Thursday, May 15, 2014

BERLIBUR KE JEPANG, MURAH ATAU MAHAL? (UPDATE)

Tokyo Tower
Berhubung banyak dapat pertanyaan dari teman-teman berapa budget yang telah saya habiskan selama 6 hari di Japan, maka postingan ini saya buat sebagai gambaran biaya yang saya keluarkan. Postingan ini bukan merupakan acuan dalam menyusun anggaran liburan. Tapi kalau mau di jadikan gambaran, silahkan.

Jadi ya, liburan itu berapa budget yang harus disiapkan tergantung dari duit style kamu. Banyak style yang digunakan orang dalam berlibur. Back packer, flash packer, atau pun ala koper dorong seperti saya,hehe....Apapun style mu, pastikan itu memang yang paling nyaman buat kamu. Dana yang dihabiskan bisa jadi masing-masing orang berbeda-beda, ada yang menghabiskan hanya 2,5 juta rupiah selama 5 hari di Jepang, seperti dalam buku yang di tulis oleh Claudia Kaunang "2,5 juta keliling Jepang" tentunya ini belum termasuk tiket pesawat ya. Ada juga yg menghabiskan lebih dari 10 juta rupiah untuk 5 hari di Jepang. Jadi biaya itu pasti akan berbeda-beda meskipun jumlah hari dan tujuan negara dan objek wisata yang dikunjungi mungkin sama.

Lalu apa yang membedakan jumlah biaya liburan?

Pertama Maskapai, ada yang low cost semisal airasia dan jet star. Dan banyak maskapai lain yang harganya 2 sampai 3x lebih mahal dibanding maskapai low cost, semisal Garuda Indonesia, Singapore Airlines, MAS, Thai, JAL, Cathay Pasific,dll. Tentunya tingkat kenyamanannya pun berbeda dengan maskapai low cost ya. Kalau kamu tidak bermasalah dengan kenyamanan, maskapai low cost dapat menjadi pilihan.

Kedua akomodasi, dimana kamu akan menghabiskan malam-malam selama di negara tujuan itu sangat berpengaruh untuk budget. Ini juga kembali ke tingkat kenyamanan, bila kamu merasa keberatan buang banyak uang untuk hotel, kamu dapat menginap di budget hotel atau pun hostel yang tersebar di seluruh dunia, yang harganya tentu saja jauh lebih murah di banding hotel berbintang.

Ketiga Makanan, apa yang kamu makan berpengaruh juga kan ke budget. Misalnya kamu hanya akan makan direstaurant besar, atau kamu hanya akan membeli makanan di pinggir jalan, semua berpengaruh ke budget.

Ke empat, transportasi selama di negara tujuan. Ini juga berpengaruh, misalnya mengunakan subway, metro, kereta biasa, kereta express, bus,taxi atau hanya akan jalan kaki dll. Ini juga sangat mempengaruhi biaya keseluruhan dari perjalanan mu.

Ke lima biaya masuk objek wisata. Di Jepang sendiri banyak objek wisata yg gratis, tapi yang berbayar gak kalah banyaknya dan sudah pasti jauh lebih bagus dibanding yang gratisan (meskipun tidak selalu). Misalnya untuk merasakan ada di ketinggian 350m Tokyo Skytree, minimal kamu harus merogoh kocek 2060 yen, untuk sampai di ketinggian 450m kocek yang harus kamu relakan sebesar 3060 yen setara dengan 339.660 rupiah dengan nilai tukar yen 111. Tapi bila kamu cukup puas hanya dengan berfoto di bawah menara Skytree, maka kamu akan dapat menghemat uang sejumlah diatas.

Ke enam dan yang terakhir biaya shopping.... nah ini yang bahaya,hihihi..... biaya ini tergantung dari lapar mata, gak perlu-perlu amat juga kadang dibeli dengan alasan siapa tau nanti perlu. Gak butuh juga tetap dibeli dengan alasan lucu dan murah kapan ke sini lagi dan selalu ada beribu alasan lain untuk belanja!
Beruntung kalau kamu bukan tipikal yang suka belanja atau tipikal yang bisa ngerem kapan harus belanja kapan tidak. Tapi kalau kamu tipikal kayak saya yang gatel kalau gak ngeluarin duit, dijamin bahaya,hahaha

Tokyo
Jalanan depan Tokyo Imperial Palace
Lalu berapa jadinya biaya yang harus saya keluarkan untuk bisa liburan di Jepang?
Saya berangkat pergi-pulang menggunakan Garuda Indonesia dengan kelas ekonomi harga terendah sekitar $791,29. Untuk hotel saya menginap di Keio Plaza Hotel Shinjuku selama 3 malam (gratis dari kantor hubby) dan 2 malam menyewa 1 kamar di rumah penduduk Jepang (bayar sendiri). Untuk makan rata-rata sehari saya menghabiskan 3000 yen (pagi sarapan di hotel, jika siang malas makan, biasanya malam porsi makan saya jadi double :D). Untuk transportasi selama di Jepang saya menggunakan subway, metro, kereta express, taxi dan banyak jalan kaki. Untuk objek wisata, saya memasuki objek wisata yang semuanya berbayar (cuma 2 temple yg gratis). Untuk belanja oleh-oleh lumayan menguras persediaan yen saya selama di Jepang (baru sadar setelah di Jakarta).

Jadi berapa totalnya?? ya diatas perkiraan sayalah (incl airport tax di Jakarta, beli camilan, obat-obatan selama di Jepang, dan belanja pribadi). Mahal?? IYAH! *jangan di contoh*
Tapi kalau gak pake belanja, gak pake naik taxi, biaya makan dihemat, bawa obat-obatan sebelum berangkat dan pergi pulang dengan maskapai low cost, segini kira-kira dana yang dikeluarkan: Rp. 10.000.000 - 11.000.000 sudah plus penerbangan pergi pulang selama 6 hari (UPDATE 2016 TOUR TOKYO dan sekitarnya include tiket Disneyland), Penginapan cari yang 300 ribu -350 ribu per malam (dorm). Jadi total minimum budget 5 malam di Jepang menggunakan maskapai low cost harga promo, sekitar Rp. 10.000.000.
Murah?? ya bisa jadi segitu buat yang memang bisa hemat dan dengan catatan pergi sendiri tanpa ikut tour dari travel agent dan tanpa tour guide.
Tapi kalau mau amannya, untuk kunjungan 5 malam di Jepang sebaiknya sediakan dana cadangan. Seandainya dapat tiket pesawat lebih murah, sisa uangnya kan bisa di simpan buat belanja oleh-oleh, hehe (yuuu shopping!)

