Sunday, May 18, 2014

CARA MEMBUAT VISA JEPANG

Membuat visa Jepang itu ternyata sangat mudah, asal syaratnya dilengkapi pasti disetujui. Anda paspornya baru bikin sebelum mengajukan visa alias masih kosong? atau paspornya penuh cap negara-negara lain? asal persyaratannya lengkap sesuai yang di minta pasti di setujui koq, jadi jangan khawatir.

Pengalaman saya membuat visa Jepang itu sangat mudah.
Dokumen-dokumen  yang perlu dilengkapi dalam pengajuan visa untuk kunjungan sementara untuk kunjungan wisata dengan biaya sendiri :


  1. Paspor
  2. Isi formulir permohonan visa, bisa di download disini  dan pasfoto terbaru (ukuran 4,5 x 4,5 cm diambil 6 bulan terakhir tanpa latar bukan hasil editing, jelas/tidak buram)
  3. Foto copy KTP (surat keterangan domisili)
  4. Foto copy Kartu Mahasiswa atau Surat Keterangan Belajar (hanya bila masih mahasiswa)
  5. Bukti pemesanan tiket (dokumen yang dapat membuktikan tanggal masuk-keluar Jepang)
  6. Jadwal perjalanan (semua kegiatan sejak masuk hingga keluar Jepang)
  7. Foto copy dokumen yang menunjukkan hubungan dengan pemohon, seperti akta lahir, kartu keluarga dsb (bila pemohon lebih dari satu)
  8. Dokumen yang berkenaan dengan biaya perjalanan. Bila pemohon yang bertanggung jawab atas biaya (foto copy bukti keuangan, seperti rekening koran atau foto copy buku tabungan 3 bulan terakhir (bila penanggung jawab bukan pemohon seperti ayah/ibu, maka harus melampirkan dokumen yang dapat membuktikan hubungan dengan penanggung jawab biaya)
Untuk keterangan lengkapnya silahkan lihat disini.
Saya sendiri adalah Ibu Rumah Tangga tanpa penghasilan. Maka untuk melengkapi dokumen yang dibutuhkan saya menyertakan foto copy KTP suami, Kartu Keluarga dan foto copy NPWP suami, beserta foto copy buku tabungan suami 3 bulan terakhir.

Untuk bukti pemesanan tiket, saya tidak menggunakan tiket asli yang sudah dibayar karna saya sengaja tidak membeli tiket terlebih dahulu untuk mengantisipasi kerugian bila visa saya tidak di setujui. Saya menggunakan jasa travel agent untuk membuatkan bukti booking tiket. Dan saat pengajuan visa, bukti booking tiket saya hanya berlaku 1 hari.

Untuk bukti tambahan, saya melampirkan bukti booking hotel yang saya pesan dari booking.com dengan syarat "free cancellation".

Semua berkas disusun rapih sesuai urutan dari no. 2-8 sebelum diserahkan ke loket.
Pagi itu antrian Embassy Jepang lumayan padat, bolak balik saya periksa formulir permohonan dan ternyata bolak balik salah isi, akhirnya di sana saya sempat minta lembar formulir pengajuan visa ke mas-mas yang duduk disebelah saya.

Sempat ketar ketir juga saat pengajuan, takut visanya gak di setujui. Mana gak ada proses wawancara seperti yang saya baca di blog-blog traveler lain. Saat nomor antrian saya dipanggil, segera saya serahkan berkasnya, dicek sama petugas lalu saya diberi selembar kecil bukti pengajuan visa.
Sudahlah.....saya pun belum membayar tiket pesawat dan hotel, jika seandainya nanti tidak di setujui biar saja.

Empat hari kemudaian saya datang kembali ke Embassy Jepang, tepat pukul 13.00 saya sudah mengambil nomor antrian. Selama menunggu, orang di kanan kiri saya sibuk cerita mengenai wawancara dengan pihak embassy. Ada yang bilang diwawancara saat di loket, ada yang cerita diwawancara via telpon. Lah saya?? Gak ada obrolan sama sekali dengan pihak embassy. Sudahlah..... mungkin belum rejeki saya ke Jepang kali ini.

Tiba-tiba nomor antrian saya dipanggil, lagi-lagi tanpa obrolan si petugas cuma bilang: "350.000 rupiah bu", hah! saya sempat bengong lalu sadar setelah buka paspor dan tertempel visa Jepang saya. Ah....legaaaaa rasanya, menerima visa di h-3 jadwal keberangkatan saya ke Jepang. Sesampainya dirumah, saya langsung membeli tiket pesawat dan bayar hotel. Akhirnya bisa ngikut si papa ke Jepang, hehe.

ssstttt....dengar-dengar katanya mulai bulan September 2014 ini bakal bebas visa Jepang ya buat WNI? Di Aamiin in aja dulu yah, semoga benar. Lumayankan bisa hemat 320.000 rupiah (biaya pembuatan visa per april 2014).


Pembuatan Visa

  • Permohonan Visa tidak bisa diterima, apabila seluruh persyaratan tidak dipenuhi / tidak lengkap.
  • Setelah permohonan diperiksa, apabila diperlukan dokumen lain sebagai tambahan, akan diminta kemudian.
  • Permohonan visa hanya akan diproses di Konsulat yang sesuai dengan wilayah yurisdiksi masing-masing. (klik di sini untuk melihat wilayah yurisdiksi)
  • Proses pembuatan visa : minimal 4 (empat) hari kerja

Jam Kerja Bagian Visa
        Hari Senin - Jumat, (kecuali pada hari libur nasional dan libur Kedutaan)
        Pengajuan Permohonan Visa : pk. 08:30 - 12:00
        Pengambilan Paspor : pk. 13:30 - 15:00


Biaya Pembuatan Visa

Diberitahukan bahwa mulai 1 April 2014 biaya VISA berubah seperti tabel di bawah ini.
Aplikasi VISA yang diterima oleh Kedutaan sampai dengan 28 Maret 2014 dikenakan biaya sesuai harga lama.
    Contoh: Aplikasi tanggal 28 Maret 2014 diserahkan tanggal 3 April 2014 dikenakan biaya Rp 350.000,-

Perubahan Harga VISA:
  Harga Lama Harga Baru
    1.Visa Single Entry Rp 350,000,- Rp 320,000,-
    2.Visa Multiple Entry Rp 700,000,- Rp 640,000,-
    3.Visa Transit Rp 80,000,- Rp 70,000,-

252 comments:

  1. apa visa bisa diwakilkan jikalau saya tdk bs hadir sendiri mbak?? apa perlu surat kuasa?

    ReplyDelete
  2. Pembuatan dan pengambilan visa bisa di wakilkan, tidak perlu menyertakan surat kuasa :)

    ReplyDelete
  3. Pada form pengajuan visa, jika tidak ada yang diisi, yang perlu ditulis adalah 'none' atau '-' ya ? saya melihat contoh2 ada yang berbeda

    ReplyDelete
  4. mbak ,, untuk visa jepang apa ada minimal saldonya??? tiket reservasinya 1 hari sebelum buat visa ya minta ke travel agentnya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk amannya sediakan saldo 1juta dikali jumlah hari rencana tinggal diJepang. Jumlah hari hrs sesuai dgn lampiran schedule perjalanan yg kita ajukan pada saat pembuatan visa. Untuk tiket pesawat yg bisa booking ke travel agent H-1 pengajuan visa. Intinya bookingan tiket pesawat blm expired pada saat kita menyerahkan berkas pengajuan.

      Delete
  5. mbak klo memperpnjng paspor dan buat visa baru tanpa kehadiran yg bersangkutan apkah bisa diproses mbk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Bangkit Saputro, untuk urus visa bisa diwakilkan. Untuk urus perpanjangan pasport sebaiknya datang lsg, krn proses perpanjangan pasport hampir sama dgn membuat baru. Untuk menghemat waktu sebaiknya lakukan perpanjangan paspor secara online, nt lsg dpt jadwal kedatangan dan tdk perlu antri panjang seperti yg daftar lsg ditempat. Setelah proses di imigrasi selesai tinggal bayar dan ambil paspor 3hari setelah pembayaran, pengambilan paspor bisa diwakilkan.

