Wednesday, May 28, 2014

9 HAL ISTIMEWA DARI PERJALANAN KE JEPANG

Hanya dengan bermodal 5 malam di Jepang rasanya sudah banyak cerita yang ingin dibagi. Sejujurnya sih Jepang kalo untuk objek wisata di bandingkan dengan Bali aja aku lebih suka Bali. Dimana Bali terdapat banyak objek wisata yang gak membosankan. Mau suasana hiruk pikuk pantai ada Kuta, mau private pantai ada Nusa Dua, mau sekedar bersepeda menikmati alam tinggal datang ke Ubud, mau menikmati pura datang aja ke Tanah Lot, menikmati Kecak yang gak membosankan datanglah ke Uluwatu. Apa sih yang gak di dapat dari Bali? Wisata pantai ada, wisata rohani banyak, wisata budaya bertebaran, wisata belanja dimana-mana ada. Thats why aku sangat suka Bali!

Odaiba
Bagaimana dengan Jepang? Sebenarnya objek wisata Jepang sedikit membosankan, kuil lagi kuil lagi, taman lagi taman lagi meskipun disana juga ada beberapa gunung dan pantai dan area permainan semacam Disneyland, Universal Studio, Hello Kitty Puroland, gedung dan tower-tower pencakar langit, museum-museum tapi semua itu bagi ku cuma asik dikunjungi 1x, cuma sekedar memuaskan rasa ingin tahu, tapi kalo untuk dinikmati berkali-kali rasanya masih lebih milih menyepi aja di Bali! *opini pribadi*
Meskipun begitu, Jepang juga lumayan ngangenin. Kalo disuruh ke Jepang lagi, aku juga masih mau koq asal dibayarin,hehe.....
Ada beberapa hal istimewa yang aku alami selama di Jepang : 

1. Bisa melihat Sakura dari dekat. Udah pastilah pada tau bunga yang satu ini. Kebetulan waktu aku datang si Sakura ini lagi mekar-mekarnya, dan waktu pertama landing di Narita kayak di dadah-dadahin sama bunga Sakura *lebay* skip aja cerita Sakuranya, lanjut ke hal berikutnya.



2.Masyarakatnya super penolong. Suatu hari aku kebingungan nyari cara menuju Musashi Koganei Station, transportasi yang sudah aku kuasai saat itu metro&subway tapi sayangnya stasiun yang aku maksud tidak dilalui oleh metro&subway melainkan hanya dilalui oleh kereta JR. Sesampainya di Shinjuku Station aku seperti orang linglung, miriplah dengan orang yang hilang ingatan. Tiba-tiba aku didekati oleh seorang wanita yang sejak tadi memang sedang merokok sambil berdiri di samping station map. eh ini udah tua loh bukan masih muda, ini nenek-nenek cuy, dan ini udah jam 11 malam, tu nenek masih ngeroko aja di area stasiun, dari mana mo kemana ya dia? *ok skip aja, boro2 mo nyari tau ttg si nenek...gw aja masih bingung nyari jalan*. Sambil bawa koper dorong dia ngedeketin trus nanya tujuanku kemana. Aku jawab bahwa aku mau ke Musashi Koganei Station sekalian nanya ke dia "gimana cara kesana?" Maklum ya ibu-ibu suka gampang panik, jadi nanyanya bertubi-tubi  *dia malah nenek-nenek*. Si nenek coba ngejelasin dimana beli tiket JR, tapi bahasa Inggrisnya terbata-bata dan akhirnya dia nyerah *nyerah krn pasti gak nyambung dengan bahasa Inggris gw yang seadanya juga* hahaha. Sempat down nih gw, sungguh.... tapi si nenek malah bilang "follow me" sambil geret kopernya dia ajak aku masuk lift dan turun beberapa lantai, duh mo dibawa kemana ni gw? mana sepi pulak *uda ditolongin malah berprasangka buruk* maklum itu udah jam 11 malam dan aku malah masih nyari lokasi penginapan yang udah dibayar via online sewaktu masih di Jakarta. Si nenek dengan cepat ngegeret koper, ninggalin aku *iyalah koper dia kecil, sementara koper gw ukuran setengah pintu* eh tapi dia tetap sambil terus ngeliat ke belakang koq ....kearah ku yang sudah sangat kelelahan akibat seharian jalan kaki. Beberapa kali dia ngomong sendiri sepertinya mastiin jalan yang dilalui itu benar. Dan ternyata??.....emang bener sih. Nyampe di gate JR, di ajarin cara beli tiket Chuo Line dan ditungguin sampe aku masuk ke gate dan dadah dadah ke si nenek, lalu aku liat dia dorong koper ke arah awal kami bertemu. Baik ya *lap air mata, terharu*



