Wednesday, May 22, 2013

Memilih Sekolah TK untuk Aya

Gak kerasa anak sulung ku "Aliyyah" juli ini udah TK. Akhir tahun lalu aku 'n suami udah sibuk cari skul sana sini, trial juga dibeberapa sekolah, ada yg cocok tapi jauh, ada yg murah tapi metode pendidikan gak cocok, ada yg metode pendidikan cocok dan murah tapi fisik sekolahnya kurang memungkinkan untuk aku dg ikhlas ngelepas Aya skul disana. Duhh banyak bgt ya nih maunya.....hihi



Sebenernya kriteria sekolah buat anak anak ku itu:



1. Jaraknya dekat.
Berhubung dia baru aja TK jd jarak itu tolak ukur yg paling penting buat aku. Klo kejauhan takutnya dia udah bosen duluan di jalan. Lagi pula yg paling penting sih ya...aku itu miss late,jd mengantisipasi aja aku bangun kesiangan takut gak keburu ngurusin keperluan hubby 'n aya sekaligus,jd ya jarak skul aya aku pilih yg terdekat aja,hehe(egois ya :p)

2. Metode Pendidikan.
Aku lebih suka yg fun and active learning, trus student centre,ya pokonya yg melatih dan mengembangkan kemampuan dan bakat anak aja deh. Kurang suka dg metode belajar yg searah,dimana murid hrs selalu ngikutin guru, dan guru jadi fokusnya. Rasanya koq metode kayak gini memasung kebebasan anak berekspresi,memasung kebebasan anak berpendapat dan gak bebas mengeluarkan ide2. Jd klo yg student centre itu kan pembelajaran 2arah ya,jd diharapkan anak2 terlatih untuk mengemukakan pendapat dan ide2 sejak dini. CMIIW ....hihi.....

3. Biaya Sekolah.
Nah...ini penting banget nih....cocok sama sekolahnya tapi biayanya selangit juga percuma kan yah. Jd biaya ini hrs yg bener2 sesuai budget kantong papanya aya ajah,hihi....jgn sampe ngutang gara2 pgn ngasih pendidikan yg terbaik buat anak. Mknya ini budget beneran hrs rasional. Banyak kan yah sekolah2 swasta skrg yg matok budget spp yg gak rasional (menurutku yah). Fasilitas minim,tapi biaya selangit, nah jgn sampe deh kejebak sama nama sekolah semata. Mknya aku hrs bener2 selektif cari skul yg fasilitasnya ok tp dg hrg yg murah,hihi.

4. Bahasa pengantar.
Aku lebih suka sekolah dg bahasa pengantar English ya. Klo sebagian besar ortu pengen sekolah dg bahasa pengantar bahasa Indonesia,aku justru pingin anak ku sekolah di sekolahan dg bahasa pengantarnya English. Bukan mo sok sok an sih,tp aku mikirnya mumpung ini anak masih kecil,dia lbh gampang menyerap banyak bahasa tanpa hrs melupakan bahasa ibu.  Menurutku selama di rmh selalu aku ajak ngomong bahasa Indonesia,kynya sih fine aja yah klo di sekolah dia hrs berbahasa Inggris. Anak pinter koq memilah  secara natural dg siapa dia bicara dan bahasa apa yg akan dia pergunakan. Dg pertimbangan ini,mk aku lebih milih sekolah dg bahasa pengantar English.

5. Ada pelajaran Agama Islamnya.
Nah ini penting juga,krn aku pgn anak2 ku di didik secara islami sejak dini,jd aku lbh suka klo TKnya kelak ada pelajaran agamanya. Nilai plus nih buat aku klo nemu ada TK yg islamic bgt. Krn SDnya aku udah ngincer yg berbasis Islamic School juga.

6.Fasilitas Sekolah
Ini sih penting gak penting sebenarnya yah dan ini juga berhubungan dg bayaran sekolah nantinya. Semakin lengkap fasilitasnya ya semakin mahal biayanya. Tapi sungguh aku lbh suka anak2 ku sekolah dg fasilitas yg ok. Fisik sekolah yg bersih,fasilitas yg mendukung anak2 untuk belajar,meng explorasi segala hal yg mungkin gak bisa dia explorasi di rmh. iyalah, klo semua udah dpt dirumah ngapain aku sekolahin buru2 kan yah,mending nt aja nunggu TK B lebih irit,hahahaha.....