      Delete
  6. Mba saya pernh 3th krj di jpng tpi saya pingin wisata kesana kira2 bisa nggak yah tolong mnta tips n infonya.skrng saya nggak kerja tpi saya ada usaha sendiri allhmdllh siup udah ada kira2 gmna yah.minta responnya yah mba mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wisatanya kapan? Klo thn depan berarti tinggal berangkat krn kabarnya thn 2015 bebas visa Jepang bagi WNI. Klo thn ini, berarti harus urus visa dulu. Gampang koq, tinggal lengkapi dokumen yang diminta, isi form permohonan wisata yang dapat di download di situs Japan embassy, coba buka: http://www.id.emb-japan.go.jp/visa_7.html
      Waktu mengisi form permohonan tentunya mengisi bagian lembar keterangan pekerjaan, isikan saja data yang sesuai pekerjaan sekarang, tambahkan bukti SIUP dan NPWP serta rek koran 3bln terakhir. Intinya pihak kedutaan Jepang tau kalo kamu punya pekerjaan dan penghasilan di Indonesia jadi gak bakal luntang lantung di Jepang dan menyusahkan pemerintah Jepang.

      Delete
  7. seumpama tahun dpan jd bebas visa bwt WNI. pas brngkat kira2 apa ajah yg harus disiapin biar dpt ijin wisata pas check out di bandara jpn nya..mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo udah bebas visa mah gampang, tinggal datang aja trus pas nyampe airport di Japan isi deh lembar imigrasi yg menerangkan lama tinggal dan akan tinggal dimana selama di Jepang dsb. Lembaran isian ini tersedia di airport sebelum kita melewati imigrasi Jepang. Juga mengisi pernyataan bahwa kita gak bawa uang melebihi yg ditentukan, kita gak bawa benda terlarang dan obat2an terlarang dsb, sama lah kayak mau masuk negara Asia lainnya yg bebas visa. Lembaran yg ini adanya setelah melewati imigrasi dan sebelum keluar dari bandara hrs diserahkan ke petugas di dkt mesin x ray. Klo naik Garuda, lembaran ini sudah dibagikan di dalam pesawat sesaat sebelum landing. Jadi udah pada ngisi di dalam pesawat, mempercepat proses imigrasi.

      Delete
    2. Saya lengkapi lagi jwbannya: saat ini sdh bebas visa jepang khusus pemegang e-passport tapi sebelum keberangkatan e-passport hrs sdh di daftarkan ke embassy jepang untuk mendapatkan sticker e-passport. Untuk yg bukan e-passport apply visa seperti biasa.

      Delete
    3. kalo sudah punya passport biasa bisa nggak di jadiin e-passport?

      Delete
    4. Bisa, datang saja ke imigrasi yg mengurusi e paspor. Ganti paspor lama menjadi e paspor dengan biaya sesuai bikin baru e paspor.

      Delete
  8. Mbak itu travel agent yang dipake buat booking tiket pesawat 1 hari apa ya ? Traveloka? Brrti mbak waktu itu bookingnya malem sebelum ngajuin visa kah ?

    ReplyDelete
  9. excuse me
    kak saya nak bertanya sikit, ketika akak apply visa japan bukti keuangan memang harus puluhan juta kah?
    memang nya ketika akak apply visa japan berapa yang akak lampirkan kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman traveler lain yg pernah dapat visa Japan, bukti keuangan tidak harus puluhan juta, asal siapkan 1juta x lama tinggal, sudah cukup. Misalnya akan tinggal di Japan selama 7hari, siapkan dana di rekening minimal 7juta. Intinya ada jaminan untuk kedutaan Japan bahwa kita tidak akan menyusahkan pemerintah Japan selama wisata disana.


      Delete
    2. hai mba,
      sy wulan yg insyaAllah akan k japan bulan april. nah yg masih jd kendala soal buat visanya .. syarat untuk rekening buku bank 3 bln terakhir itu apakah misalnya di januari saldo kita jumlahnya 10juta .. apakah saldo itu harus bertahan sampai maret tanpa ada penarikan ? maksud sy utuh sampai bulan maret waktu pengajuan visa mba ?
      sy agak kurang mengerti untuk contoh yang ini mba ..
      mohon penerangannya ..

      Delete
    3. Hi Wulan, maaf baru reply komen kamu terlewat.

      Untuk saldo tdk harus mengendap sejumlah itu, boleh ada penarikan di 3bln terakhir asal saldo akhir tetap mencukupi untuk biaya hidup selama di Jepang.

      Delete
  10. Mohon infonya kak.

    Saya sudah membeli promo tiket pesawat PP ke Jepang bulan Maret 2015 (4hari) bersama teman saya. Namun masalahnya saya belum punya rekening bank, tetapi teman saya yang akan membiayai seluruh kepergian di Jepang. Apakah saya bisa memfotokopi rekening bank teman saya sebagai formalitas?
    Apakah ada seperti surat perjanjian materai atau sebagainya?

    Terima Kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Rizal,
      Rekening bank harus milik kamu pribadi atau bila dibiayai harus ada hubungan kekeluargaan dan menyertakan dokumen yang menyatakan hubungan kekeluargaan semisal kartu keluarga. Atau kamu bisa pakai rekening tabungan ortu, untuk kelengkapan persyaratan nanti tinggal sertakan saja copy kartu keluarga beserta NPWP ortu. Rekening teman yg difoto copy mungkin bisa digunakan asal sertakan surat pernyataan bermaterai dari teman kamu yg menyatakan bahwa selama di Jepang semua biaya kamu, dia yang menanggung. Tapi untuk yg ini saya gak jamin visanya approve, krn belum pernah coba. Tp kalau kamu mau coba silahkan saja. Berangkat maret 2015?? Semoga udah bebas visa yaaa, jd gak ribet ngurusnya :)

      Delete
  11. Halo Mbak :)

    mohon informasinya juga,
    ketika kita mengajukan visa apakah akan diperhatikan jenis rekeningnya?
    maksud saya, saya punya 2 rekening (operasional tempat biasa trf gaji dan satu lagi saving) rencananya ketika akan mengajukan visa saya akan mengajukan dengan rekening saving.
    hihiih takut ditolak sih :D
    walaupun sudah bebas visa 2015, saya tetap mau mengajukan visa hihihi mau tau rasanya.. lagian sayang klo harus ganti paspor ke e-paspor..

    Trims ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Riris, sebaiknya gunakan rekening tempat biasa transfer gaji supaya lebih meyakinkan bahwa kamu punya pekerjaan dan berpenghasilan tetap, tentunya sediakan nominal yg diperlukan selama di Jepang di dalam rekening gaji :)

      Delete
  12. ooo begitu ya hihihihi :D
    makasih ya mbak untuk sarannya..
    aku terlalu dini nih bersemangatnya *,*
    padahal perginya masih oktober 2015 *,*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah mo pergi Oct 2015 ya?? Mau gabung tour bareng saya gak? rencananya juga kita pergi pertengahan bulan di Oct 2015, 6D5N. Estimasi budget 10jt sdh incl tiket AA pp Jkt-Tokyo. Sdh ada 4 pembaca blog ini yg serius mau berangkat, sy msh nyari 2 orang lagi nih, klo mau gabung kabari yaaa, seandainya memenuhi kuota kita berangkat :)

      Delete
    2. haii mba...
      gmn caranya supya bisa register apply visa JPN bagi pengguna e-passport?
      thanks

      Delete
    3. Menurut teman saya yg sdh register e paspor, caranya mudah tinggal download form registrasi e paspor melalui web embassy Japan kemudian bawa e paspor beserta form tsb ke embassy Japan. Udah gitu aja gak pake persyaratan lain lain :)

      Delete
  13. Oya mbak? waaa bisa ktemuan disana dong *,*
    hihihi tapi aku udah beli tiketnya mbak untuk awal okt heheh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaahhh kamu uda duluan nih, hihihi....
      sy msh nyusun itinerary, masih bingung beberapa org pgn skalian ke kyoto n osaka, lg itung budget dulu :D

      Delete
    2. Hai mba..
      Kalau sy mau ikutan gabung oct 2015 boleh g mba,gimana cara nya mba

      Delete
    3. Hi dewinta, boleh aja sih ikutan trip Japan oct tapi sayang sekali seatnya sdh penuh, Targetnya 15 peserta malah sdh over jadi 20 peserta dan semua tiket sdh di issued. Ikut yg keberangkatan April 2016 aja gimana? hehe

      Delete
    4. Ya sy telat donk mba ,oya mba sy mau tanya kalau sy mau pigi ke sna sm anak sy yg masih umur 9 bulan gimana cra nya ya mba apa apa aja syarat nya mba.

