masuk waktu mahgrib, aku lihat hampir seluruh staff laki-laki turun untuk ke mushola dan akhirnya sholat berjamaah dengan suamiku. Sama sekali tidak ada kesan sangar dan mengerikan yang mereka tunjukkan.

Well segitu aja kesannya mengikuti persentasi dengan iming-iming menginap gratis di hotel bintang 4 dan 5. Semoga bisa menjadi pencerahan buat pembaca blog ini :)

Kelupaan nih,sedikit info bagi pembaca yang telah diundang perusahaan sejenis dan berniat ngambil voucher gratisnya doank penjelasan dari marketingnya: bagi tamu yang sudah datang dan tidak join member,voucher tetap diberikan dan dapat dipakai tapi hanya weekday,tidak berlaku untuk weekend dan peak season. Dan pada saat akan menggunakan diharuskan deposit 350 ribu lokasi domestik dan 500 ribu lokasi LN serta membayar biaya USD 45 untuk penginapan LN 8D7N dan deposit dikembalikan pada saat telah cek out. Deposit dilakukan di kantor PT LOKA WISATA ASRI disarinah dan diambil kembali disarinah. Waktu aku tanya knp hrs deposit? mereka jawab: untuk mengantisipasi ada barang kami yang rusak maka tamu dipotong biaya depositnya. Bila tidak ada barang rusak maka deposit dikembalikan full. Khusus bagi tamu yg langsung join member,bebas biaya deposit dan penggunaan voucher di open untuk weekend.

(saya bukan sales,bukan juga staff perusahaan tersebut,dan tidak ada hubungan sama sekali dengan perusahaan tersebut selain baru bergabung menjadi member CLUB BALI,silahkan cek profile lengkap saya ataupun facebook dan twitter milik saya).







45 comments:

  1. halo mbak Tetha. saya ingin mengetahui setelah anda menjadi member nya, apakah keuntungan dan kerugian nya? apakah ada masalah dalam booking hotel? apakah hotel nya tidak bagus? baik pelayanan, fasilitas, dan lokasinya? sudah berapa kali anda menggunakan fasilitas royal karma group? terima kasih sebelumnya. maaf bila pertanyaan nya banyak

    ReplyDelete
  2. @icatkaskus: sblmnya sy ingin infokan bahwa sy bukan member dari royal karma group. yg baru saya ikuti adalah member Hawaii Bali Club/ PT.Loka Wisata Asri yg beralamat di Sarinah thamrin. Sejauh ini sy belum dikecewakan oleh club tempat sy join. Sy belum pernah menggunakan fasilitas resort milik club bali ataupun hotel afiliasinya,rencnnya baru tahun baru nt akan dipakai. Tapi sy sdh pernah psn kamar hotel afiliasi yaitu Jayakarta Bandung untuk seorang teman yg minta bantuan sy, dan alhamdulillah tdk ada kendala dari pihak club balinya. for info,sblm join sy dan suami di infokan dahulu segala kondisi hotel beserta tata cara booking dari pihak club balinya secara gamblang. Misalnya: bila ingin mendapatkan kamar di peak season hrs booking jauh2 hari, 6bln sebelumnyapun gpp,klo batal poin gak dipotong. Dan bisa booking di bbrp hotel incaran kita dlm satu waktu yg sama. Hotel yg dipakai,itu yg poinnya dipotong. Jd kalau ada yg bilang sdh jd member tp susah psn kamar hotel, itu mungkin tdk mengetahui tata cara pemesanan kamar. Meskipun sdh menjadi member,kami juga tetap mengantri, first order first serve.Member club ini banyak, dan resort mereka baru ada 3,yaitu di puncak,anyer dan bali. Meskipun hotel afiliasinya banyak,tp tetap semua member dilayani berdasarkan pemesanan duluan. Keuntungannya di banding non member adalah member lbh didahulukan mendapat kamar dibanding non member, dan member mendapat harga yg lumayan murah dibanding non member. Satu lg,bila ada yg bilang susah booking hotel, coba periksa kembali tagihan membernya,krn tiap bln kami ditagih untuk uang member yg dibayarnya dgn cicilan,bila tdk ada tunggakan cicilan,rasanya semua akan lancar sprti yg sy alami. Smg jwban sy membantu yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga non member bu,saya pake punya hawaii resort di agoda lebih murah dari member.dan club ini dah bebas dipake tanpa perlu member.

