Thursday, January 15, 2015

KELILING JAWA BALI JALUR DARAT PART 1

Libur telah tiba... libur telah tiba.... horeee....horeee.....horeee.....


 
 
 

Begitu kira-kira kegirangan saya saat mendapati anak pertama saya yang sebenarnya baru duduk di bangku taman kanak-kanan mulai libur sekolah. Sebenarnya saat itu saya girang bukan karena akan pergi berlibur melainkan karena saya tidak perlu repot-repot bangun pagi untuk menyiapkan sarapan dan bekal sekolah si kakak *emak pemalas* :D
Kalau hanya bekal si papa sih 5 menit kelar, tapi kalo plus ngurus si kakak untuk nyiapin dia berangkat sekolah, nah itu yang rada ribet. Mulai dari bangunin, gotong ke kamar mandi, makein seragam sampe nyiapin bekal sekolah, baru selesai tugas saya saat dadah-dadah melihat dia berangkat diantar si papa.

Keliling Jawa Bali bukanlah tujuan utama liburan kami, karena liburan ini sesungguhnya hanya di jadwalkan untuk menginap 1 malam di sebuah resort di Anyer. Mengingat si papa susah sekali dimintai cuti, maka saya gak mau ber angan-angan untuk membuat jadawal liburan akhir tahun.

Jadi, liburan keliling Jawa Bali ini adalah liburan dadakan yang digagas hanya dalam waktu 4 hari saja! Gilak?? Emang!! Begitulah keluarga bolang ini dalam merencanakan liburan, selalu tak terencana dan mengalir apa adanya. Saat saya mulai mencari kegiatan liburan untuk anak-anak, si papa tiba-tiba ngabarin bahwa beliau akan ngambil cuti selama 5 hari. Tapi dengan cuti 5 hari itu justru dapat libur selama 14 hari. Koq bisa?? Karna banyak harpitnasnya, jadi cutinya cuma di hari kejepit nasional aja. Kalo sabtu minggu kan emang si papa libur. Koq bisa?? Bisa apaan?? Cutinya?? Ternyata kantor si papa closing per November, jadi auditnya sudah selesai 19 Desember dan hasilnya memuaskan, maka jadilah kita berlibur *girang*.

Pagi itu tanggal 20 Desember kami berangkat ke Anyer. Saya beserta rombongan yang terdiri dari si papa dan 2 anak beserta ibu, bapak dan kakak saya dan ada tambahan 3 anak lagi anak kakak dan adek saya yang sedang berlibur di rumah saya boyong semua ke Anyer. Hanya menaiki satu mobil dan ternyata cukup, yeay! Gak rugi ternyata punya Suzuki R3. Baris depan di isi si papa dan bpk saya, baris tengah di isi 3 dewasa (saya,ibu dan kakak) plus 2 anak 4&5thn. Baris ke 3 di isi oleh 3 anak umur 5, 7 dan 8 tahun. Muat?? Yap dimuat-muatin ajah!! Berangkatlah kita.



- HAWAII RESORT ANYER-

Jakarta - Anyer hanya ditempuh dalam waktu 3 jam sampai tujuan kami yaitu Hawaii Resort Anyer.
Setelah menunggu check in akhirnya kami dapat kamar. Ini pengalaman menginap saya yang ke 3x nya di hotel ini. Tidak seperti biasanya kali ini saya mendapatkan kamar paling ujung di lantai 3, menghadap pantai tapi viewnya tidak sebagus biasanya di lantai 4 dan menghadap kolam dan pantai. Sore itu aktivitas hotel lebih padat dari hari biasanya, dikarenakan libur sekolah. Kamar hotel yang tersedia saat itu hanya yang saya tempati, kalau ingin kamar lain kami perlu menunggu beberapa puluh menit lagi bahkan mungkin sampai 1 jam. Takut anak-anak keburu rewel, akhirnya saya ambil kamar itu. Waktu siang sih gak masalah, lumayan nice.


view from my room

Di dalam kamar tersedia mini kitchen, refrigerator, tv dan terrace yang menghadap ke pantai. Saat masuk sih gak masalah, tapi ternyata saat malam duhhh sungguh menyiksa! AC nya gak dingin bahkan anginya pun gak ada. Dengan cuaca yang tak berangin gitu, kamar jadi panas dan lembab. Anak-anak saya yang tidak terbiasa tanpa AC semua rewel gak bisa tidur. Sibuklah saya ngipasin mereka satu persatu sampe pegel. Si papa yang kebetulan kebangun karna kepanasan juga akhirnya marah dan menuju ke receptionist, saya sempat larang beliau marah disana mengingat hari sudah malam, tapi sepintas saya tetap denger si papa bilang : "hotel koq kayak kosan, sudah ikut member bayar mahal malah gak dapat AC". Gak lama si papa balik ke kamar sambil gotong standing fan yang dipinjami pihak hotel. "Nanti membernya gak usah diperpanjang bun, selama fasilitas dan pelayanannya gak diperbaiki" gerutu si papa sambil ngambil gambar kamar yang dipasangi standing fan. Saya sih cuma bisa bilang iyah-iyah aja wong duitnya beliau yang punya.