Perlu diketahui bahwa biaya hidup rata-rata orang Jepang itu sekitar 10,000 yen atau sekitar 1 juta 300 rupiah per hari (kurs 131). Tapi perlu juga di ingat, bahwa kita bukan orang Jepang, jadi pasti akan bisa survive di Jepang dengan biaya hidup yang lebih kecil, bukan kah sudah biasa? hehe
Jadi masih takut untuk mewujudkan mimpi jalan-jalan ke Jepang??

Kapan-kapan saya akan buat tour murah ke Jepang, ada yang minat?? Silahkan hubungi saya *_^

UPDATE:
Berhubung banyaknya peminat tour Japan, saat ini saya sudah memberangkatkan beberapa gelombang tur ke Jepang yang pergi didampingi saya. Untuk melihat detail2 tour yang saya adakan silahkan klik link
berikut ini :
Tour Jepang October 2015 (MUSIM GUGUR)
Tour Jepang April 2016 (MUSIM SEMI/SAKURA)
Tour Jepang November 2016 (MUSIM GUGUR)
Tour Jepang Januari 2017 (MUSIM DINGIN)
Tour Jepang Maret 2017 (MUSIM SEMI/SAKURA)

Untuk melihat review pengalaman tour Japan bareng saya, silahkan klik link berikut ini :
Review Private Tour Jepang May 2015
Review tour Jepang October 2015
Review  tour Jepang April 2016
Review Private tour Jepang April 2016 

Link akan terus di update saat ada pembukaan trip baru :)

 









270 comments:

  1. Mauuu.. Ayooo mba kapan2 tour murah ke jepang yaa.. Yg ga melebihi 5juta sminggu. Haha

    ReplyDelete
  2. seminggu kayaknya 8jt an masih bisa Nia, klo 5juta cuma kepake beli tiket pswt pp sama makan, yuk nabung lagi... xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. mb tetha ajak ajak ya backpaker. klo ada trip ke korea, budget pp+hotel kisaran 2-3jt.an email aku ya
      chintya_sur@gmail.com

      Delete
  3. Mau tanya mba tlg dijawab yaa,kira2 kalo ke jepang nginepnya lebih enak di daerah shinjuku atau shibuya ya?thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mending nginep di Shinjuku krn stasiun terbesar selain stasiun Tokyo kan stasiun Shinjuku, hampir semua moda transportasi berawal dari sini, lumayan bisa hemat uang transport :D

      Delete
  4. Rencana libur lebaran thn depan ke tokyo selama satu minggu, budget saya 10jt, tp dengan budget segitu saya sulit cari tmn untk diajak ke sana, kira2 apa saya hrs cari travel agent ya mbk? Karena saya tdk mungkin brngkt sendiri, klu pakek travel biayanya brp? Ada saran travel agent yg bagus? Mhn dijawab, thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru reply, baru pulang mudik :)
      Budget 10jt sudah include tiket pesawat pp Jkt-Tokyo kah? kalo sdh termasuk, berarti budget 10jt itu adalah budget terminim, bisa lanjut asal solo travel artinya tanpa bantuan travel agent. Untuk berangkat dgn bantuan travel agent diperlukan biaya yg lumayan, rata2 untuk 7hari travel agent akan mematok biaya 17jt hingga 20jt. Akan lbh ringan jika ada teman, jadi bisa sharing kamar. Tapi kalaupun tdk ada teman, budget hotel bisa disiasati dgn menginap di hotel kapsul ataupun kamar bersama. Untuk makan bisa beli di kombini macam seven eleven, untuk minum jgn khawatir meskipun hrg air mineral lumayan mahal tp di Jepang byk disediakan keran air minum semisal di tempat wisata dan stasiun, jgn lupa bawa botol kosong. Knp tdk mungkin berangkat sendiri? Tokyo mudah untuk ditaklukan, percaya deh :)

      Delete
    2. @Luthfan, Wah boleh tuh. Saya pengen. Sudah dapat tiket pak? Atau masih hunting? info ke nadeshiko_mai_26@yahoo.com

      Delete
  5. Berarti kalau sekitar 4 hari sekitar 2/3 nya ya :) makasih infonya. Oiya sekalian share kalau ada kontes berhadiah Tour ke Jepang gratis dari HIS. Kunjungi balik blog-ku untuk detailnya ya ^_^
    chalwoo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Chalimi, untuk 4hari budgetnya bkn 2/3nya krn mo stay di Jepang 4 hari atau 14 hari biaya maskapai sama aja, yg berkurang cuma biaya hotel, makan dan transport, dan biaya itu gak semahal biaya maskapai,hehe
      btw aku udah berkunjung ke blog mu, bagusss :)

      Delete
  6. Ka saya ingin tanya ka. Kan saya dan teman-teman saya rencana tahun baru 2017 ingin pergi ke jepang tp kami semua belom memiliki passport dan visa. Kita juga belom pernah kejepang dan kita tidak bisa berbahasa jepang. Rencana budget teman-teman saya 20jt untuk pp dan biaya dijepang kira-kira cukup tidak ka?kita juga tidak mau menggunakan tour guide,tp takut sampe jepang tidak tau mau pergi kemana dan berbicara sama siapa?tolong masukannya ka;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Wulan, thn 2017 kan masih lama yah.... bikin passportnya dari skrg aja siapa tau mau pergi2 dulu ke negara tetangga yg deket2 :)
      Denger2, januari 2015 WNI udah bebas visa Jepang jadi klo berangkat thn 2017 gak usah mikirin visa lagi.
      Mengenai budget 20jt itu per orang atau 1grup? Dan untuk berapa lama? klo budget 20jt per orang dan hanya 7-10 hari sih cukup aja. Di Jepang ngomongnya pake English aja, meskipun byk yg gak ngerti tapi mereka baik2 jadi pasti ditolongin. Mengenai tujuan wisatanya, ya sebelum pergi bikin itinerary dulu donk supaya gak loss in Japan :)

      Delete
    2. Visa jepang yg gratis itu hanya untuk wni yang punya e-paspor. Yg biasa masih harus bayar
      -Jess

      Delete
  7. mbak kalo mau tour murah ke jepang aku join ya, budget insya Allah ada tapi 10juta, semoga cukup untuk semingguan ya mbak soalnya aku pengen ke disneyland nya sama museum doraemon gitu, mbak udah kesana ? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo bisa sharing kamar, dpt maskapai murah n bisa hemat makan 10jt 1minggu kayaknya masih bisa. Aku kmrn gak ke disneyland n doraemon padahal akses kesana dari keio plaza hotel gampang ada bus khusus ke disneyland, tapi aku skip.... kasian anak2 dirumah klo liat foto bundanya lagi main2 n ketemu princess....tar malah pada nangis minta ke Jepang :D
      Anyway, aku juga pgn nih segera buka tour Jepang 10jt seminggu, tapi takut gak ada yg daftar euy,xixixixi