      Delete
    5. Untuk trip Oct thn ini sdh close. Saya buka lagi untuk trip April 2016 :)

      Pergi bawa anak syaratnya sama aja sama org dewasa. Pakai pasport dan bikin visa juga, kecuali pasportnya sdh e paspor visanya free hanya cukup registrasi e paspor saja.

      Delete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. gpp pengajuan menggunakan booking pswt yg berbeda, yg penting kan punya visa :D

      Port of entry into Japan itu adalah dimana bandara tempat kamu sampai di Jepang. Misalnya Tokyo Narita/ Tokyo Haneda, sesuai dgn tujuan di tiketnya.

      Saya april lalu ke Jepang atas biaya suami, tp di kolom guarantor saya isi "none", di kolom inviter in Japan juga saya isi "none" krn saya ke Jepang bukan atas undangan org di Jepang.

      Ke Jepang atas biaya sendiri atau biaya ortu? Kalau biaya ortu berarti nt menyertakan copy KTP, KK, NPWP ortu plus copy rek 3bln terakhir ortu.

      pada saat pengajuan jgn lupa bawa form aplikasi pengajuan visa yg kosong, jaga2 klo ada yg salah isi, kamu punya cadangan :)

      Delete
    4. This comment has been removed by the author.

      Delete
    5. gak usah khawatir, saya pengajuan tgl 27maret hari kamis, visa diambil tgl 2april hari rabu, kepotong weekend sabtu minggu, total jadi 4hari kerja. saya berangkat senin tgl 7 april. Mepet bgt kan? seandainya waktu itu ada yg kurang lengkap dari dokumen saya, gak ada waktu buat perbaikan, soalnya sisa waktu tinggal kamis n jumat tgl 3&4april. Alhamdulillah visanya approve :)

      Delete
    6. This comment has been removed by the author.

      Delete
    7. This comment has been removed by the author.

      Delete
    8. wohohooo.... congrattt yaaa..... dan selamat backpackeran di Japan :)

      Delete
  15. begini mbak,sy berencana kejepang jan-13-2015.seluruh dokumen persyaratan sudah lengkap.cuma yang sy ingin tanyakan saldo rekening saya baru di tambah tgl 30-10-2014 kemarin.karena selama ini sy pake rekening istri.dan kalau sy hitung berarti belum cukup 3 bulan terakhir..onengaisimazu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp mas, pengajuan visanya bulan desember saja. Asalkan tabungannya gak di isi sesaat sblm pengajuan visa gak masalah. Bukan masalah saldo mengendap 3bln terakhir yg penting saldo akhir pada saat pengajuan visa mencukupi dananya untuk biaya hidup selama di Jepang dan bukan pengisian saldo dadakan.

      Delete
  16. Mbak, yurisdiksi itu berdasarkan keluaran passport atau KTP/KK yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ralat, yg benar berdasarkan keluran passport.

      Delete
    2. Mba tetha, mau donk ikut tour oktober 2015, masih bisa ngga...? Klo bisa saya dgn anak saya.

      Delete
    3. Boleh, diliat aja nt pengumuman resminya saya publish per tgl 1 desember 2014. Kalau mau join lsg kirim email aja ke: tethapevylia@gmail.com

      Delete
  17. Maaf mbak, mau tanya
    Saya telah belo tiket ke jepang 4 januari 2015. Sebenarnya saya berencana untuk menikah di sana. Tapi karena bingung, jadi saya bermaksud apply visa turis. Apakah saya bisa menikah dengan visa tersebut?
    Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh saya gak pernah nikah di Jepang,hehe
      Tapi logikanya sih kalo cuma numpang nikah sih bisa aja pake visa turis, kan bukan mau kerja disana. Lagian kan gak ada yah visa khusus buat numpang nikah :D

      Delete
  18. Mba tetha, Saya punya plan ke Jepang tanggal 11 April-18 April 2015. Nah, untuk pesawat udahh belii, tapi masih bayar DPnya buat dua orang sebesar 4,4 juta. karena pembeliianya nebeng ma teman yang buka open trip ke jepang d tanggal segitu.

    Pertanyaannya, in syaa Allah apply visanya bulan feb. nah, klo tiketnya belom dilunasin alias masih DP. Apa bisa buat apply visa dan akan diapprove ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syarat pembuatan visa harus ada bukti booking pesawat. Coba minta bantuan teman yg buka open trip, minta bukti booking pesawatnya.

      Delete
    2. @Hadzaa Lee
      mb bisa minta alamat emailnya? Saya dan seorg teman rencananya ke jpn pada tanggal yg sama Mungkin kami boleh gabung? Bisa contact saya di tarida.tambunan@gmail.com

      Trims

      Delete
    3. emal saya: tethapevylia@gmail.com

      Delete
  19. Maaf mbak, boleh minta alamat emailnya. Saya niatnya mau gabung sama kelompoknya mbak ke jepang tahun depan. Alamat email saya: edifadhil@gmail.com.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tethapevylia@gmail.com
      silahkan kontak saya kalau ada yg ingin ditanyakan seputar tour Jepang yaa :)

      Delete
  20. Ano.......kak ane ingin ke jepang utk wisata.
    ane ingin nanya kak.
    kalo misal kn ane bikin visa tapi ane gk punya rekening,apa boleh bukti 1jt x lama dsana nya dlm bentuk cash??
    dan saat sampai dsana apakah harus bawa uang dlm bentuk rekening atau boleh bawa uang cash dalam bentuk mata uang yen??
    arigatou.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syarat pengajuan visa harus ada bukti rekening, jd tdk bisa hanya menyodorkan uang cash untuk biaya selama di Jepang. Buka rekening bank dululah, mudah koq.

      Saat akan berangkat ke Jepang tentunya sediakan uang cash dgn mata uang yen untuk keperluan selama di Jepang, sisa anggaran untuk cadangan bisa dimasukan rekening yg nt dpt ditarik pada saat di Jepang.

      Delete
  21. OPEN TOUR JAPAN OCT 2015 sudah saya publish yaaa, silahkan dibaca di link ini : http://tethapevylia.blogspot.com/2014/12/open-tour-japan-october-2015.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba saya mau tanya nih, visa saya dijepang udah keluar
      Kebetulan suami saya keturunan dan kerja disana, saya mau ikut sama suami
      Saya blm pesan tiket pesawat rencanya bakal beli tiket kalo bisa dikedutaan jepang yg dijakarta nanti udah kelar, rencana nya sih tgl 19 bln ini saya berangkat.. Thz mbaa :)

      Delete
    2. untuk mengajukan permohonan visa syaratnya hrs ada bukti booking tiket pswt. Kalau belum beli tiket, buat dulu booking pesawat di travel agent, nt diberi bukti bookingnya. Tdk perlu di issued dulu kalo gak mau rugi. Untuk berangkat tgl 19des, pengajuan visa hrs sdh diurus paling lambat minggu depan.

