Tuesday, September 30, 2014

JANGAN PERNAH NAIK TAXI DI JEPANG!

Narita Airport
Masih dengan cerita tentang liburan saya di Jepang, saya cuma mau menginfokan "jangan sekali-sekali nyoba naik taxi di Jepang kalo kamu gak megang duit banyak!".
eh, beneran ini.... saya gak bercanda!
Kalo di Indonesia naik taxi itu hal yang biasa tapi tidak sama halnya dengan di Jepang. Berhubung sistem transportasi Jepang yang canggih dan terkoneksi satu dengan lainnya, rasanya opsi untuk memilih naik taxi sangat tidak dianjurkan.
Kenapa??
MAHAL GILAKKKK!!
Jadi ceritanya hari terakhir di Jepang sekembalinya saya dari Odaiba, harusnya tuh saya menginap di salah satu hotel di daerah Narita. Saat bertolak dari Odaiba waktu sudah menunjukkan pukul 09.00 malam. Saya perkirakan mungkin masih sempat ke Narita karna saya sudah menghubungi pihak hotel untuk check in sekitar pukul 11.00 malam.
Tapi tanpa disangka, saya tiba di stasiun Shinjuku sudah pukul 10.00 malam dan masih harus mencari letak locker tempat saya menyimpan koper-koper. Lho koq bisa?? ya bisa lah kakak stasiun Shinjuku segede gaban dan saya lupa kalo ternyata koper saya tersimpan dilocker tempat menaiki kereta JR.

Ceritanya mundur lagi deh....
Jadi waktu saya check out dari rumah si Tao di Koganei saya kan menggunakan kereta JR, lalu sebelum keluar dari gate JR saya menyimpan koper saya di salah satu locker disana. Nah sekembalinya dari Odaiba saya yang menggunakan Tokyo subway&metro dibuat kebingungan gimana ngambil koper saya di tempat naik kereta JR?? Alhasil saya harus membeli satu tiket jurusan sembarangan (asal bisa masuk) untuk dapat mengambil koper-koper saya. Ticket keretanya gak murah kakaaaak, sekitar 20 ribuan *mewek*
Sialnya lagi, karna sudah hari terakhir si pocket wifi saya sudah habis masa penggunaannya dan harus saya matikan segera, klo gak saya bakal kena cas lagi dan harganya lumayan juga. Lho kenapa sial?? Ya jadi hrs beli 2 tiket JR donk, masak si papa mo saya tinggal diluar dan saya kedalam sendirian?? iya kalo selamat, kalo salah satunya lenyap gimana hayoooo, secara uda gak bisa make whatsapp dll dan koneksi telpon pun matot....iih sereeemmm....

Jadilah tengah malam itu saya dan si papa kesana-kesini nyariin itu locker yang letaknya semua hampir sama persis. Mo pingsan rasanya, udahlah lelah, ngantuk....lapar pula! *nangis beneran*
Tapi alhamdulillah ketemu juga tu locker dan segera saya angkut keluar. Sangking buru-burunya sampe lupa kalo saya masih naro celana panjang di locker itu dan gak masuk ke koper, ketinggalan deh gak ke bawa balik ke tanah air.

Kesialan berlanjut, saya menelpon pihak hotel nanya arah jalan menuju Narita, dan karna masih punya tiket metro&subway yang masih berlaku rencana saya menggunakan subway aja sampai stasiun terujung lalu nyambung ke Narita dengan menggunakan bus. Tapi lagi-lagi sial, pihak hotel bilang dari ujung stasiun subway lokasi hotel masih sangat jauh #gubraggg

Ya udahlah atas inisiatif saya yang dodol ini, akhirnya kita naik subway lah ke arah skytree dengan pertimbangan bus menuju Narita dari Shinjuku station sudah tutup ada lagi di stasiun skytree. Sampai stasiun skytree ketemu sama beberapa orang mabuk yang lagi ngobrol-ngobrol, nah itu udah jam 11.00 yang artinya tiket subway saya dan si papa 1jam lagi expired. Jadi keluarlah kita dari stasiun dan berharap masih ada bus, dan dodolnya, di Jepang itu gak kayak di Indonesia yang bus selalu ada 24 jam nonstop. Disana bus menuju bandara pun cuma sampai jam 08.00 malam. Trus saya dan si papa harus gimana?? Tidur aja gitu di stasiun nunggu bus jalan jam 5 pagi?? Saya sih mau aja, tapi si papa khawatir keselamatan saya. Jadi tanpa mikir lagi beliau langsung manggil taxi yang sudah berderet rapih di depan stasiun dan hanya itu satu-satunya akomodasi yang bisa digunakan.