      Delete
    2. apabila ada agent/travel yang memberikan harga lebih murah dari member price maka si member akan diberikan kompensasi 10x dari harga murah tersebut oleh CB. Selain itu rate resort pertahun akan mengalami kenaikan tp untuk member poin yang hrs dikeluarkan tetep.....so, masih lebih untung member drpd non member.

      Delete
    3. Wah makasih Mba.. cukup membuka mata & pengetahuan.. Sempet takut juga krn terlalu banyak posting penipuan katanya :( Ya paling nggak dicoba dan tau dulu yah... baru menyimpulkan. :)

      Delete
  3. club bali mantab , saya member dari 2013 . bukan mantab saja tapi menguntungkan .

    ReplyDelete
  4. Bullshit bgt ini! Sy member club bali dan banyak minus nya. Semua gak sesuai janji diawal. Banyak peraturan merugikan member. Bahkan untuk harga mending beli di agoda. Ketipu kita semua.
    Silahkan baca kisah kami yg sbener nya di blog brikut. Sudah byk sekali korban2 nya.

    http://www.clubbali.net/?m=0

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih warningnya Pak. Mungkin testimoni di link bpk bisa digunakan untuk calon member berjaga-jaga. Tapi kalau saya pribadi alhamdulillah sejauh ini menjadi member club bali baik2 saja, hanya bbrp complaint mengenai fasilitas yg kurang bagus semisal AC di hawaii resort anyer selebihnya sih fine saja in shaa Allah dan semoga seterusnya seperti itu :)

      Delete
  5. Kami menjadi member Club Bali sejak 2013 dan baru sekali menggunakan di Hawai dan Bali namun kami merasa kurang cocok dgn paket Club Bali, oleh sebab itu kami ingin menjual membership kami dgn harga wajar. Adapun status membership: Club Bali membersip: periode Jul 2013 - 2023 (10 th) utk resort di Indonesia (Bali, Anyer, Kota Bunga-Puncak), Malaysia, Thailand & Australia. Harga pembelian awal 24.900.000 (2.276.800x10 + 350.000 + 1.782.000 fee1) semua sdh lunas plus fee2 1.782.000 & fee3 2.020.920. Jd total sdh bayar 28.809.840. Per tahun akan terima 660 point. Saldo poin sekarang = 1.097 (3x660 - 83 - 800). Jadi masih ada Fee yg harus dibayarkan per tahun (7 kali).

    ReplyDelete
  6. Salam bu, saya baru bergabung dengan club bali kmrn. Saya baca di google byk sekali penipuan oleh grup ini. Boleh tanya bu, apakah ibu msh mjd member club ini? Selama mjd member club ini apakah ibu pernah merasa ditipu?? Krn saya jadi takut dan berniat utk mundur saja. Trima ksh bu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam, iya betul hingga saat ini saya masih menjadi member Club Bali dan alhamdulillah belum pernah merasa ditipu karena paket keanggotaan yang ditawarkan sesuai dengan yang saya terima. Hanya ada sedikit keluhan saja mengenai fasilitas hotel, dimana hotel di Puncak dan Anyer rata2 ACnya tidak berfungsi dengan baik. ACnya kurang terawat sehingga beberapa kali mendapati AC yang tidak dingin. Selain itu tidak ada masalah bu.

      Delete
    2. aslmkm..mba...cuma mau tanya mba..tgl 14 02 2016 kemarin sy jg dapat voucher gratis dari club bali tapi saya gk ikut member ..vouchernya itu benaran gak sih bisa di gunain atau gk...mohon penjelasannya ya mba..thanks

      Delete
    3. wa'alaikum salam, ditanyakan lsg aja Pak ke pihak Club Balinya, saya blm pernah pakai vouchernya sebagai non member, krn saat itu saya lsg bergabung menjadi member.

      Delete
  7. Kebetulan saya member sejak tahun 2010 dengan masa keanggotaan 10thn. Menurut saya bawa keluarga sebanyak2nya dan liburan deh,, jadi dari sisi nominal lebih hemat. Klu hal penipuan saya bilang tidak ya krn hak saya sebagai member sampai saat ini masih valid. Awalnya saya memang merasa seperti ditipu tapi setelah ditelaah lagi ternyata kurangnya pemahaman dari sisi saya dan mungkin juga salesnya ga terlalu details menjelaskan ya jadinya semacam misunderstanding. Dan juga menurut hemat saya merasa tertipu mungkin dikira murah dan ternyata ga murah.

    ReplyDelete
  8. Sekedar testi, saya bukan member club bali. Tp pernah dapat undangan ke acara presentasi nya tahun 2014 lalu. Tapi kami belum berniat jadi anggota, voucher tetap di berikan. Dan sudah saya gunakan menginap di Bali 3 hari 2 malam FREE di club bali jayakarta. Sebelum check out kembali ada presentasi sekitar 30 menit tP sopan ko tidak ada unsur paksaan. Memang ada deposit 500rb sebelum menginap tapi di kembalikan setelah kembali ke bandung. Dan saya tetap bukan anggota :D
    So pesan saya buat yg hanya ingin free voucher nya saja it's ok. Dengarkan saja presentasi nya dan tdk ada unsur paksaan.

    ReplyDelete
  9. Asalamualaikum mbak Tetha, maaf mau tanya apakah mbak sampai dengan hari ini tgl 26 apeil 2016 masih mwnjadi anggota club bali? Dan apakah selama menjadi anggota pernah menggunakan fasilitas yg keluar negeri mbak? Mohon kiranya dapt sharing pengalamannya ya mbak. Terima kasih wass

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salam, iya benar saat ini saya msh menjadi anggota CB tetapi blm pernah sekalipun menggunakan fasilitas luar negeri. Selama ini saya menggunakan member hanya untuk liburan bersama keluarga besar (beserta kakek-neneknya anak2) dan hanya di dalam negeri.

      Delete
  10. Assalamualaikum mba tetha, kalau boleh saya tahu mba sistem pembayaran angsuran per bulannya bagaimana? Apakah autodebet atau sistem lain? Dan selama kurang lebih 3th keanggotaan apakah ada kenaikan fee tahunan? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salam, sistem pembayaran bulanan saya melalui transfer bank kemudian buktinya saya fax ke ktrnya. Untuk fee tahunan saya krg tau krn suami yg mengurus pembayarannya, sepertinya sih tiap tahun naik.

      Delete
  11. Saya mau sharing juga pengalaman diundang ikut penawaran menjadi member Club Bali 1 hari yang lalu. Ceritanya persis seperti yang ditulis mba Tetha dalam blog ini. Semua presentasi dilakukan per keluarga dan dimulai dengan mengisi form kehadiran sampai penutupan dalam waktu lebih dari 180 menit. Selama penawaran berlangsung semuanya baik, wajar dan fair saja karena tidak ada paksaan ataupun tekanan yang diluar kewajaran. Sehingga jika kita sepakat ataupun tidak sepakat menjadi member adalah tergantung kepada kebutuhan dan kemampuan.

    Dari seluruh rangkaian penawaran ada beberapa hal yang menurut saya sangat kitis yaitu :
    1. Sewaktu mengisi formulir kedatangan diminta memperlihatkan kartu kredit sekilas dan mereka hanya mencatat tanggal masa berlaku kartu.
    2. Biaya menjadi member untuk 20 tahun yang berkisar Rp.69 juta - Rp.187 juta (4 tingkatan)baru diperlihatkan belakangan setelah presentasi 90 menit selesai, sehingga menimbulkan kekagetan jika mempunyai asumsi awal yang lebih rendah.
    3. Jika dari penawaran member 20 tahun tidak ada kesepakatan, kita ditawari kemudian yang 10 tahun sehingga lebih murah.
    4. Jika masih tidak juga sepakat, mereka memberikan kenaikan tingkatan fasilitas dengan harga member dibawahnya.
    5. Sampai terakhir pembayaran dengan cicilan DP dan cicilan angsuran.
    6. Semua keputusan harus dibuat saat itu juga dan tidak bisa diundur menjadi hari lain.

    Untuk menghindarkan kesalahan pengambilan keputusan, saran saya adalah :
    1. Pelajari profil perusahaannya baik sebelum mengikuti kegiatan ataupun selama presentasi termasuk fasilitas dan biaya-biaya yang timbul.
    2. Pelajari betul kebutuhan hotel/resort kita selama 10 atau 20 tahun kedepan dan hitung juga kemampuan keuangan. Kalau akan merusak arus kas keuangan, ada baiknya tidak bergabung.
    3. Kalau ternyata membutuhkan dan kemampuan keuangan sesuai maka dapat menjadi member karena sudah ada pengalaman dari mba Tetha selama setidaknya 3 tahun.
    4. Berlaku objektif dalam tawar menawar dan jangan karena keinginan belaka atau rasa kasihan.
    5. Pelajari dengan seksama kontraknya dan karena mesti selesai saat itu juga maka agar memperhatikan hak dan kewajiban.
    6. Jika memang tidak ingin jadi member, voucher gratis hotelnya tetap diberikan 3D/2N disalah satu dari 3 resort yang mereka miliki.