      Delete
  22. Halo mba, blog nya keren dan membantu banget.
    mau nanya kalo booking pesawat di travel caranya gimana kalau ga bayar dulu? dateng langsung ke travelnya ato on line?
    Thanks ya ( saya mau ke jepang InshaAlloh bulan feb.2015)

    ReplyDelete
    Replies
    1. datang langsung ke travelnya, minta dicekin aja harga tiket ke Jepang, minta dibookingkan saja dan minta print bookingannya, lalu tanyakan kpn batas terakhir untuk issued tiket. Bilang aja kamu akan kembali untuk issued tiketnya.

      Delete
  23. Mbak, saya nuning, udah email mbak tentang itinerary , tapi blom dibales :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Nuning, maaf ya kayaknya email kamu kelewat nt saya periksa ulang yaa.... saya balas secepatnya :)

      Delete
  24. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  25. Hallo kak Tetha, kenalkan saya Cindy. saya pada tanggal 3-10 februari 2015 bakal ke jepang sama temen temen saya di kampus. tapi tabungan saya di angka belasan juta ini bikin saya lumayan resah juga hehe. tapi paspor saya alhamdulillah udah ada cap beberapa negara, termasuk ada visa korea selatan juga. kira kira menurut kakak tabungan belasan untuk 7 hari itu aman nggak kak? oiya kak, saya kalo urus visa bulan Januari kira kira bisa nggak ya? saya takutnya terlambat. apa lebih baik akhir desember saja? Terima kasih kaaak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Cindy,
      Pengajuan visa hanya 4hari kerja, kalau diajukan bulan Januari masih keburu koq. Tabungan di belasan juta gak masalah, mengingat kamu sdh punya visa Korea. Intinya asal data n dokumen pengajuan visanya lengkap, InsyaAllah visa disetujui :)

      Delete
    2. Mba cindy lupita kemarin visa jepangnya gimana ? apakah di approve ?

      Delete
  26. Hi mba tetha... Blog nya membantu sekali... Mba alu nanya nih, aq mau ke jepang januari 2015 akhir, rcna minggu depan ngajuin visa. Cuma yg bkin kuatir itu rekening ku baru keisi banyaknya baru 3 minggu belakangan>< sebelum2nya saldo nya ga seberapa malah cendrung minus. Skrg sih udh terisi 20jt an (aku dijepang 6hari). Sebelumnya aku udh punya visa korea selatan. Itu kira2 gmn ya mba? Aman gak ya rekening ku yg barilu terisi belakangan ini? :"(

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp, insyaAllah aman aja. Pertimbangannya krn sdh ada visa Korea dan pihak Jepang sendiri sedang menambah jumlah wisatawan asing masuk Jepang :)

      Delete
  27. Mbak mau tanya dong, kalau bikin visa sebaiknya berapa hari/berapa bulan sebelum keberangkatan ya? Makasihh ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. visa berlaku 3bulan sejak di approve, amannya sih H-60 keberangkatan sdh bikin visa.

      Delete
  28. mbak kalau saya mau berangkat maret 2015, dan mengajukan desember tgl 17, apakah tidak terlalu lama? karena saya tinggal di malang sementara ktp sy ktp bandung, jd visa sy harus diurus di jakarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. visa berlaku 3bulan sejak di approve, untuk berangkat tgl 15 maret pengajuan 17 des, rasanya terlalu cepat :)

      Delete
  29. Mbak numpang tanya, apakah kalau kita sudah punya e-paspor, biaya pengurusan visanya dibebaskan alias gratis ?
    Arigatou

    ReplyDelete
    Replies
    1. gratis mas, cukup daftarkan e passport ke embassy Japan untuk mendapatkan sticker bebas visa untuk 3thn penggunaan.

      Delete
  30. Hajimemashite, Watashi wa Ikhsan Desu....

    saya mau bertanya, kalau kita mau mengajukan visa pelajar ke jepang itu gimana?
    Saya niatnya tamat SMA mau melanjutka study ke Jepang, dan pertama - tama saya mau Belajar Bahasa Jepang di Jepang, dan itu gimana syarat pengajuan Beasiswa nya???

    ReplyDelete
  31. Hajimemashite, watashi wa ikhsan Desu...

    Mbak, saya ada niat setelah lulus SMA ini mau melanjutkan study di Jepang. Dan saya berniat sekolah bahasa jepang Di Jepang terlebih dahulu, nah itu gimana cara pengajuan Visa pelajarnya??

    mohon bantuannya ya mbak...

    Yoroshiku Onegaishimasu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di lihat saja ya di web embassy Japan, saya juga kurang faham kalo untuk visa pelajar :)

      Delete
  32. Assalamualaikum,Mba Tetha maaf saya mau tanya.saya sdh lulus kuliah tp skrng sya masih belum dapat pekerjaan,di passport saya sudah da visa haji ke saudi waktu kuliah kemaren.nah sya niat mo traveling ke jepang dari baca d blog2 ktny persyaratan bkin visa jepang harus punya npwp atau srt keterangan kerja,sedangkan saya msh blm punya.kira2 masih da harapan ga mba visa buat ke jepang d setujuin?terima kasih banyak sebelumnya ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam, InsyaAllah klo tujuannya mau wisata tetap bias. Nanti gunaan saja rekening tabungan ortu 3bln terakhir, sertakan copy KK yg menyatakan hubungan keluarga, NPWP ortu dan KTP ortu.

      Delete
  33. selamat sore mbak,.. :D blog nya bagus bgt,.. sangat membantu,.. saya mau nanya nih,.
    1. klo visa yg di ajukan itu di kasih waktu brp lama ya untuk tinggal di jepang?,..

    2. KTP sama paspor saya kan dr kalimantan tengah, berarti saya harus ngurus di jakarta ya? berhubung ta baca td kalimantan tengah yurisdiksi nya jakarta,..

    3. apakah aman klo via travel agent ngurus visa?

    4. waktu visa kita di approve,.. itu bisa lgsg di pake? ato ada delaynya? 3 bulan setelah di buat baru bisa di pake gitu?

    5. misalkan saya masukin duit ke rek 1 hari sblm membuat visa? apa kah bisa? krn saldo mengendap blm nyampe 3 bln.. ato kah diliat dari nilai saldonya saja?

    5. menurut mbak kapan ya saya harus bikin visa? klo saya tgl 24 april 2015 berangkat..

    untuk sementara itu dulu hehe maaf banyak nanya mbak,.. makasih ya sblm nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maf lama replynya, saya baru pulang liburan. saya jwb satu2 ya:

      1. 14 hari.
      2. Iya betul.
      3. Tergantung travel agentnya, kalo yg professional sih aman saja.
      4. Bisa langsung pakai dan bila tdk akan lsg dipakai kadaluarsanya 3 bln sejak diterbitkan.
      5.Dilihat dari arus dananya dan nominal saldonya. Tidak masalah memasukan uang H-1 asalkan sebelumnya sdh ada dana. Sebaiknya gunakan rekening tempat gaji di transfer. Pihak kedutaan Jepang hanya perlu memastikan bahwa kamu telah memiliki pekerjaan. Bila belum memiliki pekerjaan sebaiknya gunakan rekening ortu.
      6.bulan feb sdh bias urus visanya, paling telat awal april.

      Delete
  34. kalau untuk tabungan itu kita harus minimal berapa ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1juta rupiah dikali lama tinggal di Jepang ditambah biaya tiket pesawat.

      Delete
  35. Mbak mau nanya, kalo mau bikin visa apa bisa pake rekening bank dlm negeri? Semisal memang bisa, apa harus di konversi dlm bentuk cash ke yen? Krn setau saya bank dlm negeri blm ada yg buka cabang disana (mungkin sih hehehe). Terimakasih sblmnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin visa memang menggunakan rekening bank dalam negeri, tidak perlu di konversi karna saldo yang dilihat dalam bentuk rupiah.
      Untuk uang cash yang diperlukan selama di Jepang bawa dalam bentuk yen dan US dolar. Untuk penggunaan ATM bank dalam negeri dapat tetap digunakan selama di Jepang selama ada logo Visa/MasterCard dan digunakan di kantor pos Jepang. Nanti uang yg ditarik keluarnya dalam mata uang yen.