Nahhh...nah....mengacu pd 6 kriteria tadi,hasil survey sana sini, nemu lah bbrp sekolah yg aku rasa cocok buat anak ku.
Bbrp sekolah yg masuk kriteria:

1. Al Jabr
Lokasi lumayan deket sekitar 15-20menit ke skul, metode pendidikan juga ok,biaya juga masuk budgetlah 1,1jt/bln,ada pelajaran agamanya secara islamic juga kan ini sekolah, trus fasilitas sekolah jgn ditanya deh,mantabbbb....jatuh cinta bgt waktu pertama liat ini sekolah, ada kolam renangnya juga. Bahasa pengantar sih bahasa Indonesia tp mix sama English tp lebih banyak bahasa Indonesianya sih. Sayang sungguh sayang.....wkt mo daftar ternyata waiting listnya udah puanjanggggg,pdhal itu akhir thn,masih lebih dari 6bln lagi baru thn ajaran berikutnya. Wkt nanya PGnya aja,itu udah penuh, oh goshhhh...ya sutlah dg sedih aku balik badan nyari skul lainnya. Ibu ibu yg niat nyekolahin anak di sekolah ini,hrs jauh2 hari yah dafarnya sebelum antriannya jd panjanggg. Nt pas anak ke2 ku TK,thn 2014 sih rencn aku mo ngetekin ini sekolah jauh2 hari,hihi

2. Lazuardi Islamic School.
Ini sekolah inceran juga nih, metode pendidikan ok,biaya juga masuk budget 990rb/bln,ada pelajaran agamanya krn emang islamic skul. Fasilitas sekolah juga jgn ditanya deh,baguss.....sistem moving class juga,outdor playgroundnya ada 2 dan gede2,ada mini zoo(wkt dtg cuma monyet doank sih :p),mini farm,kolam renang.....baguslah menurutku,tp mungkin krn wkt berkunjung lg weekend jd kurang dibersiin aja itu sekolah. Tapi overall sih bagus. Cuma bahasa pengantarnya masih bahasa Indonesia,sebenernya gpplah nt bisa aku lesin untuk Englishnya, yg jd masalah terberat adalah jaraknya yg ternyata jauh,meskipun gak jauh2 bgt sih tapi jalan ke cinere lewat ciganjur(rmhku dijagakarsa) itu muacetto bgt klo pagi,krn jalanannya jg gak terlalu besar,dan antar jemputnya masih tentatif alias blom jelas bisa or enggak jemput ke rmhku. Jd ini sekolah gak bisa kita ambil :(

3. Citra Alam Ciganjur
Udah liat fisik sekolahnya,unik....gak berupa kelas tertutup selayaknya sekolah konvensional,kelasnya lebih mirip saung2 bertingkat gitu,tapi kata pengurusnya sih aman walaupun lg musim hujan. Tapi ya mungkin agak banyak nyamuk aja kali yah,hihi.....jalanannya juga agak licin kalau hujan. Tp kalau ortunya pgn ngajarin anak untuk bisa survive di segala kondisi,ini sekolah cocok kynya :)
Biaya sppnya 750ribu/bln (klo gak salah), trus ada pelajaran agama Islamnya. Jd sebelum mulai belajar anak2 berdoa dulu trus setiap hari sholat duha berjamaah. Bahasa pengantar masih bahasa Indonesia, Lokasi sekolah juga lumayan dkt dg rmh sekitar 10menitan,ada antar jemputnya juga sekitar 300-400ribuan. Fasilitas sekolahnya juga lumayan,permainannya banyakan permainan outbondnya,maklum namanya juga sekolah alam.
Hubby sih cocok sama ini sekolah,ayanya juga cocok, tapi aku kurang sreg aja,hihi....aku ngerasa dg aya yg aktif bgt gitu trus difasilitasi permainan2 outbond ky gitu....duhh takut anaknya makin tomboy,hihi....
Aku berfikir,klo untuk outdoor gt dg permainan outbonnya kynya cocoknya untuk liburan aja,klo untuk 2th disekolah sepertinya aku krg sreg aja (pendapat pribadi yah), dan lagi2 hubby mendukung,yeay!!

