Wednesday, January 06, 2016

10 HAL YANG DAPAT DILAKUKAN DI GILI TRAWANGAN

Mantai di pulau untuk beberapa saat tidak lantas membuat kita mati gaya, khususnya jika mantainya di salah satu gili yang terdapat di Barat Laut Lombok yaitu Trawangan. Ada beberapa kegiatan yang dapat kita lakukan setibanya di gili Trawangan, diantaranya:

1. Bersepeda
Gili Trawangan ukurangnya tidaklah besar, hanya seukuran panjang 3 km dan lebar 2 km saja. Untuk dapat mengelilingi seluruh gili Trawangan cukup diperlukan waktu 1-1,5 jam bersepeda. Biaya untuk dapat menyewa sebuah sepeda seharian penuh mulai harga Rp 35.000 - Rp 50.000.









2. Snorkeling

Bergabunglah dengan salah satu operator snorkeling  yang banyak tersebar diberbagai lokasi di gili Trawangan. Harga yang ditawarkan tidaklah begitu mahal. Cukup membayar Rp 85.000 kamu dapat bersnorkeling di beberapa spot di 3 gili: Trawangan, Air, dan Meno. Jika beruntung, kamu akan mendapatkan harga Rp 50.000 saja lhoo... hehee ini yang terjadi pada saya saat berlibur di gili Trawangan Desember 2015 lalu.



3. Diving
Seperti halnya snorkeling, bergabunglah dengan operator diving yang berada di gili Trawangan untuk mendapatkan sensasi diving dengan spot yang boleh dibilang cukup bagus ini.

karang dan ikan ikan kecil dapat dilihat di sekitar harbor, uda kebayang gimana indahnya jika diving??


4. Jogging
Isi hari mu dengan lari mengelilingi wilayah gili Trawangan. Pagi menjelang sunrise dan sore hari menjelang sunset adalah waktu yang tepat untuk memulai aktivitas jogging. Gili Trawangan tidak begitu padat dengan wisatawan sehingga jogging jadi alternatif olah raga yang menyenangkan.

menikmati sunset selepas jogging


5. Berselancar
Beberapa bagian pantai di gili Trawangan memiliki ombak yang cukup baik untuk peselancar pemula. Pantai yang biasa menjadi tempat berselancar ada di bagian Barat gili Trawangan.



6. Bermain kano
Di beberapa spot pantai tersedia tempat penyewaan kano, kamu dapat bermain kano di pantai dengan mencari spot pantai dengan ombak yang bersahabat. Spot terbanyak pemain kanonya ada di sebelah kiri Trawangan harbor jalan sekitar 200 meter dari harbor.



7. Berkuda
Kamu dapat menggunakan jasa sewa kuda untuk menggelilingi tepian pantai. Sensasi yang ditawarkan sungguh menakjubkan.



8. Yoga
Lepaskan fikiran, lemaskan otot-otot mu, mulailah bermeditasi dikelilingi alunan suara ombak ataupun keheningan Trawangan. Kamu dapat mengikuti kelas yoga yang paketnya tersedia di beberapa hotel. Tanyakan mengenai paket ini kepada receptionist tempat kamu menginap. Dijamin selepas liburan jiwa mu menjadi jauh lebih tenang.

9. Mengumpulkan sampah
Miris ya mendengarnya?? Tapi sepertinya gili Trawangan butuh relawan untuk memunguti sampah yang bertebaran di beberapa sisi pantai. Sungguh sangat disayangkan, pantai yang indah ini harus ternoda oleh ulah manusia tanpa aturan. Jika kamu tidak berjiwa relawan tapi termasuk salah satu wisatawan yang perduli lingkungan, setidaknya #serius tolong "JAGA KEBERSIHAN" karena negeri ini teramat cantik untuk dikotori.


bertebaran sampah botol plastik di tepi pantai


10. Malas-malasan.
Malas beraktivitas selama liburan?? Saatnya untuk menggunakan fasilitas hotel, baik itu spa, massage pinggir pantai, hadap pantai atau sekedar leyeh-leyeh di kursi malas sambil memandang ke arah ombak pantai yang terus bergemuruh.



Selanjutnya berserah pada alam, biarkan alam membawa imajinasimu mengalir kian kemari, menikmati keindahan Sang Pencipta. Terima kasih Tuhan, telah Kau ciptakan negeri seindah ini.

Selamat berlibur di gili Trawangan :)

No comments:

Post a Comment