      Delete
    2. Buka aja mba, tar aq daftar:)

      Delete
    3. yaaah kamu telattt.... saya baru aja pulang dari Japan tgl 20 Mei kemarin dalam rangka bawa rombongan tour. Rombongan besarnya nt blan Oct berangkat saat musim gugur dan semua sdh issued ticket sebanyak 20 org. Untuk gelombang berikutnya saya buka untuk keberangkatan 30 Maret - 5 April 2016, mau join ?? Silahkan lsg email yaa :)

      Delete
    4. Mba klo cowo boleh join tournya g mba??atw harus cewe??butuh budget brp mba kira ples tiket pp yaa hehe..makasii mba sebelumnyaa..

      Delete
    5. Cewe dan cowo juga boleh koq ikut turnya, detail turnya sdh ada di link berikut yaa : http://tethapevylia.blogspot.com/2015/05/open-tour-amazing-sakura-maret-april.html

      silahkan di cek :)

      Delete
    6. Mbk kpn ada tour k jepang atau Korea yg murah?? saya Mau dunk ikut gabung

      Delete
    7. Mbk kpn ada tour k jepang atau Korea yg murah?? Saya Mau dunk

      Delete
    8. Mbk kpn ada tour k jepang atau Korea yg murah?? saya Mau dunk ikut gabung

      Delete
    9. Hi, trip Japan gelombang 1 akan berangkat Oct thn ini tapi kuota sdh penuh. Saya buka trip Japan gelombang2 berangkat April 2016. Detailnya silahkan email ke saya ya: tethapevylia@gmail.com

      Delete
    10. mba, kalo untuk 2017 ada gak rencana buka tour travel lagi?

      Delete
    11. ada mba, in shaa Allah tiap tahun saya buka tour ke Japan :)

      Delete
    12. mbak klo untuk thn 2017 pas musim semi ya, biar bisa liat bunga sakura,,,

      Delete
  8. Mba, saya mau ke Jepang bulan ini, kalau mau beli pulsa telpon lokal, belinya dimana? dan kalau mau sewa ruter untuk internet dimana?mohon sarannya thx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Xian Niang pulsa lokal itu maksudnya pulsa apa? #gakngerti di Jepang tersedia sewa paketan hp plus sms n tlp. Hp dari Indonesia gak bisa dipakein simcard Jepang hrs registrasi dulu dan ribet urusannya. Untuk pocket wifi saya pake dari pupuru, coba baca di sini http://tethapevylia.blogspot.com/2014/04/japan-day1-jakarta-narita-shinjuku.html#more

      Delete
  9. mau donk :D
    5 hari juga udah cukup

    ReplyDelete
  10. Mba ada rencana tahun depan gak ke jepang?
    Boleh minta alamat emailnya untuk komunikasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Marina Gultom, pengennya sih saya bisa ke Jepang lagi tapi sepertinya thn depan saya bakalan ke Turki nih. Untuk komunikasi silahkan email saya di: tethapevylia@gmail.com

      Delete
  11. Mba sy juga rencana mau ke jepang. Tp makanan disana gimana ya? Share dong mba sbg sesama traveller muslimah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba download aplikasi HalalMinds. Aplikasi ini memuat info mengenai restoran halal, pasar halal, penunjuk arah kiblat dan al-qur'an selama di Jepang. Aplikasi ini menyediakan scanner barcode yg memudahkan kita menentukan makanan dan minuman halal.

      Delete
  12. sorry anon gua gk punya akun,
    mba soal jaringan disana gimana? maksud gua internet nya gitu, trus wifi nya bisa cocok dgn gadget indo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena Jepang hampir tidak menyediakan wifi gratis, mk hrs sewa pocket wifi dan koneksi pocket wifi yg saya gunakan selama disana sangat baik. Gadget Indonesia support dg pocket wifi di Jepang.

      Delete
  13. wah, aq pengen juga nih mba. kalau mba ad rencana lagi ke jepang dg biaya yg murah... boleh ya nanti dikabari, kalau bisa bareng mba :D. tapi jangan mendadak ya mba.
    ad Fb atau WA mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya ada rencana balik ke Jepang tapi belum tau kpn pastinya, sementara ini destinasi yg mungkin paling cepat akan dikunjungi antara Nepal dan India, mau gabung?? Untuk korespondensi bisa hub email saya : tethapevylia@gmail.com.

      Delete
    2. waw Nepal India,... keren banget mba... idih, ngiri banget nih sama mbak nya. :(
      Mau bingits mba gabung... tapi sayang kalau aq gabung ini nnti persiapan biaya buat ke Jepangnya kosong,,,,hehehe :D

      Delete
    3. hihi....iya ya kamu udah pgn bgt ke Jepang. Anyway, aku iseng liat hrg tiket AirAsia Kul-Tokyo pp 3jt'an lho, dan tiket Jkt-Kulnya 1jt'an jd total 4jtan untuk thn dpn. Rajin2 hunting ticket ya, klo ada yg murah kabari... siapa tau thn depan aku bisa jd guide kamu ke Jepang :D

      Delete
  14. kalau transpor ke miyagi dari tokyo ada gak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari Tokyo ke Miyagi bisa menggunakan Shinkansen atau menggunakan penerbangan domestik. Klo pake Shinkansen, kurang lebih waktu tempuh 1 jam 45 menit menuju Sendai, ibukota prefektur Miyagi. Bila menggunakan pesawat, bandara berjarak 15 KM dari pusat kota Sendai, dan waktu tempuh 25 menit dengan kereta atau 40 menit dengan bus.

      Delete
  15. Mba saya pernh di jpang 3 th tp saya pingin wisata kesana di buln2 ini kira bisa nggak yah minta info dan tipsnya yah.. saya bukan karyawan tp sekarang saya usaha sendiri dan allhmdllh udah ada siup mba kira2 gmn.minta responnya yah mba mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya jawab disini ya : http://tethapevylia.blogspot.com/2014/05/cara-membuat-visa-jepang.html#comment-form

      Delete
  16. heheh jd pengen kesana lg klo dnger cerita si mbak. tahun kmaren sempet kesana 2 bulan stngah tp pake visa undangan teman. tp ga main2 / jalan ke tmpat wisata. cmn cari info kerjaan ama iseng part time bwt nambah duit jajan. klo jd bikin tour murahhh mau dunk mbak.. apalg rame2. Ganbatte Nabung dah mulai skrng!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. duuuh sayang bgt 2,5bln di Jepang gak jalan-jalan... saya juga masih pgn nih ke Jepang lagi, meskipun wisata alamnya masih gak bisa nandingi Indonesia punya, tapi negara Jepang ngangenin yah :D
      Siyaaappp.... InsyaAllah tour Japan ala-ala backpackernya bakal saya buka, doain ya spy kita bisa kesana rame-rame.....

      Delete
    2. Mba Tetha untuk rencana membuka Tour Japannya kapan mba?
      Untuk rencana yang Oktober 2015 itu kuota minimal berapa orang ya mba ?

      Delete
    3. Tour ke Jepang akan dilakukan Oct 2015, pengumumannya akan saya publish per desember 2014, sekalian langsung buka pendaftaran di bulan des. Quota untuk trip ini saya hanya buka 7seat. Siapa cepat booking seat dia yg dapat :)

      Ditunggu aja ya pengumuman resminya, yg kirim email mau join sdh banyak, tinggal nunggu pendaftaran dibuka. Kalau quota berlebih, mungkin saya akan bikin 2 gelombang :)

      Delete
    4. ok mba saya juga mau ikut tak email ya sekalian mau tanya2 ke Mba Tetha.

      Makasih

      Delete
  17. Baca ulasan trip ke jepangnya mba jadi tambah pengen ke sana
    Nungguin info tour ala backpackernya aja deh ^^

    ReplyDelete
  18. Mbak, saya rencana mau ke tokyo 6 hari, saya mau ke fuji dan kyoto, kira2 perlu beli jr pass? Dimana belinya? Trus untuk internet beli kartunya di mana? Untuk akomodasi perlu book online?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, kalau ke fuji tidak perlu Jr pass krn ke fuji ada kereta khusus yg tiketnya dpt di beli di Shinjuku station-Tokyo. Dan untuk Kyoto, jika hanya ingin berkunjung ke Kyoto tanpa keluar kota lain, untuk iritnya juga tdk perlu menggunakan Jr pass, bisa menggunakan bus malam. Tapi bila pertimbangan waktu, harus ke Kyoto-Tokyo pp di hari yg sama sebaiknya gunakan Jr pass lbh irit dibandingkan membeli tiket shinkansen terpisah. Jr passnya bisa sekalian di gunakan untuk jalan ke luar kota lain. Beli Jr passnya di JALan tour. Untuk internet bisa menggunakan kartu dari Indonesia hanya harus sewa pocket wifi di Jepang. Akomodasi sebaiknya di book sebelum ke Jepang.

      Delete
  19. Katanya klo kejepang harus deposit uang ditabungan sebesar 30 -50juta ya? Soalnya temanku bulan mei kejepang n dia harus deposit 50 jt... Untuk bebas visa ternyata hanya untuk yg e-pasport. Maaf ak nggk punya account

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau bikin visa gak ada deposit apa-apa. Hanya perlu copy rekening tabungan 3bln terakhir dan jumlah amannya 1juta dikali kan lama tinggal di Jepang. Misalnya rencana tinggal 7hari di Jepang, maka saldo tabungan minimum 1juta x 7hari =7juta. Bila belum menyertakan tiket pulang, maka saldo tabungan ditambahkan dengan biaya tiket pulang. Intinya memberikan garansi pada pihak Jepang bahwa kita gak akan terlantar disana krn gak pegang uang untuk biaya hidup selama berwisata di Jepang.

      Delete
  20. Halo, mau tanya dong.
    Aku ada rencana pingin ke Jepang Desember ini, paling 10 harian. Di luar biaya pesawat PP (udah puya tiket) kira-kira butuh berapa biar super irit (4 jt cukup ga ya? aq gak pake penginapan, nebeng temen). Belum ada rencana juga mau kemana. Awalnya pingin ndaki Fuji tapi katanya tutup. Ada saran kemana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Sudiyah,
      berarti budgetnya cuma buat makan, transport n biaya masuk objek wisata ya.... kalau kamu bisa irit sih rasanya 4jt cukup utk 10hari. Normalnya sih biaya makan disana sehari 3000yen berhubung kamu mau irit, bs dikurangi hingga setengahnya jadi 1500yen x 10D= 15000yen, byk makanan murah dikombini. Objek wisata kalau hanya masuk lokasi kuil2, rata2 sekitar 200yen. Untuk menghemat biaya wisata, dpt mengunjungi Tokyo sky tree tp tdk perlu naik, hanya berfoto dgn latar sky tree sdh cukup. Berfoto dgn latar Tokyo Tower pun tdk dipungut biaya. Kamu gak perlu mendaki fuji tapi kamu bisa main ke hakone dan berfoto dgn latar gunung fuji. Dihakone sendiri byk objek wisata hitsnya semisal danau Ashi, Owakudani, Hakone open air museum, Gora dll. Beli saja tiket Hakone free pass seharga 5100yen untuk transportasi selama 2hari di hakone plus transport pp Shinjuku-Hakone. Transport utk keliling Tokyo seharian sekitar 1000yen menggunakan Tokyo metro & subway. Jika msh ada sisa untuk beli oleh2 yg murah meriah beli aja di serba 100yen model daiso gitu.

      Delete
  21. kakak tanya dong?
    kalau kesana sendiri, atau kira2 5-7 orang gitu berapa ya biayanya kira2 ?
    dan juga berapa hari dengan biaya segitu ??
    terima kasih kakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biaya yg paling minim 10jt per orang untuk 6D5N

      Delete
    2. 6D5N itu apa kakak?
      10jt itu min berangkat sendiri?
      kalau 5-7 orang berapa kakak?
      terimakasih sebelumnya kakak?

      Delete
    3. 6hari 5malam, minimal 1orang 10jt sdh termasuk tiket pesawat pp sekelas Air Asia. Kalau berangkat 5orang ya tinggal dikali 5 jadi 50jt total biayanya, kalau 7 orang berarti biaya yg diperlukan 70juta, itu sdh biaya yang paling minim. Berangkat sendiri ataupun rombongan sama aja kalau pakai sistem budget termurah.

      Delete
  22. Hmm, saya pernah dengar, kalau buat dapat visa di jepang harus punya akun (rekening) yang isinya 10 juta ?, ada juga yang bilang 100 juta?, itu beneran gak si?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung rencana tinggal di Jepangnya. Estimasi biaya yg dibutuhkan untuk tinggal di Jepang 1jt per hari. Dana yg harus disediakan di rekening sebesar jumlah hari tinggal dikali 1jt, ditambah biaya tiket pulang bila belum membeli tiket pulang.

      Delete
  23. Ayoo pergi barenng" berlibur ke jepang...
    Ada kontaknya mba'tetha?? biar bisa kontak2 n kumpul di jkt dlu buat semua temen2 yg pengen berlibur k jepang nih mba'..

    jadi gak hanya sekedar menjadi sebuah komen aja di blog ini. tapi bener2 bisa menjadi kenyataan.. hehe.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Endar, rasanya saya sdh taro alamat email disini untuk korespondensi lebih lanjut. Dan rencananya Oct 2015 akan backpackeran ke Tokyo, sudah ada 4orang yg menghubungi saya via email, mereka serius untuk berangkat bareng thn depan. Kalo ada yg serius mau gabung silahkan hub saya ya via email : tethapevylia@gmail.com
      Kalau memenuhi kuota, kita berangkat di Oct 2015 pas musim gugur.

      Delete
  24. Hallo mba tetha...
    Mau minta saran,plan januari 2015 aku mau ke jepang slm 7 hari,pelukah beli JR pass?
    Terus dari osaka ke daerah kawasaki (tujuan museum doraemon) naik apa ya?
    Satu lagi beli pocket wifi jepang disana bisa dibeli di toko apa?harganya brp?
    Thank you....
    Nice to see ur blog mba tethaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perlu kah membeli JR pass, itu tergantung tujuan dan budget kamu. Kalau ada tujuan kyoto n osaka dan waktunya mepet serta budgetnya ada sebaiknya beli JR pass, tapi klo waktunya panjang sih mending pake bus malam lebih hemat. Dari osaka mo ke kawasaki harus balik ke tokyo dulu, krn kawasaki gak terlalu jauh dari tokyo tinggal pake kereta JR ke Noborito. Dari sana bisa ikut bus khusus menuju musium doraemon. Untuk wifi tidak beli melainkan sewa, april lalu saya sewa secara online melalui pupuru, harga bisa di cek lsg di webnya yaaa :)

      Delete
  25. hi salam kenal mbak,
    aku ada rencana ke tokyo awal nov 2015 berdua tmn, td cari-cari tiket air asia dpt pp skitar 4,7juta perorang.. budget jajanku utk 8hari sekitar 10 juta.
    tapi kalau emang mbak buka trip bareng kesana okt aku mau jg ikut.
    nah yg jd mslh, wkt apply visa itu kita harus punya uang minimal berapa juta ya mbak di rek?mohon infonya ya mbak tetha..
    Tks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi salam kenal juga,
      untuk apply visa minimal 1juta rupiah x lama tinggal di Jepang ditambah biaya tiket pesawat pulang (jika belum ada tiket pulang). Misalnya berencana 7hari, minimal 1juta x 7hari + biaya tiket pesawat pulang. Yg saya tau teman2 saya untuk 5-7 hari hanya narok dana sekitar 10jt an tapi visanya alhamdulillah lolos.

      Delete
  26. Desember Jepang bebas Visa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyees benarr sekalii, sdh saya publish mengenai hal ini dihalaman terpisah :)

      http://tethapevylia.blogspot.com/2014/11/bebas-visa-jepang-bagi-warga-negara.html

      Delete
  27. mba mau nanya budget terminimal buat ke jepang kira2 brapa untuk 5 hari? mau mulai nabung nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 5 hari atau 5 malam? kalau 5hari berarti di Japannya cuma 3malam. Untuk budget 3 malam minimal bgt dan hrs byk pilih2 lokasi wisata sekitar 8-9juta. Untuk 5 malam minimal bgt10-11jt. Semua tergantung harga tiket pesawat dan pilihan penginapan yaaa...

      Delete
  28. 1 yen kira" berapa ya mbak...?
    aku coba bawa uang lebih tapi katuk kurang...

    ReplyDelete
  29. mbk, kalau ke jepang bahasa yang dipakai gimana ya? ndk bingung dsna tanpa tour guide?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bingung sih kadang2, tapi enjoy ajaaa :D
      Bahasa yg di gunakan bahasa Inggris.

      Delete
    2. Mbak kl oleh2 nya berupa ikan koi apa hrs ada surat izin dari jepang bru kt blh bawa ikan tsbt.

      Delete
  30. Soreh mbak saya mau tanya.kl kita kejepang trus kt beli oleh2 hewan peliharaan berupa ikan koi,apa hrs ada surat izin dari jepang baru kita bolh bawa ikan tsbt

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh jujur saya gak tau, belom pernah bawa oleh2 hewan dari Jepang, maaf yaa gak bisa bantu jawab :)

      Delete
  31. TOUR JEPANG OCT 2015 sudah di buka yaa, silahkan dibaca, berikut alamat linknya : http://tethapevylia.blogspot.com/2014/12/open-tour-japan-october-2015.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. terakhir penutupan pembayaran kapan yah mbak ? saya mau nabung dulu :)

      Delete
    2. Penutupan kalau kuota sudah terpenuhi mas. Untuk terdaftar mengikuti tour cukup bayar booking seat 2,5jt, sisanya bisa dicicil sesuai ketentuan yang sdh saya tuliskan di link diatas :)

      Delete
    3. Pagi saya mau tanya. Sya tertarik untuk ikut liburan ke japan di oktober 2015. Berapa ya biayanya... Dan apakah itu kita hrs byar dp dl...
      Trus klo misalkan di oktober 2015 kita berhalangan ikut apakah dp ato uang yg sdh msk bisa kembali 1/2 ato gimana yaa...
      Tolong di reply ya mbak krn sya sangat serius untuk ikut gabung liburan ke japan. Tlng kirim email mbak ke email saya liimron@yahoo.co.id.
      Trima kasih atas infonya.

      Delete
    4. ok, nanti langsung saya japri mas :)

      Delete
  32. Kalau oktober 2015 ada buka tour ke jepang boleh hubungi saya. Saya,suami dan anak sy remaja ingin berkunjung ke jepang.Terima kasih mbak Tetha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Ibu Valentina,
      bulan Oct 15 saya buka trip ke 'jeang dan sdh 7org positif ikut krn sudah membayar biaya booking seat. Masih available 8 seat lagi. Silahkan dibaca mengenai tournya di link berikut :

      https://tethapevylia.blogspot.com/2014/12/open-tour-japan-october-2015.html

      email saya: tethapevylia.blogspot.com

      Delete
  33. assalamualaikum bu tetha.....salam kenal, tolong sering info tournya k imel saya yaaa : astriwidyandari@yahoo.com

    soalnya yg bulan oktober besok belum bisa ikutan, mudah2an ada rejeki d lain waktu.......makasih,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salam bu, nanti saya email ibu ya. Untuk tour selanjutnya akan diadakan April 2016, semoga nanti ibu bias ikut :)

      Delete
    2. saya juga donk mba,,udah kangen berat dengan rumah keduaku jepang

      muraedokawa@gmail.com

      Delete
    3. saya juga donk mba udah kangen bnget pingin ketemu teman kapal di sana
      muraedokawa@gmail.com

      Delete
    4. Trip Japan gelombang II akan diadakan 2-10 April 2016, nanti kalau pengumumannya sdh di publish akan saya email infonya :)

      Delete
  34. Assalamualaikum...
    Mbak.. Mohon reply email saya mbak..