4. Sekolah Avicenna Jagakarsa
Fisik sekolah sih ok,metode juga ok,biaya juga lebih murah dari 3 sekolah diatas,ada antar jemput juga,bahasa pengantar masih bahasa Indonesia,jarak rmh ke sekolah juga lumayan dkt sekitar 15menitan.
Apa ya yg bikin aku gak milih sekolah ini???
Dari awal liat sekolah ini kliatannya gersang buat ukuran anak TK,kurang byk pohon,tampak panas,halaman bermain yg kurang besar dg playland yg seadanya.
Krn bangunannya bersatu dg SD,SMP dan SMAnya jd klo anak2 TKnya udah pulang,aku liat anak2 SD,SMPnya suka pd main di taman bermainnya TK itu,hihi.....pgn TK lagi kali tuh anak anak :D

5. Azhari Islamic School
Lokasi sekolahan dibelakang gedung Ratu Prabu lumayan deket sekitar 20menitan dari rmh,metode pendidikannya ok bgt paduan Cambridge dan kurikulum Kairo serta Diknas (klo gak salah lho ya),krn ini sekolah islam jd pelajaran agama islamnya lebih banyak. Bahasa pengantar juga bahasa Inggris, SPP per bulannya sekitar 450rban antar jemput 500an (klo gak salah).
Udah cocok sama sekolah ini,sampe udah beli formulir segala,tp dipikir2 ada yg masih ganjel untuk masukin aya kesana. Fisik sekolahnya biasa bgt, fasilitas sekolahnya juga mmmm....gmn ya,cenderung kurang sih,gak ada lahan untuk anak berlarian, playlandnya cm disediain 1kelas dg mainan yg seadanya.
Aku berfikir,untuk ukuran anak ku yg super duper aktif gt,kasian klo kurang difasilitasi dg area yg gak luas. Maka sekolah ini pun dicoret dari list daftar sekolah untuk Aya.

6. Madania Progressive Indonesian School.
Dalam kegalauan milih sekolah untuk anak ku,akhirnya nemulah sekolah ini :)
Lokasinya di Moh Kahfi I yg ternyata cuma 10menit dari rumah,pelajaran agamanya diajarin tp gak banyak,(ya gpplah nt aku masukin aya ke TPA aja buat belajar ngaji)dan bahasa pengantarnya English,metode belajarnya juga fun and active learning,dg student sbg centernya. Fisik sekolah yg juga bersih dan waktu trial banyak helpernya yg bantuin anak2 klo mau ke toilet,serta OB2nya yg tiap saat ngepel lantai (kek dimall,gak bs kotor dikit lsg di pel :p ) serta fasilitas sekolah yg bagus bgt menurutku krn ada mini kitchennya untuk anak2 belajar masak,ada swimming pool, library, ruang ntn DVD, mini lapangan bola, mini bank, mini market, mini studio tempat anak2 klo mo main ganti baju pake baju polisi,perawat,dokter dsb, trus ada fly fox segala, playground outdoor dan indoor,mandi bola,ahh segala adalah,hihi.....

Mengingat dan menimbang hal hal diatas,akhirnya aku menyerah untuk lsg aja gitu byr uang booking seat (kek mo DP in rumah aja ya,hihi). Soalnya cm sisa 2 seat lagi,jd hrs cepet (aneh jg yah bayaran mihil gini juga masih aja rebutan kursi :D)
Meskipun sebenarnya ini sekolah ada kelemahannya,yaitu bayarannya menurutku mihillll SPPnya 1,5jt/bln dan antar jemputnya 550rb,jd total untuk skul aya 2jtan sebulan. Tapi akhirnya sekolah ini yg aku 'n hubby pilih untuk aya menuntut ilmu selama 2thn ke depan.

Beruntung bgt hubby ngedukung dg semua pertimbangan2 diatas (sebenernya di racun sih dg omongan gw,hahahaha).

Dan setelah sekian lama menunggu,akhirnya hari ini, pihak sekolah nelp juga untuk bikin jadwal interview ortu,murid dan kepsek. Yeay......akhirnya......(kirain pihak sekolah udah lupa klo kita udah bayar hampir 50% dari uang pangkal :p ).

Sedikit penampakkan sekolahnya,liat poto dibawah ya :)












No comments:

Post a Comment