Sempat deg-degan waktu masuk taxi, karna baca review dari orang-orang jangan pernah naik taxi selama di Jepang karna kabarnya mahal. Itu baru kabarnya kan ya.... tapi belom pernah ada yang naik kan??
Sempat saya menghibur diri bilang ke si papa: siapa tau harganya sama dengan ongkos 2 orang naik Narita Express, sambil setengah tidur si papa nge iyahin aja, dan terlelaplah dia. Sementara saya sibuk berdoa tentunya, supaya bayarnya gak kemahalan, hahahaha

Ternyata yah.... kondisi taxinya biasa aja tuh kakak, dalemnya pake cover kain putih gitu, bersih sih tapi mobilnya mobil jadul. Supirnya sih pake blazer dah berasa kek pejabat aja nih yang naiknya. Beberapa hari di Tokyo dengan perjalanan selalu menggunakan transportasi kereta bawah tanah, bikin saya lupa untuk menikmati bagaimana rasanya menggunakan mobil di Jepang. Ternyata sensasinya luar biasa, bisa melihat kota dari dekat sambil mobil terus melaju, melihat kerumunan penyebrang jalan, gedung-gedung pencakar langit sampai melihat kecanggihan sistem tol di Jepang. Jadi selama perjalanan, saya merasa sudah berkali kali melewati pintu tol tapi si supir gak ngeluarin duit untuk bayar tol. Kenapa?? Emangnya di Indonesia.... Disini mobil sepertinya dipasangi chip, jadi tiap melewati pintu tol chip di dalam mobil berbunyi trus ada keterangannya kita sudah lewat tol mana dan gerbang ke buka. Cara bayarnya mungkin nanti langsung dimasukkan tagihan ke pihak pengelola taxinya, entahlah.....saya gak mau mikir!

10 menit perjalanan argo berjalan lambat, saya berdoa dalam hati semoga gak bayar lebih dari 1 juta. Harga segitu aja udah bikin nyesek, mending sewa hotel aja sekalian. Tapi si papa gak mau pusing, dia bilang malam ini kita nginep di bandara aja, supaya besok pagi sudah bisa langsung check in pesawat. Baiklah, kita cus ke bandara! Tau kan ya kalo dimana-mana yang namanya bandara jarang ada di tengah kota, butuh waktu paling gak 30 sampai 1 jam untuk sampai di bandara. Nah ini kasusnya, saya naik taxi di Jepang ke bandara dan memakan waktu satu jam kakaaaaak.

Ngelewati jalanan Jepang yang banyak banget lampu merahnya, jalan dikit ada lampu merah, jalan lagi uda ada lampu merah, banyak kali berhentinya!! Dimana ada zebra cross pasti ada traffic light nya. Dan ini bikin saya frustasi, kapan nyampenya?? Argo oy...argoooo....

Setelah satu jam tempat yang dituju akhirnya ada di depan mata, yup....Airport!
Tapi cerita belum usai, ternyata si supir keliling-keliling nyari pintu masuk keberangkatan. Saya udah sebel aja sama itu supir, duhhh liat argo udah bengkak pintu masuk gak nemu juga, harus turun dimana inih??
Ada kali 15 menit muterin airport si papa mah nyantai aja, saya udah dongkol dalam hati, eh tau-tau si supir ngamuk ke security bandara. Saya pun lemas dibuatnya!

Mau tau kenapa dia ngamuk?? Ternyata Narita airport itu sudah ditutup sejak pukul 11.00 malam, nih info untuk para traveler jangan datang ke Narita airport lewat dari jam segitu! Pintu masuk semua ditutup, lampu semua padam dan gak ada tuh aktivitas lain di dalam dan luar bandara kecuali si supir taxi yang ngamuk-ngamuk.
Ceritanya dia ngamuk karna security Narita 1 nyuruh si supir masuk lewat Narita 2, dan si security Narita 2 nyuruh masuk lewat Narita 1, sementara kedua pintu masuk Narita 1 dan 2 udah ditutup. Jadi ngamuklah tuh si supir, penumpangnya harus diturunin dimana?? Si supir sempat telp pihak kantornya minta bantuan sepertinya dikasih masukan minta security bukain pintu buat penumpang dia. Dari bahasa si supir sih saya mencernanya: " ini penumpang dari Indonesia mau masuk ke bandara tolong bukain pintu kasian argonya udah gede dari tadi muter-muter muluk!" gitu lah kira-kira si supir neriakin security sambil ada adegan ngegebrak kap mobil. Si papa yang dari tadi tidur pun sampe bangun tergaket-kaget.

Saya dengar berkali -kali supirnya bilang : Indonesian.... Indonesian gitu, dan akhirnya si security ngalah, dibukainlah tuh pintu bandara yang gelap gulita, dan saya juga si papa dimintain passport dan tanda tangan buat keterangan menginap di bandara. Ternyata eh ternyata, di dalam banyak juga turis asing yang juga bermalam. Lalu apa kabar hotel yang saya pesan di Narita?? hahaha.... saya udah dapat konfirmasi dari pihak hotel "no show" katanya :D
Dan berapa biaya taxi saya?? eng...ing....eng..... 3 juta sajah sodara-sodara! *pingsan*

Argo saat masuk dan saat keluar (belum termasuk tol/beda bill)







7 comments:

  1. huaa mahalnya, langsung diinget2 gak bakalan mau naik taxi di jepang hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sumpah jangan deh, itu seharga 1 ticket AA JKT-TOKYO :'(

      Delete
  2. Wah... ini sih horror sis !
    Taxi di Jepang mengerikan mahalnya.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangett!! Tarif buka pintu aja hampir 100rb rupiah :(

      Delete
  3. mbaknya naik taksi dari tokyo ke narita tu ada sampai 90 kilo,wajar dunk bayar 3juta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eiiiimmmm.... padahal klo di Jakarta jarak segitu cuma sekitar 200ribuan aja yah. Japan emang luar biasa.

      Delete
  4. hihihi ..... Jepang memang horor yaaaa ..... pengalaman yang luar biasa ...
    Krn anakku tinggal di Jepang, dia sdh wanti2 banyak hal yang ga boleh aku lakukan klo mau irit ..... karena tiap 3 bulan aku kesana .....

    ReplyDelete