    Toto Greyfet

    Makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salam,

      sudah saya reply ya mas emailnya, silahkan tanya2 lebih lanjut :)

      Delete
  35. Mbak buat tour yg low cost donk. Yg bsa dijangkau kantong mahasiswa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Yunita,

      Saya sdh buatkan tour Japan yg murah 7H6M seharga 12,5jt untuk 19-25 Oct 2015. Harga tersebut bisa berkurang 1,5jt menjadi 11jt tergantung penginapan dan objek wisata yg dipilih. Biaya sdh termasuk tiket pesawat pp Jkt-Tokyo-Jakarta, penginapan, biaya transportasi selama di Jepang, dan biaya objek wisata sesuai itinerary :)

      Hubungi saya jika tertarik ya : tethapevylia@gmail.com

      Delete
  36. Hey mbak , salam kenal ya ..postingannya membantu :)
    Insya Allah mau ke Jepang nih.. bingung budget perhari harus bawa berapa..eh nemu blog ini :) sip lah kalau gitu ! Cheers, salam kenal ya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mba...

      Thank's ya sdh berkunjung ke blog ku :)

      Delete
  37. mba aku baca di web, katanya untuk karyawan BUMN ga perlu ngelampirin copy butab/ rek koran ya kalo mau ngajuin visa? bener ngga sih? makasih infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf sebelumnya, saya gak pernah ngajuin permohonan visa untuk karyawan BUMN/PNS, tapi kalau syarat yg tertera di web embassy Japan memang seperti itu, berarti benar :)

      Delete
  38. Mba aku mau detail tour ke jepang Oct 2015 dong mba makasih ya mba tolong kirim ke jodiamelina@gmail.com :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang sekali untuk tour Jepang October 2015 sdh close, semua seatnya sdh terbooking. Tapi kalau ada rombongan minimal 4 org yang mau tour Japan bulan October, saya bersedia nerima private tour selesai tour Japan 19-25 october. Jadi tournya diatas tgl 25 October sblm saya kembali ke Indonesia. Itenerary fleksibel sesuai permintaan peserta tour, dan biayanya sama dengan tour Japan gelombang pertama.

      Coba baca rinciannya di blog ini di bagian halaman yang berjudul : OPEN TOUR JAPAN OCTOBER 2015.

      Delete
  39. Mbak Tetha.. mohon reply email saya yah necata01@gmail.com ; saya berminat ikut tour jepang Okt 2015 kalau msh tersedia seat tambahan. Makasih yah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok Necata, emailnya uda saya baca tp blm sempat reply krn weekend waktu saya kumpul keluarga. In shaa Allah siang ini saya reply, ditunggu aja ya :)

      Delete
  40. Hello mba Tetha, Klo ke Turki berapa estimasi biayanya..? Boleh gk saya ikutan. Ke Jepang bagusan bawa Yen atau $..? Thankyou

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Rachma,

      Untuk budget ke Turki saya blm hitung, msh menunggu jadwal suami baru itung budget. Klo mo join hayuu aja :)

      Waktu ke Jepang, saya bawa Yen untuk semua keperluan dan $ untuk cadangan.

      Delete
  41. Mba masi ada seat yg kosong tidak. Saya ingin ikut dalam tour tersebut. Apa ada kontak yg dapat sata hubungi. Mohon bimbingannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk trip Jepang 19-25 Oct 2015 kuotanya sdh penuh dan hampir semua ticket pp sdh di issued. Kalau minat ikut yg gelombang II saja bulan April 2016. Silahkan kirim email ke saya untuk tanya lebih lanjut : tethapevylia@gmail.com

      Delete
  42. mba pergelombang biasanya di isi berapa orang ya ?

    ReplyDelete
  43. Mbak..saya tertarik tour april 2016 nya..mhn info lengkapnya ya mbak, plus itinnerary nya..syukron..ini email saya : darmawina.datu@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengumumannya baru akan saya publish di blog sekitar april thn ini yaa... nanti saya kabari via email :)

      Delete
  44. Mau nanya uang saku 60 ribu yen cukup ga? selama 8 hari Osaka Kyoto Tokyo untuk makan Dan sebagian transportasi karena aku udah Ada JR. pass, trus tiket pesawat Dan hotel dah bayar

    ReplyDelete
    Replies
    1. cukup bahkan lebih, mengingat kamu uda pegang JR pass jadi lintas provinsinya bisa pake shinkansen (kecuali Nozomi) dan free.

      Delete
  45. Slm kenal mb...😊 Mb klo private tour bisa gk mb? Sekeluarga sj... krn sy ad ank 2,5th kyknya jdwalnya pdt klo rombongan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya boleh, tapi jadwal private tour harus sesuai jadwal yg sdh ada dan berangkat dari Jakarta gak bareng saya tapi saya tunggu di bandara tujuan. Private tour dilakukan setelah saya beres dgn rombongan tour besar, kemudian saya extend untuk private tour :)

      Delete
  46. Mba, mhn info tur april 2016 ke email saya : angela29lala@hotmail.com- saya tertarik ke jepang. Thanks mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, pendaftaran turnya baru akan di buka bulan april nanti. Di tunggu aja ya pengumuman resminya di blog ini, nanti detailnya saya kabari juga via email :)

      Delete
    2. Tlg info aq jg via email y mbk enzojavaz@gmail.com

      Delete
  47. Assalammualakum.
    Mba Tetha klo boleh tau kerja dimana yah? aku jd pengen keja di tempat Mba Tetha biar bisa ngumpulin uang trus keluar negeri. :)
    kasih tau aku ya mba klo boleh xixiixi. Siapa tau ada lowongan, kebetulan jg aku lg cari" kerja atau lewat email jg boleh . :)
    email : sandrawahyuni83@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salam Sandra,
      Saya gak kerja hanya Ibu rumah Tangga biasa kalau mau travelling saya juga nabung sama seperti teman2 lainnya :)

