Saturday, September 09, 2017

CARA MENUJU PUSAT KOTA TOKYO DARI NARITA & HANEDA




 

Jika kamu berkunjung ke Jepang dan tiba di Tokyo ada 2 bandara yang dapat menjadi pilihan, yaitu Bandara Internasional  Haneda dan Bandara Internasional Narita. Haneda memiliki jarak yang lebih dekat ke pusat kota Tokyo dibandingkan dengan Narita.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk menuju pusat kota Tokyo dari Bandara Internasional Haneda & Narita.

Akses dari Bandara Internasional Narita :

1. NEX EXPRESS (Narita Express).
Kereta Narita Express menghubungkan stasiun-stasiun besar di daerah Tokyo. Berangkat 30 menit sekali pada jam sibuk pagi dan sore, dan 1 jam sekali pada siang hari. Kereta ini memiliki ciri berwarna merah dan hitam, kesan elegant sangat terasa saat melihat exterior maupun interior kereta ini. Kereta ini bebas biaya bagi pemegang JR pass dengan terlebih dahulu melakukan aktivasi JR pass melalui JR Travel Service Center yang ada di bandara.

Rincian biaya Nex Express (one way):
  • JR Tokyo Station 1 jam = 2,940 yen
  • JR Shinagawa 1 jam 10 menit = 3,110 yen
  • JR Shibuya 1 jam 15 menit = 3,110 yen 
  • JR Shinjuku Station 1 jam 20 menit = 3,110 yen
  • JR Ikebukuro Station 1 jam 25 menit = 3,110 yen
  • JR Yokohama Station (Kanagawa) = 1 jam 30 menit = 4,180 yen
  • JR Omiya Station  (Saitama) 1 jam 50 menit = 3,740 yen
  • JR Takao Station 2 jam 8 menit = 4,500 yen
Setelah melakukan pembelian, kamu dapat segera menuju lokasi kereta, karena biasanya waktu tunggunya hanya sebentar.


2. Kesei Skyliner
Bagi kamu yang sudah memesan hotel di sekitar Nippori dan Ueno, mungkin dapat mempertimbangkan untuk menggunakan kereta ini, karena kereta Kesei Skyliner hanya berhenti di stasiun Nippori dan stasiun UENO. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 36 menit dari Narita menuju stasiun Nippori dan 41 menit untuk mencapai stasiun UENO dengan biaya 2,400 yen per sekali jalan. Perlu di ingat, kereta ini memiliki jalur lintasan yang berbeda dengan kereta JR, sudah tentu jenis kereta Kesei tidak tercover oleh JR Pass. Lokasi stasiun kereta kesei di Nippori maupun di Ueno, keduanya terkoneksi dengan stasiun JR Nippori dan sangat dekat dengan lokasi stasiun JR UENO.


3. Kesei Main Line
Ini adalah jenis kereta kesei  dengan biaya versi murah yaitu sekitar 1,300 yen. Kereta ini adalah kereta umum tanpa reservasi tempat duduk dan berhenti di tiap stasiun kesei. Bagi kamu yang memilih menginap di sekitar Nippori maupun Ueno dan ingin menghemat biaya transfer bandara, dapat menggunakan kereta jenis ini.


3. Airport Limousine Bus.
Ini adalah bus khusus bandara dengan harga 3,100 yen per sekali jalan. Bagi kamu yang gak mau pusing dengan koper, sebaiknya menggunakan airport limousine bus, karena koper akan langsung masuk di bagasi bus dan akan diturunkan di tempat tujuan tanpa repot menggeret koper di dalam stasiun. Bus ini juga berhenti di beberapa hotel besar di berbagai kasawan termasuk Asakusa, Ginza, Shibuya, Roppongi, Shinjuku, Shinagawa dll. Untuk tujuan hotel, sebaiknya pastikan dahulu karena tidak banyak bus yang langsung menuju hotel (sdh ada time tablenya). Bagi kamu yang akan langsung menuju kawasan Tokyo, Shinjuku, Kawasan Disney Resort, bus ini dapat menjadi pilihan yang tepat.


4. Tokyo Suttle ( Keisei Bus ).
Ini pilihan termurah untuk menuju pusat kota Tokyo dari Narita. Biayanya hanya 1,000 yen sekali jalan. Bagi kamu yang ingin ke Tokyo menggunakan Tokyo suttle, bus ini berhenti di stasiun Tokyo Yaesu exit, no transfer langsung sampai stasiun Tokyo dan berangkat 20 menit sekali.




Sementara bagi kamu yang tiba melalui bandara International Haneda, juga ada 4 pilihan moda transportasi menuju pusat kota Tokyo.

Akses bandara Internasional Haneda :

1. Menggunakan Monorail.
Jenis kereta ini tercover oleh JR Pass, jadi kalau JR pass kamu sudah langsung aktif hari itu, maka otomatis kamu free menggunakan monorail dan semua jenis kereta di jalur JR. Jika kamu tidak memiliki JR pass maka kamu dikenai biaya 490 yen hingga stasiun Hamamatsuco dan kamu harus berganti kereta menggunakan JR maupun subway sesuai tujuan mu dengan biaya tambahan.


2. Keikyu Airport Express.
Dari Haneda International Airport menuju stasiun Keikyu Shinagawa dapat ditempuh dalam waktu 13 menit, dengan biaya 410 yen per satu kali jalan.


3. Menggunakan Bus.
Ada 2 jenis bus yang dapat digunakan, yaitu:
- Airport Limousine Bus.
Ini adalah pilihan yang paling nyaman diantara 2 pilihan transportasi diatas. Karena dengan menggunakan bus, kita tidak akan direpotkan oleh urusan angkut dan dorong bagasi di dalam stasiun kereta. Ditambah lagi kita dapat memilih berhenti di hotel-hotel besar dikawasan Metropolitan Tokyo ataupun berhenti di kawasan Disneyland. Bus ini berhenti di stasiun Tokyo, dan di halte bus Shinjuku dengan biaya 1,230 yen per sekali jalan.

- Keihin Kyuko Bus hampir sama dengan Aiport limousine bus dan memiliki banyak tujuan, diantaranya Tokyo, Shibuya, Kita Senju, Osaki, Omori, Kamatama, Tokyo Big Sight (Odaiba) dan Tokyo Disney Resort. Biaya menaiki bus ini bervariasi tergantung tujuan, untuk tujuan Shibuya (Shibuya Mark City) di patok harga 1,030 yen per sekali jalan.


4. Taxi.
Jika pada akses Narita saya tidak mencantumkan biaya taxi, karena saya tidak merekomendasikan penggunaan taxi dari Narita menuju pusat kota Tokyo dikarenakan harganya yang sangat tinggi. Untuk satu kali jalan, dari Tokyo Skytree menuju Narita dengan waktu tempuh sekitar 1jam, saya membayar 3 juta rupiah belum termasuk biaya tol.




Sementara untuk penggunaan taxi dari Haneda menuju pusat kota Tokyo, bagi yang tidak mau repot dan datang dengan rombongan terdiri dari 4 orang, penggunaan taxi dapat dijadikan pilihan. Sebagai gambaran, biaya taxi dari Haneda menuju Roppongi sekitar 700 ribu rupiah, dapat di naiki oleh 4 orang.

Demikianlah cara menuju pusat kota Tokyo dari bandara Haneda dan Narita.
Semoga artikel ini dapat membantu :)

No comments:

Post a Comment