      Delete
  36. siang mba, mau nanya ni. kalo ada E passport itu apakah sudah pasti dapat visa jepang? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum tentu, tergantung dari pihak kedutaan Jepang. Bila tdk ada masalah sebelumnya dengan kedutaan Negara manapun, sepertinya sih approve saja, mengingat Jepang sedang meningkatkan kunjungan wisata ke negaranya.

      Delete
  37. kalau untuk sekolah gimana ibu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf gak bias bantu jawab, saya gak ngerti kalo untuk sekolah.

      Delete
  38. Mba..nanya dong..kan di persyarata ada surat sponsor. Utk ibu rumah tangga kayak gmn ya surat sponsornya? Selain surat keterangan dr suami apakah perlu membuat surat dr kantor suami juga? Tks sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga IRT tapi saat mengajukan visa tdk menggunakan surat sponsor ataupun surat keterangan dari suami apalagi surat dari kantor suami. Waktu itu saya sudah bikin tapi dikembalikan oleh pihak embassy Japan, mereka bilang cukup dengan KTP suami, NPWP suami dan print tabungan suami.

      Delete
  39. Mba kalau setelah visa diapprove untuk beli tiketnya harus di travel agent itu lagi atau tidak? Tanggal keberangkatan harus sama seperti saat pengajuan visa? Kata mba bukti booking berlaku hanya 1 hari. Berarti pada saat visa approve bukti bookingnya hangus ya mba?
    Thanks mba ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak harus beli tiket di travel agent yang sama. Tanggal keberangkatan tidak harus sama dengan yang tertera di pengajuan visa, krn visanya sendiri berlaku selama 3 bulan sejak diterbitkan. Bookti booking pswt saya saat itu hanya untuk 1 hari, jadi saat pengajuan visa sedang proses bukti bookingnya sdh expired.

      Delete
  40. Mbak buat visa koreax dimana tanpa harus dtg?

    ReplyDelete
  41. Selamat Sore mbak, saya mau tanya apa saja Persyarat Mendapatkan visa pelajar yang tidak dengan beasiswa?

    Terimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung buka web embassy japan ya, saya kurang faham untuk visa pelajar :)

      Delete
  42. Mbak,jika saya berangkat mendadak tgl 26 januari,kapan saya harus apply visa dan bagaimana jika saya tinggal di apartment temen saya di jepang nanti mbak? Mohon bantuannya mbak. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apply visa max tgl 19 Januari. Tidak masalah jika tinggal di apartemen teman.

      Delete
  43. Hii....saya mau ngajuin visa jepang konvensional apakah masih berlaku ya??sedangkan sekarang visa jepang e-paspor yg diperlakukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bebas visa Jepang selama 3thn bagi pemegang e-passport, jika masih pake passport non elektronik tetap mengajukan visa seperti biasa.

      Delete
  44. mba Tetha ..
    makasih sudah balas ya mba ...
    mastikan aja mba .. jdi yg dimaksud disitu saldo akhir sebelum mengajukan visa jepang ya mba ?
    kebetulan sy sudah kerja mba .. tp gajian tiap bulan cuma mampir aja .. karna ada yg d transfer dan ditarik untuk keperluan sebulan ^^ ..
    sempet ragu mau ngajukan visa jepang krn info dr tour travel saldonya 25 jt ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa saldo akhir sebelum mengajukan visa, baiknya print saldo H-1 pengajuan visa. Untuk pengajuan visa sebaiknya gunakan rekening tempat salary di transfer, gpp klo uangnya cuma lewat yg penting saldo akhir sblm pengajuan visa mencukupi untuk biaya hidup selama wisata di Jepang. Sebaiknya visa di urus sendiri bila syarat dari tour travel min saldo 25jt. Mungkin maksud dari saldo harus 25jt supaya kemungkinan visa di approvenya semakin besar. Sejauh pengamatan saya, rek tabungan diperlukan guna memberikan kepastian pihak Jepang bahwa kamu yg akan berwisata ke negaranya punya biaya hidup, dan tdk menyusahkan pihak Jepang. Pembuatan visa Jepang tdk sesulit yg dibayangkan, asal semua dokumen dilengkapi insyaAllah approve, niatnya kan baik hanya mau berwisata. Semangat yaaa :)

      Delete
    2. makasiih mba tetha ...
      pengennya ngurus sendiri mba .. tapi jauuuhh .. aku d kaltim sedangkan untuk buat visa harus di surabaya ..
      jd minta tolong ke agen tour untuk uruskan visanya ...

      Delete
    3. oo klo gitu ya hrs sesuai syarat yg diminta agen mba... good luck ya :)

      Delete
  45. mbak klo skarang sya gk kerja ..tpi punya saldo rekening kira2 40jta..dana itu hasil kerja jdi tki dulu apakah bisa di approve visa jepangny mbak padahal skarang sya tidak berpenghasilan dan tdk punya sponsor..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kirim email ke saya aja mas, nt saya jelaskan via email cara pengajuan visa bagi yg tidak kerja tetapi memiliki dana untuk wisata ke Jepang :)

      Delete
  46. Selamat Siang Mba Tetha,
    Salam kenal saya Remon, saya mau mengajukan visa jepang tapi ada beberapa hal yang masih membingungkan, apakah semua tiket saya lampirkan atau hanya tiket masuk dan keluar jepang saja yang saya lampirkan yakh mba.
    karena rute saya lumayan panjang:
    Jakarta - Kuala Lumpur - Seoul - Tokyo - Seoul - Bangkok - Kuala Lumpur - Jakarta.

    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran saya lampirkan semua tiket perjalannnya mas.

      Delete
  47. buk, jadwal perjalanan itu harus sama dengan apa kegiatan kita saat berada di negara tujuan (Jepang)?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidk harus sama, catat saja garis besarnya akan kemana saja selama di Jepang.

      Delete
  48. buk, kalo sayakan dapet invite dari PBB buat menghadiri conference di jepangm trus milih visanya yang mana dan misalnya saya buat epassport apakah ga perlu urus visa lagi? thanks yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. visa kunjungan bisnis. Untuk e passport hrs di register dulu ke embassy japan buat dapetin sticker bebas visa.

      Delete
  49. numpang nanya, bukti booking ticket itu seperti apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selembar kertas yg berisi informasi pemesanan tiket yg belum di issued. Klo sdh di issued kan jadinya tiket beneran :)

      Delete
    2. numpang tanya lagi saya kan mau ke osaka, kansai airport. di visa nya tulis port of entry osaka atau kansai ya?
      trs untuk print an bookingan ticket apakah tidak apa2 masih ada tulisan bahwa ticket blm di bayar?

      Delete
    3. Tulis aja Kansai airport, Osaka

      Yg nulis siapa? Saat saya nerima bookingan tiket cuma selembar kertas print dan gak ada tulisan belum dibayar.

      Delete
  50. Hi mbak..mo nanya nih..minta petunjuk step2nya booking hotel langsung cancel untuk ngurus visa dong...btw meskipun free cancelation fee tp kena booking fee ndak mbak? Juga itu hrs punya kartu kredit? Thx

    ReplyDelete
  51. Bookingnya hrs datang lsg ke Travel agent, atau coba deh kalo lagi ada travel fair minta dibuatkan bookingan tiket, gak ada bayar fee sepeserpun.

    ReplyDelete
  52. Waahh.. Blognya bagus skl. Sangat informatif!
    Mbak sy mau nanya nih..
    Sy IRT dan sejak menikah sdh tdk bekerja. InsyaAllah ke Jepang tgl 8-15 april 2015 bareng suami (tiketnya udah beli). Urus visanya baiknya dimana ya? KTP dan passportku alamatnya sama2 di Makassar, tapi KK di Bali (krn suami mutasi ke Bali) dan katanya isi form harus sesuai KTP ya? Gmn dgn KTP ku yg statusnya msh single disitu? (Blm keganti krn nikahnya setahun lalu sementara KTP ku msh 2018 expirednya. Trs suami sendiri KTP dan passportnya justru beralamat Timika tapi KK dan surat keterangan kerja di Bali. Makasih bantuannya mbak ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf telat replynya, pengajuan visa sesuai yuridiksi dikeluarkannya paspor. Silahkan cek di web embassy Japan bagian yuridiksi Makasar dan Timika masuk yuridiksi yang mana. Untuk KTP dan KK sebaiknya dibuat dulu sesuai data yg up to date, supaya tdk membingungkan.

      Delete
  53. mbak, maaf tanya kalo saya diundang sodara kandung sdh domisili/warga jpn, rencana 3- 6 bulan berada di rumahnya.( dijamin)
    1. apakah rekening harus cukup selama itu?
    2. buat jadwal perjalanan?
    3. visa apa yang diajukan?
    trimakasih bgt mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Tidak. Bila pengundang yg akan menjamin biaya kamu maka sertakan
      -surat jaminan (dpt di download di web embassy Japan),
      -dokumen yg berkenaan dgn pengundang,seperti surat keterangan pembayaran pajak yg tercantum besarnya penghasilan,SPT, Surat keterangan penghasilan,surat referensi bank, copy butab 3bln terakhir, surat keterangan bekerja yg mencantumkan lama bekerja dan jumlah penghasilan (pilih salah satu), dan
      -surat domisili pengundang.
      2. Ya
      3. Visa kunjungan keluarga sementara.

      Delete
  54. Dear Mbak Tetha,
    Informatif banget blognya,matur nuwun..
    Ada info penginapan di Osaka, Kyoto dan Tokyo gak Mbak. Aku rencana ke Jepang 4-11 april ini, tp kesulitan nyari penginapan utk backpacker..siapa tau Mbak ada info..
    Matur nuwun-Adi

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cari di hostelworld[dot]com atau airbnb[dot]com

      Delete
  55. Kalau pasport saya expired 1 july 2015 dan saya berangkat ke jepang tgl 10 maret 2015, kirakira visa nya masih bisa diterima tidak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak, untuk membuat visa Jepang syaratnya paspor masih berlaku max 6bln sblm keberangkatan.

      Delete
  56. Mbak saya mau tanya, awal april ini saya mau liburan ke jepang sama kakak, jika saya hanya pengangguran. pada form bagian pekerjaan apakah yang harus saya isi?? none atau gmn? terus apakah harus ada surat jaminan kl saya bakal balik ke indo??

    ReplyDelete
    Replies
    1. di isi none, sertakan surat penjamin. Bila yg menjamin semua biaya adalah kakak, maka sertakan copy KK untuk mempertegas hubungan keluarga.

      Delete
  57. Assalamualaikum Mbak Tetha.
    Mbak saya mau tanya tentang visa Holiday.
    InsyaAllah saya ke jepang tgl 30 april bulan depan mbak dalam rangka mengunjungi isteri saya yg berada di osaka jepang. Yg saya tnykan apa harus direkening saya harus ada saldo yg sampai nominalnya puluhan juta mbak? Dan berapa minim saldo direkening tabungan mbak? Padahal saya disana hanya tinggal 2 minggu dan itupun saya stay dirumah isteri saya.. mohon infonya ya mbak.
    Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salam, untuk mengunjungi istri jgn pake visa wisata Pak, pakainya visa kunjungan keluarga. Mengenai persyaratan sudah dijabarkan lengkap di web embassy Japan, silahkan Bpk baca baca disana, kalau ada yg kurang jelas silahkan tanya saya lagi :)

      Delete
  58. Mbak yang baik, tulisannya sangat membantu saya yang buta dalam hal urus-mengurus visa ini hehe
    Saya berencana travel ke jepang selama 3 minggu pada tanggal 29 april-17 mei 2015, saya ingin menanyakan:
    1. untuk tulisan yang mbak beri highlight kuning itu maksudnya gimana ya? Saya berdomisili di riau sekarang dan passpor saya dikeluarkan di sumuatera utara pd waktu itu, apakah berarti saya harus mengurus visa di konsulat yg di medan? tidak boleh di konsulat daerah lain?
    2. di beberapa tulisan/artikel ada yg menyebutkan diusahakan sebelum mengajukan permohonan visa jepang setidak-tidaknya sudah pernah ada visa kunjungan ke negara lain sebelumnya di paspor. Apakah info ini benar? mengingat ini baru pertama kali saya berencana bepergian ke negara lain.
    3. Saya berencana menginap di apartemen teman selama berada di daerah Kansai. Apakah perlu melampirkan surat pernyataan dari teman saya untuk menyatakan pemberian ijin tempat tinggal sementara?
    Mohon ditanggapi ya mbak.
    makasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Niko, maaf baru sempat jawab.
      1. Pembuatan visa hrs sesuai yuridiksi dikeluarkannya paspor. Cek wilayah yuridiksi di web embassy Japan.
      2. Tidak benar krn kenyataannya teman saya banyak yg melakukan perjalanan keluar negeri pertama kali dan itu ke Jepang, visanya approve.
      3. Tidak perlu, sertakan saja bookti booking hotel yg free cancel, coba googling, byk hotel yg bisa dibooking tanpa pembayaran dimuka.

      Delete
    2. maaf baru baca ulang ternyata kamu akan 3 minggu di Jepang. Visa apa yg akan kamu ajukan? krn kunjungan wisata hanya berlaku 15 hari. Kecuali kamu punya keluarga di Jepang, bisa berkunjung 3mingu sampai bulananpun bisa tapi menggunakan visa kunjungan keluarga sementara.

      Delete
  59. Sekarang sudah bisa bebas visa, kalau pake e-passport :D

    ReplyDelete
  60. Askm mbak Tetha, saya boleh kenal. sy sangat berminat ke Jepang. Mgkn bs tanya2 via BBM atau WA. Mohon add pin BB saya 747CFD8D, dan CP 081233562633. makasih mbak Tetha, sy tunggu invite nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Pandu, maaf sekali saya gak pakai BB dan WA saya sedang tidak bisa diakses karena hpnya mati total, mungkin krn terlalu byk aplikasi dan WA yg masuk jd hang. Untuk sementara komunikasi dpt melalui email saja di: tethapevylia@gmail.com

      Delete
  61. Hi Mbak, thanks for sharing. Kebetulan besok mo buat visa.. mo tanya nih Mba:
    1. Apakah buat visa antrinya panjang sekali? Jam berala idealnya untuk datang agar aman?
    2. Passport teman saya akan expired dalam waktu 6 bulan lebih 20 hari saat keberangkatan ke Jepang. Apakah tenggat expired passport ini masih dalam kategori cukup aman utk lewatin imigrasi di Jepang? Saya dapat info minimal 6 bulan, ada juga yg bilang 7 bulan.. bafangkali Mbak ada pengalaman??

    Sebelumnya trims atas jawabannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Iya antri panjang tapi prosesnya cepat. Idealnya jam 9 pagi sudah disana.
      2. Untuk amannya sih perpanjang dulu paspornya, tapi klo uda gak sempat paspor lama msh bisa digunakan. Pembuatan visa Jepang gak serumit perkiraan, asal syaratnya terpenuhi in shaa Allah visa di approve. Good luck yaa

      Delete
  62. Trims Mbak.
    Assalamualaikum wr wb
    Mbak tethaaa.. apa harus ditabungan kita ada saldo sekian walaupun kita ke jepang pake visa kunjungan keluarga? Trus kalo misalnya gak ada invite dari isteriku bisa gak ngirusin visa holiday biasa mbak?
    Trims mbak infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Pak, saya blm pernah apply visa kunjungan keluarga. Coba bpk cek lsg di web embassy Japan untuk syarat pengajuannya. Misalnya gak ada invite dari istri bpk tetap bisa mengajukan visa wisata biasa hanya saja durasi untuk stay di Jepangnya terbatas 15 hari saja.