    Kesimpulannya sejauh ini, penawaran tersebut masih normal sebagai suatu transaksi ekonomi yang wajar seperti tawaran asuransi yang harus dibayar didepan. Kedepannya setelah hari ini tentu mari kita lihat bersama dengan harapan tetap baik-baik saja dan saling menguntungkan.

    ReplyDelete
  12. Mbak Tetha, saya sudah dapat vouchernya 3D2N tapi saya bukan member. Apakah vouchernya bisa digunakan saat weekend? Atau khusus hari kerja saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang tau syarat dan ketentuannya bagi non member, silahkan ditanyakan lsg ke perusahaannya :)

      Delete
    2. Mba tetha , apakah mba sudah menggunakan voucher gratis yg telah diberikan ? Bagaimana proses cara booking hotelnya hingga penggunaan voucher tsb mba ? terima kasih :)

      Delete
  13. Assalamualaikum;
    Saya salah satu member baru bergabung bulan July 16, memang dalam presentasi sales mereka tdk ada unsur paksaan tapi mereka tdk transparan dan professional dan seperti dikondikan sehingga tdk banyak info yang disampaikan jika ada pilihan keanggotaan bisa hanya 10 tahun, seharusnya calon member dari awal sudah dapat informasi sehingga tdk harus menjadi member selama 20 tahun dan apakah kontrak bisa diperbaharui menjadi 10 tahun misalnya, apakah mba Theta selama menjadi member punya kesulitan mendapatkan informasi ke Club bali melalui email ,internet ataupun telpon.....terimakasih;]

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salam. Iya saya setuju mengenai info yg kurang transparan perihal jangka waktu keanggotaan krn mereka hanya menawarkan jangka wkt 20thn. Saat itu saya hanya menolak krn tidak mau terikat keanggotaan selama itu. Kemudian keanggotaan ditawarkan yang 10th. Mereka gencar menawarkan dengan berbagai iming2 benefit tapi saya terus mengajak bernegosiasi dan berakhirlah di jangka waktu yg sesuai dg keinginan dan kemampuan saya membayar keanggotaan sehingga tdk mengganggu finansial saya nantinya. Coba saja dibicarakan dg pihak yg terkait mengenai revisi jangka waktu keanggotaannnya, saya kurang faham krn blm pernah mengajukan revisi krn jangka wkt keanggotaan saya tidak lama. Selama 3thn keanggotaan, saya blm pernah kesulitan mendapatkan informasi apapun mengenai club Bali dan saya juga terhubung dengan sosmed Path, Twitter maupun FB milik Club Bali. Jika ada keluhan kadang saya lontarkan lsg melalui sosmed tsb.

      Delete
    2. Saya ragu komentar2 member yg pro Clib Bali ini,saya yakin ini yg posting dari Sales Internal Club Bali dgn pura2 jd anggota, sy tau betul Club Bali ini bnyk bohong nya dari kenyataan nya

      Delete
    3. Mba Theta, mau tanya kalau sosmed club bali FB dan path nya apa yaa? Kami juga member dan mau reservasi namun setiap kali kami nelpon ke kantor nya tidak ada jawaban.
      Terimakasih!

      Delete
    4. Mba Theta, mau tanya kalau sosmed club bali FB dan path nya apa yaa? Kami juga member dan mau reservasi namun setiap kali kami nelpon ke kantor nya tidak ada jawaban.
      Terimakasih!

      Delete
    5. Sekedar sharing, saya sudah bayar cicilan CB selama setahun lebih, dan kami belum pernah menggunakan sekalipun fasilitasnya, bagaimana mau pake karena ditelpon saja beberapa nomor yg diberikan pihak CB tidak pernah ada yg angkat, serasa menelpon kantor kosong padahal jam kerja.
      Dulu sales berjanji akan mengantarkan souvenir ke rumah setelah kami bergabung tp nyatanya smpe berbulan2pun tak ada itikad baik untuk datang atau sekedar mengabari, ibaratnya begitu kita sudah "termakan" akhirnya tidak semanis pelayanan di awal.

      Kami akui kami kurang jeli ketika memutuskan bergabung dg CB, kami tidak memperhitungkan bahwa besarnya fee tahunan selama 10th itu jika dihitung2 plus biaya kenaggotaan selama 10th ternyata menjadi jumlah yg sangat besar. Kami hitung yg harus kami bayarkan dg kontrak selama 10 th adalah 27 juta belum plus fee tahunan selama 10 th masa berjalan itu. Jika kami hitung fee tahunan selama 10th itu dg biaya flat saja (padahal fee tahunan per tahun naik berdasarkan info dr kawan yg sudah join 3 th) maka uang yg kita setor totalnya bisa mencapai 50an juta.

      Setelah kami pikirkan dg pertimbangan beberapa faktor seperti biaya yg sekian puluh juta dan tetap kita bayarkan meskipun kita selama setahun tidak memakainya, faktor lainnya bahwa skg ini begitu mudahnya kita memesan hotel dg bebas tanpa diatur syarat ini itu melalui agoda, bookingdotcom dll dg hari yg bebas kita tentukan jumlahnya, dg harga yg tidak kalah bersaing, dg hotel dan lokasi yg bebas kita pilih, dg kita hanya membayar sebesar hari yg kita booking tanpa ada hitungan hangus dsb, tanpa kami harus telpan telpon hanya untuk booking hotel, maka kami beberapa bulan lalu memutuskan untuk tidak lg membayarkan cicilan bulanan.

      Waktu itu pihak CB melalui salesnya menelpon kami bahwa cicilan kami bulan tsb (per bulan 900rb) belum dibayar lalu suami mengatakan bahwa kami ingin berhenti dr keanggotaan yg artinya cicilan perbulan juga kami tak akan bayar lagi. Pihak CB mengatakan agar kami membuat surat pernyataan bahwa kami tidak akan menuntut CB tapi suami saya menjawab tidak ada waktu untuk membuat surat tsb dan kami toh tidak akan menuntut, toh selama ini pihak CB juga sudah diuntungkan dg uang DP kami 8jt ditambah angsuran 900rb per bulan selama setahun lebih dan kami blm menggunakan fasilitas sekalipun, kami ikhlas dan kami hanya tidak mau berurusan dg CB lagi.

      Saat ini kami lebih senang untuk membuat tabungan khusus untuk liburan. Toh jika liburannya batal uang tetap utuh msh bs kita gunakan untuk lain waktu tanpa ada resiko hangus dsb. Kita justru bebas memilih tempat yg akan kita datangi dan inapi. Lagi pula kami bukan keluarga yang punya banyak waktu untuk liburan, dlm setahun kami hanya melakukan liburan ke luar kota satu kali dan itu sudah cukup karena dlm setahun agenda mudik lebaran, mudik akhir tahun, dan mudik menjenguk orang tua justru lebih banyak.

      Kesimpulannya CB kurang cocok bagi kami.

      Delete
  14. Siapa bilang Club Bali itu Fair,kl cara rekrut kostemer pake cara pembodohan dgn tdk menjelaskan biaya2 scara terperinci dan stengah memaksa agar pengunjung langsung transaksi saat itu juga jd member,harga hotel yg ditawarkan kl di banding dgn Penyedia Jasa Hotel Profesional sperti : Agoda,Traveloka Dll, malah lebih mahal buking dari Club bali,trus bila di Club Bali ada iuran tahunan wajib dan bila telat ada denda2 yg kl di hitung2 angkanya sdh bisa buat nginap di hotel bintang 5 sedang bila jd member kyk Agoda atau yg lain nya, tdk ada iuran tahunan malah dpt harga spesial,jd bila kita cermat berhitung,sbenarnya gak ada sama sekali benefitnya jd member Club Bali ini,kl mo buking hotelnya jg sering gk dpt kamar,mending kl mo buking hotel lewat gadget saja cepat krn skarang bnyk sdh Website hotel profesional dgn harga bersaing dgn pelayanan yg cepat dan terjamin dan tanpa perlu telepon hotel ngemis2 minta konfirmasi sbelum nginap. NGAPAIN BAYAR BELASAN SAMPE RATUSAN JUTA HANYA UNTUK KAMAR HOTEL YG BLUM TENTU JG KITA PAKAI MENDING UANG NYA DI PAKE BUAT BELI RUMAH ATAU INVESTASI LAIN..Bye..bye..Club Bali dan Club sejensnya..