      Delete
  48. selamat pagi/siang/malam utk ibu tetha pevylia
    bu saya kepengin ke jepang krena saya pengemar game dan otaku,nah d tokyo yg pengen saya kunjungin ya akihabara,selain itu d bulan september ada namanya event tokyo game show,nah kalo ada event seperti itu harga tiket pengaruh ga ya?walaupn sbtulnya d indo termasuk lagi low, tgs d adakan di makuhari messe tokyo,japan,nah utk mengunjungi dua tempat d atas ibu ada recmnd dmana tempat menginap yg murmer model kayak hostel/capslue hotel/inet cafe dan akses yg mudah utk mengunjugi ke dua tempat tersebut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Han, saya kurang tau detail penginapan murah krn saya apply penginapan via online di bookingdotcom ataupun hostelworld, lsg aja cek webnya cari yg sekitaran akihabara atau yg dekat dgn stasiun JR or metro.

      Delete
  49. Selamat Malam kak, Saya mau minta saran nih, untuk budget 7Jt'an enak nya berlibur kemana ya kak? pingin nya sih keluar Indonesia hehe. Terima Kasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Claudio, budget 7jt an ke LN bisa Sin+Malay, Bisa Bangkok, Bisa ke Kamboja, bahkan klo dpt tiket murah bisa nyampe Hongkong :)

      Delete
  50. Replies
    1. Hi Soon Gi, thank you for visiting my blog :)

      Delete
  51. Dear mba Tetha.. kami berencana mengunjungi jepang awal januari 2016 selama 8 hari.. rombongan ada 14 orang.. bolehkah mba Tetha jd guide kami/kami di buatkan private tour mba Tetha? Thanks a lot b4

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba Lydia,
      Boleh saya minta alamat emailnya?? Atau mungkin mba bisa langsung kirim email ke saya : tethapevylia@gmail.com

      Nt saya info WA saya spy lebih mudah komunikasinya. Thank's

      Delete
  52. Salam kenal mba tetha.. tuk itenary ke jepang 5hr itu yg buat mba tetha ato dr kita mba.. dan kl pergi bulan agustus tahun ini.. dijepang musim apa? Mksh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Rieska salam kenal juga,

      Itinerary fleksible boleh saya yg buat boleh juga masukan dari peserta. Bln agustus klo gak salah musim panas.

      Delete
  53. Mba. Minta whatsapp nya dong kalo ada hehe. Ane mau tanya". Soalnya saya bertiga sm teman saya tahun depan kepingin ke tokyo.tp aku gatau apa" mba hehe. Kalo winter itu bulan apa ya mba? Rencana pengen 3 hari aja disana.hohoho thks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Fadil winter mulai Nov sampai Feb. Kalau mau tanya2 bisa email aja ke : tethapevylia@gmail.com
      In shaa Allah saya balas :)

      Delete
  54. Mba theta...
    Need advice dooomps.....

    Aku ada rencana bulan agustus ini ke jepang...

    Rutenya :
    Jakarta - Kuala Lumpur- Haneda - Tokyo - Osaka - Kyoto

    ReplyDelete
  55. Tettha salam kenal ya .. pengen juga mau ikut yang bulan mar april 2015 , sharing ke ellabudi2103@gmail.com ya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ella, emailnya sdh saya reply ya... silahkan di cek :)

      Delete
  56. mbak bisa jadi guide saya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo pak Steven, kalau boleh tau untuk kapan dan berapa org ya?

      Delete
  57. ada contact personnya mbak ? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan kirim email ke:tethapevylia@gmail.com
      Nt mobile phone saya akan di info melalui email :)

      Delete
  58. Mbk bikin paspor jepang gmn kah caranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mizugi,

      Cari aja di blog post saya dgn judul : cara membuat visa Japan, disana sdh saya tulis lengkap caranya. Atau kamu bisa lsg buka web Embassy Japan :)

      Delete
  59. Mbk Agustus ini ada rencana k jepang gk?? Bolh dunk gabung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang bgt blom ada tawaran tour buat Agustus ini, paling cepet saya ke Jepang lagi in shaa Allah 19 Oct :)

      Delete
  60. Mbak brapa ya uang yg di butuhkan untuk tinggal di jepang selama satu tahun, dan gimana cari kerjanya disana karna ak nggak bisa bahasa jepang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Febri, maaf gak bisa bantu jwb krn saya gak pernah tinggal di Jepang, paling lama wisata disana selama 2minggu dan saya belom pernah kerja di Jepang. Coba googling lagi kali aja nemu jwbannya.

      Makasih uda mampir di blog saya ya :)

      Delete
  61. malem mba, mohon dibantu.aku sudah punya tiket PP Bandung - Haneda tgl 16 plg tgl 21.. rencana mau ke kawaguchi,uss dan kyoto dan pake jr pass.. bingung untuk penginapan d tokyo n kyoto nya..tlg diemail ya mba ke grace_301182@yahoo.com
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penginapan bisa lsg googling via bookingdotcom, agoda, hostelworld, airbnb dan sejenisnya :)

      Delete
  62. hallo Mbak..Pagi...
    Saya mau tanya paketan liburan tahun depan untk ke Jepang waktu musim gugur yang murah kena biaya berapa selama seminggu dan ke tempat wisata yang bagus di sekitar?dan penginapan yang murah dan bersih selama di jepang boleh tahu jg..saya minta tolong di balas di email susantoyohana@yahoo.com atau susantoyohana2712@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nt kalau lg senggang in shaa Allah sy jwb via email ya, ditunggu aja :)

      Delete
  63. hallo mbak..
    saya mau nanya nih kalau tiket pesawat PP itu berapa ya kelas ekonomi rendah terus hotel yg harga rendah di jepang itu rata2 berapa ya?, apa petunjuk jalan di jepang itu huruf kanji ajah atau ada huruf kanji beserta inggrisnya
    segitu ajah makasih , tolong sharing ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo juga, tiket pesawat ke Haneda-Tokyo termurah yg saya issued seharga 3,8jt pp, rata2 dapetnya 4,1jt pp. Hotel murah sekitar 350rb/org/malam. Petunjuk jalan di Jpn rata2 kanji tapi sebagian ada dalam bahasa Inggris.