      Delete
  63. Mba, terima kasih untuk infonya ya.. Kalau boleh tau di form aplikasi visa di kolom pekerjaan diisi apa ya mba yang statusnya sebagai ibu rumah tangga? Terima kasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
  64. misi mbak.. nanya donk, untuk persyaratan visa jepangnya, yang copy rekening korannya, itu cuman statement keuangannya aja atau beserta dengan copy bagian buku-nya yang ada nama dan banknya ? soalnya cuman punya buku tabungan.. makasih ya mbak... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beserta copy bagian bukunya yaa. Biasanya kalau print dari buku tabungan hrs menyertakan dokumen tambahan yaitu surat rekomendasi bank yg menyatakan nama pemilik rekening dan nomer rekening serta jumlah saldo silahkan tlp pihak embassy Japan untuk kepastiannya. Saran saya, sebaiknya gunakan rekening tempat salary di transfer.

      Delete
  65. Hi mbak makasih ya infonya sangat bermanfaat .mbak jumlah saldo dan rekeningnya harus dari bank indonesia ya? Kbetulan saya gak punya rekening bank indo,itupun kalo punya rekeningnya nyokap. Nah soalnya saya kerja diluar negeri .jadi urus visanya harus ke jakarta atau balik indo gitu?jadi ya pake rek bank negara tsb

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak hrs dari bank Indonesia. Yg penting rekening tabungan milik sendiri (jika biaya ditanggung sendiri) dan jumlah saldo mencukupi untuk biaya hidup selama di Jepang.

      Delete
  66. Wah info yang bermanfaat! Ternyata buat visa jepang enggak terlalu ribet juga. O iya kalau multiple entry visa apakah sama ya prosedurnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk multiple entry visa ada beberapa dokumen tambahan. Detailnya silahkan lsg cek web Japan embassy :)

      Delete
  67. Dear Mbak Tetha
    Saya sekeluarga (ada orang tua dan anak kecil) ingin ke Mt Fuji dan Hakone. Apakah enaknya tur di sana atau sewa mobil ya berikut supir.
    Apakah ada info utk sewa mobil berikut supir di Tokyo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru sempat saya reply,

      Untuk tur Mt. fuji dan Hakone disana kabarnya mahal mba, tapi mungkin mba bisa googling. Kalau ke Hakone beli Hakone pass aja, berangkat dari Shinjuku, bawa ortu dan anak kecil juga gak repot koq mba atau pilih pakai bus juga bisa cuma kalau bus hrs tepat waktu klo enggak tar repot hrs ngejar2 bus. Saya gak punya rekomendasi penyewaan mobil n driver di Jepang, bln depan in shaa Allah saya ke Jepang, nt coba saya tanyakan teman Japan saya yaa :)

      Delete
  68. kalau buat kerja gimana mbak caraNa???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apply visa kerja, bisa lsg liat syaratnya di web embassy Japan :)

      Delete
  69. Mbak mau nanya gini, gini bulannmei nanti kan sy mau k jepang utk mengikuti kongres ilmiah. Nah pertanyaan sy, utk fotocopy buku tabungan apa perlu dilegalisir dr pihak bank dan perlu surat rekomendasi ya mbak? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ngeprintnya lsg dari ibanking biasanya sdh tertera nama pemilik rekening jd tdk perlu surat rekomendasi bank maupun legalisir. Kalau hanya print melalui teller hrs disertakan surat rekomendasi bank yg berisi nama dan no rek serta jumlah saldo.

      Delete
  70. mba saya mau nanya soal saldo tabungan nih.
    kalau misalnya saya mau ke jepang selama 3 bulan, tapi pas ditanya sm kedutaannya saya jwb cm 1 bulan (biar saldo di tabungan ga gede bgt), bisa ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3bln di Jepang untuk tujuan apa?? Pakai visa apa?? Maaf saya tdk pernah stay lama di Jepang krn hanya menggunakan visa wisata yg berlaku max 15 hari jadi gak bisa bantu jawab.

      Delete
  71. mba saya mau tanya visa transit itu bagaimana ya? apakah itu visa yang kita gunakan jika kita ingin ke tokyo terus lanjut seoul gitu mba? menghindari visa korea? mohon info mba makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Visa yg dipakai untuk transit bbrp jam di suatu negara. Pemegang visa transit dapat keluar bandara melewati imigrasi tapi hanya bbrp jam saja tidak boleh melebihi waktu yg telah ditentukan. Untuk menghindari pembuatan visa Korsel jika masuk dari Jepang visa yg digunakan bukan visa transit melainkan visa wisata biasa.

      Delete
  72. Wah yang nanya banyak ya mbak. Maaf saya juga mau ngerepotin mbak, boleh ya :)

    Saya ada beberapa pertanyaan:
    1. Di komentar atas, katanya kalo ada yang kosong diisi 'none', tapi di contoh yang saya lihat dikosongkan saja? Saya jadi bingung..
    http://www.bd.emb-japan.go.jp/en/visa/sample.pdf

    2. Saya akan tinggal lebih dari 1 hotel, pada formulirnya hanya ada 1 hotel, jadi harus diisi apa ya?

    Terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Pengalaman saya membuat visa yg kosong saya isi "none" dan alhamdulillah visa saya selalu approve. ini saya juga baru kembali dari Jepang :)

      2. Isi hotel tempat pertama menginap saja.

      Delete
    2. Terima kasih ya mbak :)

      Saya ada pertanyaan tambahan, waktu menyerahkan dokumen itu pakai map atau amplop?

      Saya mau bikin visa minggu depan atau 2 minggu lagi, semoga langsung diterima :)

      Delete
    3. Maaf baru sempat reply.

      Dokumen diserahkan tanpa map/amplop dan jangan di hekter. Cukup di susun berdasarkan urutan dan langsung diserahkan ke loket saat nomer antrian sudah dipanggil.

      Delete
    4. Saya baru kemarin ambil visanya, tapi saya lihat tanggal terbitnya 2 hari sebelum pengambilan, berarti prosesnya hanya perlu sekitar 1 hari kerja saja :)

      Saya lihat sekarang tidak ada wawancara sama sekali, 2 ruangan wawancara jadi tidak terpakai, malah banyak yang membuat visa dengan menitipkan pada orang lain.

      Jika ingin mendaftarkan bebas visa lebih mudah lagi dan hampir tidak perlu antri.

      Membuat visa jepang sangat mudah sekali sekarang!

      Delete
    5. Alhamdulillah visanya sdh beres yaa...

      Untuk proses wawancara sejak pertama saya buat visa Japan memang sdh tidak pakai wawancara dan pembuatan visa memang bisa di wakilkan tdk hrs yg bersangkutan yg datang :)

      Delete
  73. Mba mau tanya dong, upgrade visa kunjungan kelurga menjadi visa keluarga apa bisa dilakukan di jepang dan bagaimana caranya ya. (tanpa kembali ke indonesia dulu)

    terimakasih.

    Anto

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Mas Anto, maaf sekali saya tidak punya pengalaman memuat visa keluarga, mungkin bisa langsung ditanyakan ke kedutaan Indonesia di Jepang mengenai caranya :) *maaf gak membantu*

      Delete
  74. mba saya mau tanya,klo tanggal keberangkatan apakah harus sesuai dengan yang kita tulis saat pengajuan visa ya atau bisa dirubah.. misalkan tanggal keberangkatan yg diajukan saat pengajuan visa adalah 10 juli, dan saat visa sudah disetujui apakah bisa kita berangkat jadi tanggal 15 nya.. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Nida, tanggal keberangkatan bisa dirubah selama visanya masih berlaku. Masa berlaku visa 3bln sejak diterbitkan, jadi kamu bisa rubah tanggal dalam rentang 3bln masa berlaku visanya saja :)

      Delete
  75. Mba Tetha.. mau numpang tanya dan cari info.. itu sewaktu kita memberikan passport ke bagian kedubes jepang, apa passport yang sekarang kita pegang saja (yg sekarang berlaku saja) atau di sertakan dengan passport yang sebelumnya (passport sekarang yang berlaku dari 2013 - 2018) passport yang sebelumnya (2008 - 2013 yang sudah tidak berlaku) apa perlu di bawa juga? soalnya seinget saya dulu teman saya ada yg ngajuin permohonan visa di kedubes amerika harus tetap membawa passport lama (katanya buat supaya petugasnya tau kita sudah ke negara mana saja) apa di kedubes jepang juga berlaku? terus kedua, tentang prasyarat ke 7, apakah itu akte kelahiran sama kartu keluarga tetep harus kita sertakan walaupun kita hanya memohon untuk sendiri (di info prasyarat no 7 di katakan bahwa bila pemohon lebih dari satu, sedangkan saya sendiri) dan yang ketiga kalo passport biasa (passport saya masih yang biasa) jatuhnya ke type yg mana ya? yang diplomatic, official, atau ordinary (isian di form pangajuan) maap ya mbak pertanyaan nya banyak banget.. mohon infonya ya mbak, saya rencana mau ke jepang awal bulan oktober.. :)

    Terima Kasih banyak..