    ReplyDelete
  15. Udalah ngapain bahas2 Club Bali ato apapun itu,mending kl mo liburan buking dari jasa web hotel Internasional (Agoda,Traveloka dll) bisa liat foto hotelnya, pesan dari gadget/HP trus bayar dari ATM,ato phone banking beres,gak ribet,gk perlu kluarin duit beli beli member hotel yg harganya mule dari blasan smpe ratusan juta...rugi coy.mending duitnya buat usaha...

    ReplyDelete
  16. Hari gini msh beli paket member hotel,kuno uda gk jaman,uda harganya mahal banget mule belasan sampe ratusan juta trus ada biaya iuran tahunan mala kl buking ribet sering ditolak2,mending duitnya dibuat investasi ato usaha lain,lg an skrng uda bnyk promo hotel dari Web Hotel Profesional :Agoda,Pegi2,Traveloka,jd member mreka gk pake ribet & pasti dpt harga diskon uda gitu buking nya bisa dari internet/gadget/HP,bayar bisa dari ATM/Phone banking trus dpt konfirmasi, trus sbelum buking bisa liat2 foto hotel & fasilitasnya, so uda kalian2 tutup buku dah untuk member hotel2 yg gak jelas kyk Club Bali/Hawaii Resort ato sejenisnya yg rata2 dlm penjualan membernya rada2 maksa,Lagian skrng pertumbuhan hotel meningkat pesat jd pada perang diskon harga antar hotel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah biaya fee tahunan itu yg biasanya luput dari perhitungan calon member sehingga dikiranya murah, pdahal jatuhnya malah mahal dna lebih mengarah ke "rugi"

      Delete
  17. Club Bali ini bukan dari Bali mk nya skrang ganti nama jd Hawai resort trus sales nya buas2..kyk singa menerkam..harganya mahal,lebih mahal dari Agoda,la trus yg dibilang untung jd member darimana?? Itu la klebihan salesnya yg pande membodohi kastemernya,kl kita buat perbandingan fair harga Agoda dgn harga Club bali secara apple to apple,maka kita akan berdecak emosi melihat selisih harganya CB yg lebih mahal. Sayonara Club Bali...ke laut aje..

    ReplyDelete
  18. oww ternyata .. kirain tadi saya benar2 menang undian karena sudah belanja di carrefour (berhubung mengisi undiannya di carrefour).
    Ternyata ada member2an kayak MLM.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Barusan juga sy ditelpon bu, katanya mendapatkan voucher menginap. Sy juga mengisi kupon undiannya di carrefour.

      Delete
    2. Istri saya pun sama di telp hari ini oleh pt loka wisata asri dan dibilang menang undian krna sdh mengisi data pada saat belanja d carrefour bandung.
      Saya d minta datang d salah satu hotel d bdg hari sabtu ini..
      Berarti klo ujung2nya ada penawaran jdi member (bukan murni menang undian) baiknya datang atau tidak ya?

      Delete
  19. saya pernah diundang pas di sarinah, tergoda untuk masuk dan akhirnya masuk.. cuma besoknya hitung2 sama suami kok ga worthed ya ... jatuhnya jadi mahal. pas di ruangan kesannya disuruh memutuskan karena siapa yg join ditepuk tanganin kasih applaus penghargaan sambil berdiri, suami jd latah ikut2an. Akhirnya besoknya saya cancel sama marketingnya harus hangus biaya admin sekitar 1juta lebih ...
    nah ini diundang lagi sekrng mereka sdh pindah ke artha gading .. hehee males lah kalo mau liburan mending lansung traveloka bo'

    ReplyDelete
  20. Maaf mbak saya mau nanya,saya Jan diundang perusahaan utk dtg ,tp gak Mau jd member aka masi tetap dpt voucer liburan? dan apa aja fasilitas voucer fragments

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillaah, aku dah mikir secara matang untuk berenti jdi anggota member diklub bali ini,.. Krn slama 1.5 th jadi member br tau jika kita lunas cicilan.. Hak point kita ga bisa digunain sebebas yg kita mau, beda sama pembicaraan dr bagian marketing yg semuanya bermulut manis diawal kita ditawarin ikut member.. Point bisa kita gunain bila kita membyr biaya perawatan tahunan yg gede jumlahnya tiap taun dan biaya itu tiap tahun pasti naik... Ruginya kita ga bisa gunain hak point kita walaupun udah lunas angsuran bulanan... Biaya perawatan itu sangat memberatkan pihak member dan ga disinggung sama sekali diwaktu pertamakali mreka menawarkan jdi member,


    Buat yg belum jadi member, pikirlah secara matang jngn smp kita kjebak sm mulut manis marketingnya...


    Diawal jdi member juga kita dijanjikan akan ada dibangun didaerah bandung mau dibuat snowlaaah... Apalaaahhhh... Cuuuuuiiiihhhh ...!!! Sampe skarang ga ada kabar ceritanya.. Dan blm dibangun!!!


    Dihawaiian resort anyer juga biasa aja bentuk apartemennya.. Standarlaaah... Ga ada pantai... Cuma dikelilingi batuan aja... Nilai plusnya cuma dikokam renangnya aja


    Dipuncak ada dua tempat, dan ke2 villanya not recomended bngt.. Ky villa biasa yg murahan.. Mknya longsor tuh yg dipuncak... Kbnykn nipu member jdi kmakan karmanya!!!


    Jadilah manusia cerdas.. Semoga pngalaman sy menjadi pengalaman yg berharga buat anak, sodara, teman2.. Dan juga buat para pembaca artikel ini..


    Trima kasih

    ReplyDelete
  22. Alhamdulillaah, aku dah mikir secara matang untuk berenti jdi anggota member diklub bali ini,.. Krn slama 1.5 th jadi member br tau jika kita lunas cicilan.. Hak point kita ga bisa digunain sebebas yg kita mau, beda sama pembicaraan dr bagian marketing yg semuanya bermulut manis diawal kita ditawarin ikut member.. Point bisa kita gunain bila kita membyr biaya perawatan tahunan yg gede jumlahnya tiap taun dan biaya itu tiap tahun pasti naik... Ruginya kita ga bisa gunain hak point kita walaupun udah lunas angsuran bulanan... Biaya perawatan itu sangat memberatkan pihak member dan ga disinggung sama sekali diwaktu pertamakali mreka menawarkan jdi member,


    Buat yg belum jadi member, pikirlah secara matang jngn smp kita kjebak sm mulut manis marketingnya...


    Diawal jdi member juga kita dijanjikan akan ada dibangun didaerah bandung mau dibuat snowlaaah... Apalaaahhhh... Cuuuuuiiiihhhh ...!!! Sampe skarang ga ada kabar ceritanya.. Dan blm dibangun!!!


    Dihawaiian resort anyer juga biasa aja bentuk apartemennya.. Standarlaaah... Ga ada pantai... Cuma dikelilingi batuan aja... Nilai plusnya cuma dikokam renangnya aja


    Dipuncak ada dua tempat, dan ke2 villanya not recomended bngt.. Ky villa biasa yg murahan.. Mknya longsor tuh yg dipuncak... Kbnykn nipu member jdi kmakan karmanya!!!


    Jadilah manusia cerdas.. Semoga pngalaman sy menjadi pengalaman yg berharga buat anak, sodara, teman2.. Dan juga buat para pembaca artikel ini..


    Trima kasih

    ReplyDelete
  23. Saya termasuk salah satu yang dapat undangan untuk ambil voucher, dan menolak tawaran gabung member. Saya pulang dengan membawa voucer nginap 3D2N yang bisa digunakan dari Maret 18 s.Maret 19, tapi hanya di weekday, bukan di weekend,bukan di liburan2 tgl merah atau liburan sekolah..
    Jadi bingung..kalau begitu..makenya kapan doong???

    ReplyDelete
  24. Sy sdh dpt voucher menginap 3H2M di Anyer tanpa jd member. Voucher menginapnya bisa dipakai tanpa syarat ga? Nanti udah smp Anyer, taunya disuruh beli/bayar ini itu dulu baru bisa pakai vouchernya.

    ReplyDelete
  25. Sy sdh dpt voucher menginap 3H2M di Anyer tanpa jd member. Voucher menginapnya bisa dipakai tanpa syarat ga? Nanti udah smp Anyer, taunya disuruh beli/bayar ini itu dulu baru bisa pakai vouchernya.

    ReplyDelete