      Delete
  64. Assalamualaikum.mba Tetha salam kenal.sy ada rcn konggres di bln feb 2016.tempat wisata yg dekat Tokyo apa ya g bagus.Trus kl masjid besar di Tokyo yg bs di kunjungi.mbak ada info?kmdn transport dlm ddn sebaiknya pk apa yg murmer?tk sblmnys

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salam, maaf baru sempat reply komen.
      Tempat wisata di Tokyo byk, ada TMG building, Gyoen National Garden, Ueno park, Yoyogi park, Shibuya crossing, Patung Hatchiko, Sensosji Temple, Skytree, Tokyo tower dll

      Masjid yg bisa di kunjungi: Tokyo Camii
      Kalo mau keliling seharian di Tokyo baiknya pakai Tokyo Metro n Subway tiket seharian sekitar 1000yen.

      Delete
  65. Asswrwb mbk. Gak ngadain trip buat ke-Jepang lagi kah untuk tahun depan atau 2017. Kabar-kabarin dong mbk kalo mau trip ke-Jepang lagi hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salam, trip Japan thn depan sdh di buka, silahkan cek di link berikut :

      https://tethapevylia.blogspot.com/2015/05/open-tour-amazing-sakura-maret-april.html

      Seat masih available untuk 7org lagi dari 20 seat, kalau berminat langsung email aja ya :)

      Delete
  66. mba masih ada dua seat gak buat tour ke jepang bulan aprilnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Arim,
      untuk ce/co? Untuk paket tanpa tiket pesawat 2 seat cewe masih ok untuk join, tapi kalau full paket dg tiket pesawat sdh tdk bisa krn harga Garudanya sdh tdk sama dg saat saya issued :)

      Untuk cowo, masih tersedia 1 seat dg catatan paket tour tanpa tiket pesawat (tiket beli sendiri).

      Delete
  67. mba masih ada satu org gak buat tour ke jepang bulan November?Hp.082310603392.Thanks

    ReplyDelete
  68. Assalamualaikum .. Mba tetha maaf kl mau nanya tour family ke jepang bisa tanya ke mba tetha lwt email ya.. Emailnya apa mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salam, maaf baru sempat reply krn baru kembali dari Vietnam. Untuk korespondensi silahkan email ke: tethapevylia@gmail.com :)

      Delete
  69. mb tetha ada rencana open tour utk bulan okt 2016 kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba Maya, saya buka untuk keberangkatan 18-25 November 2016. Pendaftaran silahkan email: tethapevylia@gmail.com

      Delete
    2. 15,5jt untuk 3 kota (Tokyo,Kyoto dan Osaka).
      Detailnya sdh saya publish di page terpisah, silahkan di cek ya :)

      Delete
  70. hi Mba Tetha, mau tanya apa ada tempat yang rekomen buat menginap di area Gotemba(Hakone-kawaguchi). Thanks dan tlg di balas yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf gak bisa bantu, saya blom pernah menginap di area Gotemba.

      Delete
  71. hai mba...lumayan juga menguras isi kantong kalau liburan ke Jepang ya,
    kalau ingin liburan ke Bali, mampir ke blog kami ya: paket tour bali, water sport bali, bulan madu ke bali, sewa mobil di bali, sewa bus di bali

    ReplyDelete
  72. Mba tetha..
    Saya mau brgkt ke jepang awal mei, rencana ke hokkaido n tokyo. Ada saran tempat apa aja yg bagus dsna n 10jt slama 10 hr cukup ga diluar tiket ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk ke Tokyo hingga Hokkaido 10jt selama 10 hari di luar tiket pesawat bisa saja asalkan membeli JR Pass.

      Delete
  73. Hai mbak, mau tanya nih apakah ada keberangkatan sktr awal des tgl 12 an

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum ada rencana kesana di bln Des, tapi saya menerima private tur kalo ada yg minat ke Japan diluar jadwal tur saya :)

      Delete
  74. Mba tetha..
    Minta saran dong hotel di tokyo yg bagus n terjangkau apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung meluncur ke web2 penyedia jasa hotel aja yaaa... saya gak punya hotel khusus yg menjadi fav selama tinggal di Jpn :)

      Delete
    2. Mbak Tetha, Tour Buat 2016 Nya Ada Lagi Kah??! Mau Banget Ke Jepang, Tujuannya Mau Ke Odaiba Diver City [Cuma Mau Liat Gundam, Dan Mudah2an Bisa Beli Gundam Disana] ������

      Delete
    3. Tiap tahun saya berang kat 3-4x ke Jpn tergantung permintaan tour, kalo mau ikut email aja : tethapevylia@gmail.com

      Delete
  75. Mbak tetha~~ maaf out of topic. Ada rencana ke Jepang golden week nanti. Udah kebayang kereta akan penuh. Ada tips buat booking reserve seat shinkansen utk beberapa hr kedepan ga? Kalo di JR office di Haneda kan katanya gabisa ya, kalo di Osaka atau Kyoto ada ga ya stasiun yg bisa reserve tiket utk beberapa hari ke depan. Thank you mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk reserve tiket lsg aja ke JR Office dimana aja :)

      Delete
  76. Hai mba, ad bkin tur ga buat januari akhir 2017 ? Kalo private tur brp mba ? Bole email ke nda_nie276@yahoo.co.id .biasa urus visa berapa lama y mba ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Wenda, maaf telat replynya krn saya baru kembali travelling Jepang dan Korea. Tur January In Shaa Allah ada, nt saya kabari detailnya via email ya :)

      Delete
  77. mba rencana aku brkt ke jpn sm keluarga 4 dewasa + 2 anak. Tiket pswt udah ditangan. Mba bs bikin paket tour ga mba 14-21 Sept '16 ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa ada alamat emailnya?? nt detail saya email :)

      Delete
  78. wow.. cuman bisa menikmati anime sm manga nya aja... :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih seru jika dinikmati langsung dari negaranya :)

      Delete
  79. Assalamuallaikum mba�� mba inshallah aku ada rencana buat ke jepang itu akhir tahun ini. Waktu musim dingin, dan di tahun baru.. Mau tanya mba, penginapan yg dekat dgn Teater Akb48 di akihabara itu kisaran brp yah mba? Terus ongkos buat PP jkt- tokyo itu paling murah brp yh mba? Btw, gk ada acara tour untuk akhir tahun ini yah mba? Tolong dibales yah mba�� kalo bisa dibles di email ini mba yah�� yossarahayu@gmail.com

    ReplyDelete
  80. Maaf mba emailnya yosarahyu@gmail.com mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya ada tur untuk bln Desember ini tapi tur kecil hanya bbrp org, silahkan join jika berminat. Untuk pertannyaannya nt saya jwb via email ya :)

      Delete
  81. Mba gimana caranya join untuk jalan2nya ya?please info ya mba..

    Tq
    Dias
    diaswitra@gmail.com

    ReplyDelete