Sunday, May 11, 2014

BUDHA BESAR DI KOTOKU-IN TEMPLE (THE GREAT BUDDHA KAMAKURA)


Waktu menunjukan pukul 4 sore ketika aku harus segera menghentikan kekaguman ku pada Hasedera Temple. Bergegas ku tinggalkan tempat itu untuk menuju Kotokuin Temple atau lebih di kenal dengan nama Kamakura Daibutsu yang terletak tak jauh dari Hasedera Temple. Cukup berjalan kaki sekitar 5 menit, maka sampailah pada gerbang Kotokuin.
Setelah merogoh kocek sebesar 200 yen, aku langsung mengelilingi kuil ini. Aku memperhatikan para wisatawan yang membersihkan beberapa anggota tubuh semisal muka, tangan dan kaki sesaat sebelum memasuki area halaman kuil. Pembersihan ini dimaksudkan agar kita mensucikan diri sebelum memasuki wilayah kuil. Sementara yang lain sibuk membersihkan diri, aku sendiri sedang sibuk dengan kamera dan spot foto terbaik, lalu bagaimana dengan urusan bersih-bersih?? ahhh...abaikan saja, itu nanti saja dilakukan setibanya di kamar hotel!

Tak banyak yang aku temukan di kuil ini selain patung Budha yang ukurannya sangat besar. The Great Budhha ini termasuk patung perunggu Budha tertinggi ke dua di Jepang setelah patung Budha di Todaiji Temple di Nara. Bila tak ada patung Budha yang cukup besar ini, maka kuil ini tidak akan masuk dalam daftar kunjungan ku kali ini ke Kamakura. Sungguh, tak banyak kesan menarik dari kuil ini, selain kebersihannya yang aku kagumi dan tentunya patung besar Budha.

Aku terkejut saat mengetahui bahwa pengunjung dapat memasuki area dalam patung Budha. Dengan hanya membayar 20 yen, maka aku mencoba memasuki isi dalam dari patung Budha tersebut. hmmm.... tidak ada isinya, kosong..... hanya ada lekukan tubuh dari patung Budha tersebut dan pengap karena sempit dan terlalu banyak pengunjung yang masuk, maka kuputuskan untuk segera keluar.

Mengelilingi area dalam dari kuil ini, lagi-lagi hanya kebosanan yang ku dapat. Apalah yang aku harapkan dari kuil kecil Kotokuin ini? Tapi tak di sangka, ketika aku memasuki area toilet wanita, seketika aku dibuat kagum dengan fasilitasnya. Kuil kecil ini memiliki toilet yang cukup besar dan sangat bersih, tanpa bau-bauan khas toilet umum sebuah tempat wisata. Sesuatu yang jarang bisa ku temui di tempat wisata di negaraku.
ahhh.... andai mereka yang duduk di pemerintahan mendengar jeritan ku, TOLONG JANGAN BANYAK KORUPSI DI NEGERI KU TERCINTA! Malu rasanya membandingkan tempat wisata sekecil Kotokuin temple dengan tempat-tempat wisata kecil di negaraku. oohhh....negaraku!

Padahal kalau mau jujur, aku lebih suka Yogya di banding Kyoto, aku lebih suka Bali di banding Tokyo, aku lebih suka Indonesia dengan negara kepulauannya yang super besar dengan beragam suku dan budaya dan daerah wisatanya yang eksotis di banding Japan! Tapi pleaselah, pemerintah..... kelola dengan baik objek-objek wisata di Indonesia! #kesel

Pintu Gerbang Kotokuin Temple
Patung penjaga yang ada di setiap kuil
Peta Objek wisata di Kamakura
Bersih-bersih sebelum memasuki kuil
Halaman kuil
Bersihnya halaman kuil ini
Kuil
Toko souvenir, kartu pos dan kartu doa
tempat wisatawan beristirahat
Toko makanan, minuman dan souvenir
Sepertinya ini sandal Budha

jalan menuju ke dalam patung Budha
di dalam patung Budha
patung Budha di foto dari dalam
Keterangan pembuatan patung Budha
satu-satunya akses menuju dalam patung Budha

punggung Budha
Toilet umum
Wow betapa besar dan bersih toilet untuk tempat wisata sekecil ini!
dilengkapi dengan fitur sensor otomatis, gak usah repot nyiram!



No comments:

Post a Comment