foto diambil oleh si papa saat sedang kesal


Tapi sungguh deh menurut saya hotel ini tuh paling nice dibanding hotel lainnya yang berjejer disekitar pantai Anyer. Paling terawat dan terlihat bersih. Tapi masalah tetap saja ada ya ditiap hotel. Kebetulah hotel ini masalahnya fatal banget, AC gak berfungsi dengan baik, bikin gak nyaman. 3x saya menginap disini, semua masalahnya sama. Beruntungnya pada saat menginap pertama kali saat musim hujan dan anginya banyak masuk ke kamar jadi hawa panasnya gak berasa meskipun gak pake AC. Saat kembali untuk ke 2x nya AC juga bermasalah, tapi beruntung udah terdeteksi sejak sore jadi langsung diperbaiki oleh tehnisinya. Nah yang 3x ini kerusakan AC gak terdeteksi, tiba-tiba malam hari panas aja gitu, keringat bercucuran akibat kepanasan, jadilah si papa naik darah. Harusnya saat low session AC di kamar diperbaiki semuanya kalau perlu ganti baru. Pagi hari saat acara coffee morning dan ajang perkenalan dengan sesama member, semua mengeluhkan masalah yang sama. Berarti masalah AC ini bukan hanya kami yang mengalaminya, sebagian besar kamar mengalaminya. Sayang rasanya kalo hotel ini kehilangan member gara-gara AC kamar gak berfungsi dengan baik, masalah AC ini fatal, menyangkut kenyamanan kami member Club Bali dan pengguna hotel. Terlepas dari masalah AC, hotel ini menyenangkan.

Fasilitas hotelpun lumayan lengkap, mulai dari bar pinggir kolam, restaurant, ruang karaoke, ruang billyar, ruang spa, ruang movie, minimarket dan yang paling TOP adalah water parknya. disini tersedia banyak kolam, mulai dari kolam batita, balita, hingga kolam dewasa. Seluncurannya pun terdiri dari beberapa tipe, mulai dari yang kecil tempat balita belajar seluncur, hingga seluncuran tinggi melingkar untuk dewasa. cukup menyenangkan menghabiskan waktu di area kolam ini. Meskipun saat itu saya tidak ikut nyemplung di kolam, tapi keriaan anak-anak terdengar hingga kamar yang kami tempati.


pool view from my room

 
 
Cukup mendengar keriaan anak-anak yang saat itu ditemani enin dan akinya (baca: nenek dan kakek), saya pergi ke pinggir pantai untuk menunggu sunset. Satu hal yang paling favorite saya lakukan saat menginap di hotel ini adalah duduk dipinggir pantai, mendengar deru ombak beradu dengan bebatuan, menunggu sunset dengan latar pemandangan anak gunung Krakatau yang berdiri tegak di kejauhan dan sendirian, menyenangkan banget kaaaann??? eh si papa mana?? TIDUR! Ini kan bukan dalam rangka bulan madu, jadi nyampe hotel si papa langsung tidur  -__-'
 
 
 

 

Selesai dengan sunset saya kembali ke kamar dan mendapati anak-anak sudah selesai mandi dan sedang makan malam. Senangnya liburan bawa enin akinya, jadi ada yang bantu ngurusin anak-anak *lagi-lagi pemalasan* :D

Tak terasa malam menjelang, terjadilah insiden kepanasan itu, luar biasa menyebalkan! Di liburan yang harusnya isinya senang-senang terselip kekecewaan. Pagi harinya anak-anak di temani si papa menjajal kolam renang untuk ke 2 kalinya sebelum check out. Selesai berenang, enin dan si papa bawa anak-anak ke restaurant tempat kami di undang untuk menghadiri acara coffee morning dan perkenalan sesama keluarga member Club Bali. Lumayan menyenangkan, bisa sedikit melupakan kekecewaan akibat kasus AC (tapi tidak bagi si papa, beliau tetap kesal). Disana anak-anak diajak menari ala hawaii bersama-sama, sambil disuguhi beberapa macam kudapan kecil.

Restaurant



Siang menjelang, ucapkan selamat tinggal pada Hawaii Resort Anyer. Sebelum pergi pihak receptionist sempat meminta maaf kepada saya karena ketidak nyamanannya. Sedangkan si papa sih ora urus, dia mah uda di mobil sejak saya ngurusin check out :D


si unyil yg pengen ikutan numplek di belakang :D


(bersambung part 2)

2 comments: