Monday, September 22, 2014

Malioboro dulu dan kini

Sumpah yaaa.... selama liburan lebaran kemarin ke Yogyakarta, aku gak dapet suasana Yogyanya. Dulu itu tiap ke Yogya terasa adem bawaannya, keramahan penduduknya, adat istiadatnya yang masih kental, daaaan Malioboronya yg asik buat di tongkrongi malam-malam. Tapi semua itu sirna, saat lebaran lalu aku berlibur disana.


Macettttt paraaahhh, Malioboro bak cendol kepenuhan di gelas, pusat belanja pun sulit ditembus, sungguhhh luarrrr biasaaaaaa! Sejenak aku berfikir, ini Jakarta atau Yogya sik?? Kamu tau mirota kan yah, toko batik yang terkenal murah itu, nah waktu aku kesana mirota itu sangattttt tidak layak dikunjungi. Mau masuk aja desak-desakanan melebihi crowdednya jalanan Jakarta. Tas udah wajib di peluk aja kayak emak takut kehilangan anak, ditambah lagi bagian informasinya teriak melulu ngingetin : kepada para pengunjung di harapkan tetap waspada, tas dan dompet harap di pegang baik-baik, hati- hati copet berkeliaran. Meskipun gak persis banget, tapi ya gitu lah kira-kira isi pengumumannya. Udah tau crowded, tapi aku tetap aja yah masuk ke mirota dan cuma bisa beli 3 potong batik buat si kakak sekolah. Gimana lagi donk, tanggung uda di depan mirota, moso sik gak masuk?? uda masuk moso sik gak beli?? hahaha.... #alasan

Malam itu aku putuskan untuk nonkrong di seputar malioboro, niatnya sih ngaso tapi kenyataannya boro-boro lah.... jalan aja susah, gimana mau ngaso di tempat makan lesehan. Makan aja kayak pada rebutan. Ditambah lagi harga makanan naik mendadak selama lebaran. Hari itu Malioboro gak ramah di suasana dan gak ramah di kantong! Makan di lesehan pinggir jalan pun untuk 1 orang aku menghabiskan 40ribu an. Apa bedanya sama makan di dalam mall?? Beda tipis kan yaaa... yaaa?? (tergantung menu sik :D).

Untung lah harga becak keliling Malioboro dan sekitarnya masih tergolong murah. Udah diajak ke tempat batik-batik, ngelewati keraton, ke toko kaos khas Yogya sampe ke toko bakpia, seputaran sampe kembali ke tempat asal cuma 20 ribu rupiah aja. Gak tega sih bayar segitu jadi aku bayar dilebihin dikit (dikit bgt) hahahaha...




Lumayan sedikit terhibur saat bisa borong bakpia dan oleh-oleh lain khas Yogya, terhibur juga waktu lewat dekat alun-alun tempat berkumpulnya para seniman jalanan. The krucils liat pocong, kunti dan berbagai hantu bukannya takut malah minta photo bareng, tentu saja aku tolak.... wong nanti tu foto bakal ada di hp ku.... hiiiiii sereeeeemmmmm.....

Satu lagi nih yang malam itu menghibur saat nongkrong di Malioboro, pengamen jalanan yang bawain lagu ala-ala orkestra.... menghibur sekaligus lucu, karna sambil memainkan alat musik, sesekali sambil markirin mobil, motor dan andong yang lewat, sungguh memori yang tak terlupakan!



Yogya.... suatu saat aku kan kembali, tapi gak saat lebaran!

No comments:

Post a Comment