    Rezza

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Rezza, untuk pertanyaan pertama jwbannya tidak perlu. Tapi kalaupun mau memnyertakan paspor lama silahkan saja, nanti pada saat menyerahkan dokumen akan lsg di sortir dan dokumen yg tdk diperlukan akan dikembalikan.
      Untuk jawaban ke-2 : Tidak perlu jika hanya pergi sendiri dan biaya ditanggung sendiri jd bukan org lain yg menanggung biaya perjalanan.
      Jawaban ke-3: ordinary

      Delete
  76. Terima Kasih banyak ya mbak Tetha.. informasi mbak sangat membantu sekali.. mudah2an nanti pas buat visa lancar.. rencana awal akhir agustus atau awal bulan september baru akan saya urus visanya.. :)

    Rezza

    ReplyDelete
    Replies
    1. You're welcome, semoga lancar ya proses pembuatan visanya :)
      Kalau masih ada yg kira2 ragu untuk disertakan dokumennya, sebaiknya dibawa saja semua dokumen yg disebut dalam persyaratan. Nanti sesampainya di loket embassy Japan, pihak embassy akan lsg mensortir dokumen yg tdk dibutuhkan dan akan lsg dikembalikan. Good luck :)

      Delete
  77. Assalamu'alaikum, Mbak..
    1. Kalau IRT, trus suami ga punya NPWP gimana? Posisi suami baru sekolah di Jepang..
    2. Di formulir pada bagian perkerjaan, ditulis apa? NA atau housewife?

    Terima kasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salam mba Eda.

      Saya coba jawab yaa...
      1. IRT suami tdk memiliki NPWP tdk apa2, cukup sertakan copy KK dan copy buku nikah saja.

      2.Di isi Housewife.
      Semoga jwbannya membantu ya :)

      Delete
  78. Assalamualaikum mba, mau tanya kalo dokumen kartu keluarga yg dibutuhkn harus di legalisir atau fotokopian saja atau harus asli mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salam Prita, KK cukup copynya saja tidak perlu legalisir ataupun aslinya :)

      Delete
  79. Mba, kalo KTP saya surabaya tetapi saya tinggal & kerja di jakarta.. apakah saya bisa mengurus visa di kedutaan jepang Jakarta ?
    Sebaiknya urus sendiri atau via travel agent y, berapa lama sebelum tgl keberangkatan?
    Saya sudah punya tiket pesawat, tetapi belum ada hotel ny.. Apakah harus punya bukti tiket hotel nya ?

    Thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pembuatan visa tergantung dari yuridiksi, dilihat dari paspor keluaran mana. Klo paspornya di buat di Jkt berarti pengajuan visanya di Jkt.

      Kalau punya waktu sebaiknya mengurus visa sendiri. Masa berlaku visa 90hari sejak diterbitkan.

      Iya harus ada bukti booking hotel. Bisa gunakan bukti booking hotel yg memberi kebijakan free cancelation, supaya gak rugi kalau seandainya berubah pikiran/tdk jadi menginap disana.

      Delete
  80. Assalamualaikum mbak.
    insyaallah aku bln oktober tahun ini ada rencana pergi ke jepang.aku mau tanya untuk pengajuan visa kalau saya masih mahasiswa apa butuh surat pernyataan dari orang tua untuk penanggungan biaya?terimakasih.wass

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salam,

      Untuk pengajuan visa tdk perlu surat pernyataan ortu. Bila ortu yg menanggu biaya perjalanan cukup sertakan copy KTP kamu n KTP ortu, NPWP ortu, buku tabungan ortu 3bln terakhir, dan copy KK sebagai dokumen yg menunjukan hubungan. Sebagai pelengkap bisa juga sertakan copy akte kelahiran.

      Kalau ada yg msh ingin ditanyakan silahkan comment lagi ya, in shaa Allah saya jawab :)

      Delete
  81. Hi mba, kalo saya mau bkn visa tapi statusnya masih blm bekerja bgmn ya mbak? Karna saya baru lulus kuliah. Terimakasih mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Anastasya,

      Klo msh memungkinkan untuk pakai kartu pelajar sih mending bilang pelajar aja. Tapi kalau kartu pelajarnya sdh gak bisa dipakai, dibagian pekerjaan di isi "none" aja, dan semua dokumen penjamin biaya hrs disertakan. Misalnya ortu yg menjamin biayanya maka sertakan copy KTP, NPWP dan rekening bank punya ortu juga sertakan KK.

      Delete
  82. infonya bermanfaat mbak Tetha..
    saya mau tanya, sy rencana mau ikut program magang ke Jepang selama 3 Tahun. kalau visa sy mungkin langsung diurus oleh Panitia. nah, rencana sy mau ajak istri sy dg biaya pribadi. itu gimana yah caranya? trus nanti istri sy jenis visanya apa yah?
    mohon bantu infonya.. terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Panji, sebaiknya kamu datang duluan ke Jepang dan disana mengurus CoE ( Certificate of Eligibility) untuk keluarga. Cara ini paling aman karena keluarga berada di tempat yang aman (baca: tanah air) sampai statusnya betul-betul jelas dan ketika sampai di Jepang mereka sudah bisa menikmati fasilitas sebagai resident.

      Delete
    2. Untuk cara ini ada beberapa tahap.
      1. Download dan isi form aplikasi CoE di web Embassy Japan.
      2. Lengkapi persyaratan : Surat nikah asli, fotocopy dan terjemahan, foto copy paspor semua anggota keluarga; foto masing-masing anggota keluarga 3X4, foto copy resident card (py kamu), copy buku tabungan yang menunjukkan kamu sanggup membiayai dan surat pernyataan dari perusahaan bahwa kamu terdaftar sebagai pegawai magang. Nb: terjemahan cukup kedalam bahasa Inggris dan dilakukan sendiri, tak perlu pake penerjemah tersumpah. Kemudian pastikan, sewaktu berangkat dari Indonesia membawa dokumen asli surat nikah dan akta kelahiran semua anggota keluarga yang mau datang ke Jepang.

      3. Setelah persyaratan lengkap tinggal datang ke kantor imigrasi, datang mengecek persyaratan ke resepsionis, mengambil daftar antrian, menunggu dan nanti dipanggil. Mereka akan mengecek kesesuaian fotocopy dokumen dengan yang asli (yang asli dikembalikan) dan kemudian memberi tanda terima untuk mengambil bila ada surat dari imigrasi. Nah, pastikan semua dokumen yang saya sebutkan diatas (kecuali yang asli) diberikan saja.

      Nah jika lancar, dari proses dokumen sampai CoE jadi sekitar 3 minggu. Setelah itu kamu ambil CoE-nya dan kirimkan ke Indonesia. Keluarga tinggal mengurus visa dengan melampirkan CoE tersebut. Syarat visa bisa dicek di website Kedubes Jepang di Indonesia.

      Delete
  83. Assalamualaikum mbak tetha.saya ada rencana bln oktober ini berangkat dan kebetulan sy mahasiswa. Saya mau nanya apakah saat pengajuan visa hrs butuh surat pernyataan org tua sbg penanggung biaya saat berada disana meskipun sy melampirkan bukti rekening milik saya sendiri?

    ReplyDelete