Siang hari di Musashi Koganei Station

3. Salut dengan kejujuran orang Jepang. Pernah satu kali aku lagi beli tiket metro dan tanpa sengaja ngejatohin lembaran 1000 yen kalo di rupiahin sekitar 100 ribu rupiah. Saat beli tiket sih gak sadar, nah pas ngecek tas dan ternyata duit ku gak ada 1000 yen aku udah mo mewek, secara gak banyak ATM dengan logo internasional yang mudah ditemukan disini, eh tiba-tiba ada seorang ibu nepuk pundak ku dan ngembaliin uang 1000 yen ku yang jatoh. Jadi ternyata tu ibu nemuin uang ku dan gak tau siapa pemiliknya sampai dia liat aku nyari-nyari uang itu di tas. Alhamdulillah banget ya gak jadi puasa makan siang *nyengir*

4. Salut juga dengan kebersihan Jepang. Padahal tong sampah di public area adalah hal yang langka lho di Jepang. Tapi gak liat ada sampah bertebaran ato nyecer-nyecer tuh di jalanan. Kemana semua sampah itu? aku rasa sih dibawa balik ke rumah, secara  mereka kemana -mana bawa kantong plastik. Dan tingkat kesadaran penduduknya terhadap kebersihan sangat tinggi, bahkan di tempat objek wisata kecil pun kebersihan tetap terjaga. Negara yang super bersih ini menjadi sangat istimewa di mataku. eh tapi bukan berarti ditoilet gak ada bekas tisu bertebaran yah, dan itu hanya kerjaannya para traveler seperti ku, hahaha *maapkan lupa bawa kantong plastik, gak mungkin kan bekas pipis langsung gw masukin tas :D*


Tokyo

5. Masih edisi salut, ngiri sama jalanan yang super friendly untuk pejalan kaki, termasuk tuna netra sekalipun! Sudah liat kan jalanan Jepang dari foto-foto yang aku posting? Liat garis kuning di tiap ruas jalan? nah itu jalan khusus buat tuna netra. Bayangkan, jika tuna netra aja dipikirin apa lagi buat orang normal. Di Jepang pejalan kaki sangat dimanjakan. Jalanan bersih dari pedagang pinggir jalan yang ngabisin lahan untuk pejalan kaki. Belum lagi seluruh jalanan di Tokyo sampai ke pelosok itu bagus semua. Mau pake paving blok, mau pake semen, mau pake aspal ataupun besi semua jalanannya rata, mulus tanpa lubang dan celah. Jadi gak heran kalo di Jepang banyak didapati orang-orang yang dengan santai geret koper kesana kemari wong jalanannya asik gitu. Bahkan untuk jalan berkilo-kilopun aku jabanin, dengan jalanan tanpa hambatan *kayak tol aja* gak berasa capeknya cyiiin.


Garis kuning, jalur khusus tuna netra

6. Salut dengan ketertiban orang Jepang . Di sana zebra cross itu bertebaran, mungkin karna orang banyak yang jalan kaki. Nah pejalan kaki ini kalo mau nyeberang harus nunggu lampu hijau khusus pejalan kaki nyala dulu. Meskipun saat itu jalanan lagi kosong gak ada satu mobil pun yang lewat, orang-orang tetap dengan tertib ngantri memadati zebra cross hingga nyala lampu hijau bagi pejalan kaki. Itu makanya pemandangan menakjubkan juga bisa ngeliat gerombolan orang ditiap zebra cross bahkan hingga ratusan *di shibuya crossing* yang sedang menyeberang jalan. Sedikit tentang Shibuya Crossing, awalnya aku sempat bingung itu orang ratusan datangnya dari mana? Kenapa tiap lampu merah menyala selalu jalanan penuh dengan orang ngantri mau nyeberang jalan yang jumlahnya beneran ratusan. Kenapa orang-orang ini gak habis-habisnya memenuhi Shibuya crossing? Usut punya usut *berdasarkan pengamatan 2x nongkrong di Shibuya* ternyata Shibuya crossing diapit oleh beberapa stasiun kereta. Jadi orang yang mau trasfer kereta harus bertukar lokasi dan jalan melalui crossing Shibuya itu, begitulah kira-kira pengamatanku ttg asal usul ratusan penyeberang jalan di Shibuya crossing. Balik ke topik tertib tadi, aku sangat salut dengan tertibnya orang Jepang selain tertib ngantri nyeberang jalan, juga tertib naik-turun kereta sehingga jarang terjadi desak-desakan (selain jam sibuk,mungkin), tertib jalan di lajur kiri terutama saat naik eskalator di Tokyo, lajur kanan khusus buat yg mendahului, artinya kalo naik eskalator orang-orang di lajur kanan harus tetap jalan gak bisa berhenti seperti orang-orang yang ada di lajur kiri.

Shibuya Crossing
(Kanan) Starbucks, tempat asik menikmati Shibuya Crossing
7. Teteup dengan edisi salut, sangat ngiri sama sistem transportasinya Jepang. ahhhh gilak deh pokonya, mo kemana aja semua terkoneksi. Mau pilih pergi pake kereta tinggal pilih yang sesuai rute milik pemerintah dan  milik berbagai perusahaan swasta, stasiun bertebaran juga, bus gampang di dapat, taxi apalagi *tapi mahal*, kalo gak perlu banget hindari naik taxi. Mau keluar kota juga cepat dengan Shinkansen. Sistem transportasi Jepang memang super canggih. Sampe terkagum-kagum dibuatnya. Efeknya adalah, jalanan gak macet malah cenderung sepi, semua orang pilih naik transportasi umum *disamping mungkin pajak mobil dan biaya parkirnya mahal* sedikit cerita tentang kereta, aku yang bermalam di hotel Keio Plaza Tokyo ikut ngerasain getaran kereta kalo pas lewat di jalanan di bawah hotel, entah dibawah entah disebelah entah dimanalah yang jelas aku tinggal di lantai 27 tapi getaran kereta lewat berasa lho.

Tokyo Station
Tokyo Station for subway&metro
Tokyo Station for subway&metro

8. Salut dengan etos kerja orang - orang Jepang. Setiap hari aku pulang malam sekitar jam 11 malam, tapi di hari kerja seluruh stasiun hampir bisa dibilang penuh pekerja kantor yang baru pada pulang. Jangan ditanya kalo di Shinjuku station yah..... mungkin hidup 24 jam nonstop! Gak heran banyak orang sedikit gak waras, yang aku temui di kereta saat hampir tengah malam. Tekanan kerjaan kali yah....pulang kerja dengan dandanan pekerja kantoran ala-ala Jepang gitu celana hitam, kemeja dan blazer hitam, udah kerenlah, tapi ngomong sendiri, ketewa sendiri, marah-marah sendiri *padahal gak lagi nelpon* xixixi.... tapi hebatnya kalau bepergian menggunakan metro&subway selalu dapat tempat duduk, padahal pas ketemu orang-orang di stasiunnya ulalaaaa..... penuh, sampe antri buat naik eskalator menuju permukaan bumi. Pantaslah biaya hidup tinggi, gajinya juga pasti  mungkin gede-gede. Biaya hidup rata-rata sehari di Jepang sekitar 1 juta rupiah, berarti gaji minimumnya harus 30 juta sebulan, ya kan? *jangan coba-coba ngebandingin dengan Indonesia* yang UMR nya aja pasti mungkin cuma pas buat makan *miris*

9. Di Jepang jarang ada mobil keliaran, apa lagi motor gak pernah liat ada motor keliaran di jalan, justru sepeda yang banyak nongkrong di pinggiran stasiun ataupun mall. Mungkin mereka udah kehabisan motor sangking banyaknya yang di ekspor ke Indonesia :P

Tokyo
Shimbashi
Shinjuku
Shinjuku
Asakusa

Cuma inget 9 hal itu sih yang istimewa dari perjalanan ke Jepang, selebihnya..... " biasa aja" :D
Jadi kesimpulannya: " masih tetap mencintai Indonesia lah" meskipun pemerintah disini gak merhatiin para pejalan kaki yang kadang jalan di trotoar pun harus senggolan dengan motor, kadang harus main lompat-lompatan menghindari lubang, dan harus nerobos lapak para pedagang. Tapi ACI lah judulnya "AKU CINTA INDONESIA", karna disini negerinya lebih Indah dari di sono. Nah bayangin, meskipun ni negeri super semrawut gini aja aku tetap cinta, gimana kalo serapih, sebersih dan semodern Jepang? udah pasti cinta pake "banget" sama Indonesia.
Yah.... berharap pemerintah lebih PERDULI dengan nasib rakyat sini, lebih perduli dengan sarana umum, lebih bijak make duit rakyat demi kesejahteraan bersama dan lebih melayani rakyatlah!





9 comments:

  1. Hi mbak.. nice post.. sayang euy, gak sempet keluar tokyo yah?
    Btw thx infonya terutama buat kereta, lagi belajar jr east sama metro tokyo :)

    ReplyDelete
  2. Hi goldenbronze, iya nih aku gak keluar Tokyo soalnya tiap hari harus balik ke hotel di Shinjuku sih jadi keliarannya di seputar Tokyo doank,hihi. Klo rute kereta sih gampang aja. Untuk Tokyo metro&subway cara bacanya: "abaikan garis2 yg tumpang tindih di peta, liat aja garis berwarna yg ditebelin, perbedaan warna menandakan jalur keretanya, nomer menandakan stasiunnya". Gitu juga dg JR, bacanya: tinggal baca line khusus JR aja, abaikan line yg lainnya yg gak masuk ke JR line.

    ReplyDelete
  3. kereen.. jadi kepengen kesanaaa.. hmmm

    ReplyDelete
  4. yuk Nia... kita backpackeran,xixixi

    ReplyDelete
  5. hai mba tetha.... salam kenal yaa... aku vivi
    boleh tau budget kesana menghabiskan berapa biayanya?
    ini salah satu negara yang masuk whist list untuk dikunjungi.... semoga kesampean. aamiin.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Vivi, maaf baru reply krn saya baru kembali dari Jepang dalam rangka bawa tur gelombang 1 tgl 19-25 oct tapi saya extend sampai tgl 30 oct. Untuk biaya yg dikeluarkan selama liburan di Jpn masing2 bisa beda2 tergantung penginapan, maskapai, tujuan wisata, moda transportasi yg dipakai, biaya makan dll. Kalau tur saya biayanya juga bervariasi yg berangkat oct kemarin 12,5jt berangkat menggunakan Air Asia destinasi wisata hanya Tokyo. Untuk keberangkatan April 2016 hrg 17,5jt berangkat menggunakan Garuda destinasi wisata Tokyo, Kyoto,Osaka. Saya buka lagi untuk keberangkatan Nov 2016, biaya msh blom final :)

      Delete
  6. Aahhhh, this post makes me wanna go there now! As in now! Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya baru pulang dari Japan kemarin dan teteuuup pengen balik dan balik lagi :)

      Delete
  7. Mba mba ... Mau tanya ?
    Jepang Hari ke-3 nya mana ya ? hehe ..

    ReplyDelete